Waspada 5 Efek Begadang untuk Kulit, Bikin Wajah Tampak Lebih Tua

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

VIVA Lifestyle – Begadang ternyata bukan hanya memengaruhi kesehatan fisik, tetapi juga dapat berdampak signifikan pada penampilan kulit. Bahkan, jika kurang tidur secara konstan, dapat menyebabkan wajah tampak lebih tua dari usia sebenarnya.

Bukan Sekadar Anjuran Nabi Muhammad SAW Saja, Simak 7 Manfaat Mandi Sebelum Subuh

Melansir dari GoodRX, tidak mendapatkan cukup tidur bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Satu studi menunjukkan, bahwa orang yang tidak cukup tidur memiliki tanda-tanda penuaan yang lebih terlihat, seperti kerutan dan kantung di bawah mata. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Hal ini karena kurang tidur dapat mempercepat proses penuaan. Perlu diketahui, saat tidur, hormon pertumbuhan membantu sel-sel kulit yang rusak untuk memperbaiki diri. Jadi, ketika tidak mendapatkan cukup tidur, kerusakan harian pada kulit tidak dapat diperbaiki sepanjang malam, sehingga dapat menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan yang lebih terlihat.

Momen Denny Sumargo Begadang Jaga Bayinya Bikin Netizen Baper: Semoga Bisa Punya Suami Kayak Densu

5 Efek Begadang pada Kulit Wajah 

Ilustrasi kelelahan

Photo :
  • HBR
3 Jenis Perawatan di Klinik Kecantikan yang Harus Diketahui

Berikut ini beberapa efek begadang pada kulit wajah:

1. Mata Panda atau Kantung Mata

Salah satu tanda yang paling umum dari begadang adalah munculnya mata panda atau kantung mata yang lebih terlihat. Ini disebabkan oleh gangguan dalam sirkulasi darah di area sekitar mata, serta penumpukan cairan akibat kurangnya istirahat yang memadai. Kulit di sekitar mata bisa terlihat lebih gelap, bengkak, atau bahkan terasa lebih tebal. 

2. Kulit Kusam

Istirahat yang cukup penting untuk memungkinkan proses regenerasi kulit berlangsung dengan optimal. Ketika kamu kurang tidur atau begadang, kulit cenderung kurang mendapatkan waktu untuk memperbaiki dan mengembalikan kelembapannya. Hal ini dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan kurang berseri. 

3. Penuaan Dini

Tidur yang cukup juga penting untuk menjaga elastisitas kulit. Jadi, keseringan begadang dapat mengganggu produksi kolagen dan proses regenerasi sel kulit, yang dapat menyebabkan munculnya garis-garis halus dan kerutan lebih awal pada wajah.


4. Kulit Lebih Kering

Kurang tidur atau begadang dapat mengganggu kadar air dalam tubuh, yang pada gilirannya dapat membuat kulit terasa lebih kering dan kurang terhidrasi. Ini bisa membuat kulit terlihat kasar atau terasa kaku. 

5. Mengalami Masalah Kulit

Efek lainnya, kurang tidur dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dan sistem kekebalan tubuh. Ini bisa berkontribusi pada munculnya masalah-masalah kulit lainnya seperti jerawat, peradangan kulit, atau bahkan alergi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya