5 Cara Optimalkan Jalan Kaki, Bisa Lebih Efektif Menurunkan Berat Badan

Ilustrasi Jalan Kaki
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle – Berjalan kaki bukan hanya aktivitas sehari-hari yang bisa disepelekan. Meski mudah dan dapat dilakukan sehari-hari, berjalan kaki juga dapat menjadi kunci untuk menurunkan berat badan. 

5 Olahraga Simpel Ini Bantu Turunkan Berat Badan, Bisa Dilakukan di Rumah!

Apalagi, di dunia yang serba cepat ini, jalan kaki bisa menjadi cara yang efektif untuk menurunkan berat badan, tanpa harus pergi ke pusat kebugaran. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Medical News Today, ada beberapa cara agar berjalan kaki bisa membantu kamu membakar lebih banyak kalori. Kamu bisa mencoba latihan jalan kaki ini di mana pun dan kapan pun.

10 Minuman Sehat Sebelum Tidur untuk Membantu Menurunkan Berat Badan

5 Cara Jalan Kaki untuk Menurunkan Berat Badan 

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan.

Photo :
  • Freepik: drobotdean
Jalan Kaki Pagi vs Malam, Mana yang Waktu Terbaik Menurunkan Berat Badan?

Berikut ini lima jenis jalan kaki untuk menurunkan berat badan:

1. Jalan Cepat

Di urutan pertama yaitu jalan cepat. Latihan yang disebut brisk walking ini adalah cara efektif untuk membakar kalori dan meningkatkan kebugaran kardiovaskular. Ini melibatkan langkah-langkah yang cepat dan energik, dengan intensitas yang cukup tinggi untuk membuat kamu sedikit terengah-engah tetapi masih dapat berbicara. 

Kecepatan ini dapat disesuaikan dengan tingkat kebugaran tiap individu, tetapi umumnya berjalan sekitar 5-6 km/jam dapat dianggap sebagai jalan cepat.

2. Jalan Naik Turun Tangga

Aktivitas ini adalah latihan intensitas tinggi yang melibatkan otot kaki, paha, dan bokong secara signifikan. Menaiki dan menuruni tangga secara teratur dapat membakar kalori lebih banyak daripada berjalan di dataran datar. Hal ini karena naik turun tangga melibatkan gerakan yang vertikal, sehingga dapat meningkatkan kekuatan otot.

3. Jalan Mendaki

Berjalan di tanjakan atau di alam terbuka yang memiliki elevasi yang signifikan merupakan latihan yang bagus untuk membakar kalori dan membangun kekuatan otot. Jalan mendaki dapat melibatkan otot-otot kaki, punggung, dan inti secara lebih intensif daripada berjalan di dataran datar.

4. Jalan Interval

Jalan interval ini melibatkan pergantian antara periode jalan cepat, misalnya selama 1-2 menit, dengan periode jalan santai atau beristirahat, misalnya selama 1-2 menit. Latihan interval ini membantu meningkatkan pembakaran kalori secara signifikan dalam waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan jalan cepat konstan. Hal ini juga dapat meningkatkan metabolisme basal setelah latihan.


5. Weighted Walking

Terakhir adalah, weighted walking atau berjalan dengan memakai beban tambahan seperti west, ankle weights, atau weighted vest. Hal ini dapat meningkatkan intensitas latihan kamu dan membantu membangun kekuatan otot sambil membakar lebih banyak kalori.

Itulah lima cara jalan kaki untuk menurunkan berat badan lebih efektif. Perlu diketahui, untuk mencapai penurunan berat badan yang signifikan, konsistensi adalah kuncinya. Lakukan salah satu atau kombinasi dari jenis-jenis jalan kaki di atas secara teratur, minimal beberapa kali seminggu, dan gabungkan dengan pola makan yang sehat dan seimbang untuk membantu mencapai tujuan penurunan berat badan yang efektif.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya