7 Cara Ini Bisa Obati Sinusitis Tanpa Operasi Hidung, Bisa Dilakukan di Rumah

Ilustrasi hidung gatal, sinusitis
Sumber :
  • Pexels

VIVA Lifestyle – Sinusitis menjadi salah satu alasan sejumlah artis tanah air melakukan operasi plastik (oplas) di area hidung. Sinusitis sendiri merupakan gangguan yang seringkali menyebabkan ketidaknyamanan bagi penderitanya.

Idap Peradangan Sinus, Ricky Harun Harus Masuk Rumah Sakit

Kondisi tersebut terjadi ketika saluran-saluran udara di dalam rongga sinus meradang atau terinfeksi. Sinus sendiri merupakan rongga udara yang terletak di sekitar area hidung, pipi, dan mata, yang berfungsi untuk menghasilkan lendir untuk melindungi saluran pernapasan atas. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Healthline, gejala sinusitis bisa bervariasi, mulai dari sakit kepala yang terlokalisasi di dahi atau pipi, hidung tersumbat atau penuh, hingga keluar lendir berwarna hijau atau kuning dari hidung. Pada beberapa kasus, penderita sinusitis mungkin juga merasakan tekanan atau nyeri di wajah saat membungkuk atau berbaring.

Potret Transformasi Angel Karamoy di Usia Kepala Empat, Netizen: Makin Mirip Barbie

Sinusitis dapat diklasifikasikan berdasarkan durasinya. Mulai dari sinusitis akut yang biasanya terjadi setelah infeksi virus atau bakteri, dan berlangsung kurang dari empat minggu. Kemudian, sinusitis subakut yang berlangsung antara empat hingga 12 minggu.

Selanjutnya, sinusitis kronis yang bisa berlangsung lebih dari 12 minggu atau bisa kambuh secara berulang. Lalu terakhir, sinusitis rekuren yang terjadi beberapa kali dalam setahun.

Bungkam Cibiran Netizen, Sarwendah Ungkap Biaya Fantastis Oplas Lebih dari Rp300 Juta

Ada beberapa faktor risiko sinusitis, mulai dari alergi, polip hidung, deformitas septum hidung, atau kondisi medis tertentu seperti penyakit radang kronis. Untuk pengobatannya sendiri, tergantung pada penyebabnya, mulai dari pengobatan rumahan seperti dikompres atau minum banyak cairan, hingga yang memerlukan tindakan khusus.

Biasanya, bila terapi medis tidak bisa mengatasi sinusitis kronis, dokter akan merekomendasikan operasi. Beberapa pendekatan seperti bedah, dapat memperbesar rongga sinus untuk memudahkan pernapasan dan drainase. 

7 Cara Mengobati Sinusitis Tanpa Operasi

Ilustrasi sinusitis

Photo :
  • Ludi.com

Ada beberapa cara mengobati sinusitis tanpa melakukan tindakan operasi, seperti berikut ini:

1. Penggunaan Semprotan Nasal Salin

Semprotan nasal berbasis larutan salin membantu membersihkan lendir dari sinus dan mempertahankan kelembapan di dalam hidung. Ini dapat membantu mengurangi iritasi dan meredakan gejala sinus. 

2. Inhalasi Uap

Menghirup uap dari air panas atau menggunakan inhaler uap dapat membantu melembutkan lendir di dalam sinus dan memfasilitasi pengeluarannya. Ini bisa membantu mengurangi penyumbatan hidung dan tekanan sinus.

3. Kompress Hangat

Mengompres daerah sinus dengan handuk yang direndam air hangat dapat membantu mengurangi pembengkakan dan meredakan nyeri. Panasnya juga dapat membantu meningkatkan aliran lendir dari sinus. 

4. Minum Banyak Cairan

Memastikan tubuh terhidrasi dengan baik membantu menjaga lendir tetap encer dan mudah dikeluarkan dari sinus. Minum air putih dan cairan lain seperti teh herbal dapat membantu meringankan gejala sinus. 

5. Pijatan atau Tekan Titik Tekan

Beberapa teknik pijat atau menekan titik-titik tertentu di sekitar hidung dan wajah dapat membantu mengurangi tekanan di sinus dan memfasilitasi aliran lendir keluar. Ini dapat membantu meredakan gejala seperti hidung tersumbat. 


6. Menghindari Alergen

Mengidentifikasi dan menghindari faktor-faktor pemicu seperti alergen atau polutan udara yang dapat memperburuk gejala sinus. Hal ini bisa membantu mengurangi peradangan di dalam sinus. 

7. Konsultasi dengan Dokter

Jika gejala sinusitis berlanjut atau tidak merespons perawatan rumahan, penting untuk berkonsultasi dengan dokter. Tenaga kesehatan dapat mengevaluasi kondisi lebih lanjut dan meresepkan obat-obatan seperti decongestant atau antihistamin yang lebih kuat, atau melakukan prosedur medis yang diperlukan tanpa harus langsung ke meja operasi.

Itulah cara-cara mengobati sinusitis tanpa operasi. Penting untuk diingat bahwa setiap individu bisa memiliki respons yang berbeda terhadap berbagai cara pengobatan ini. Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan rekomendasi yang sesuai dengan kondisi kesehatanmu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya