Ada Benjolan Sebesar Kacang di Bawah Buah Zakar, Bahayakah?

Ilustrasi kelamin pria.
Sumber :
  • pixabay

JAKARTA Buah zakar atau testis merupakan salah satu organ terpenting untuk pria. Buah zakar sendiri memiliki fungsi untuk menghasilkan hormon testosteron dan sebagai tempat pembentukan sperma.

Usai Bertengkar Langsung 'Enak-enak', Hubungan Seks Jauh Lebih Nikmat? Ini Jawaban Dokter Boyke

Maka dari itu penting bagi pria untuk memperhatikan kondisi buah zakarnya. Jangan sampai ada hal-hal yang tidak diinginkan terjadi. Misalnya saja adanya benjolan sebesar kulit kacang di bawah buah zakar.

Lantas pertanda apa benjolan sebesar kacang di bawah buah zakar? Seksolog kenamaan dr. Boyke angkat bicara. Dijelaskannya jika memiliki benjolan sebesar kacang di bawah buah zakar sebaiknya jangan diabaikan. Sebab bisa jadi itu pertanda penyakit serius.

Sering Dikira Useless, Dokter Boyke Ungkap Manfaat Puting Susu pada Laki-Laki

"Ada benjolan sebesar kacang di bawah buah zakar? Kamu harus periksa ya. Jadi jangan kamu pikir bahwa itu adalah penyakit main-main ya," kata dr. Boyke dalam Edukaseks with dr. Boyke dikutip dari video yang diunggah di akun TikTok @klinikpasutri. 

Berjuang Sembuh dari Kanker Ginjal, Vidi Aldiano Lebih Kontrol Jam Kerja

Diungkap dokter berkacamata ini bahwa ada beberapa kemungkinan masalah kesehatan serius jika muncul benjolan sebesar kacang di bawah buah zakar. Salah satunya adalah kutil kelamin

Kutil kelamin pria pada dasarnya disebabkan oleh infeksi virus HPV. Ada sekitar 150 jenis virus HPV dan 40 jenis di antaranya dapat menyebabkan kutil di area kelamin.

Kutil kelamin pria dapat ditularkan melalui kontak langsung saat berhubungan seksual. Ketika berhubungan seksual, kemaluan mengalami gesekan. Inilah yang dapat meningkatkan risiko terjadinya luka yang memungkinkan virus masuk ke dalam tubuh. Jika terjadi infeksi, benjolan umumnya akan muncul 3 bulan setelah melakukan hubungan seksual.

Meskipun tidak berbahaya, kutil kelamin pria dapat menimbulkan keluhan yang dapat mengganggu kenyamanan. Oleh karena itu, kondisi ini memerlukan penanganan agar benjolan dapat menghilang dengan cepat.

"Takutnya ini berkaitan dengan masalah bisa kutil kemaluan, atau penyakit-penyakit yang lain," kata dia.

dr. Boyke mengungkap jika memiliki benjolan sebesar kacang di bawah buah zakar segera hubungi dokter spesialis kandungan, atau bahkan dokter spesialis kulit kelamin.

"Periksa ke dokter, bisa ke dokter kandungan, bisa ke dokter seksolog, bisa ke dokter kulit kelamin," kata dia.

Penyakit lain berbahaya

Melansir berbagai sumber ada beberapa masalah kesehatan serius terkait benjolan di sekitar buah zakar. Benjolan tersebut bisa jadi tanda dari kanker testis. Benjolan biasanya akan terbentuk di bagian depan atau samping testis, seringkali terasa keras, dan testis mungkin terasa lebih kencang dari biasanya. 

Kondisi ini dapat terjadi pada pria di semua kalangan usia, namun lebih sering ditemukan pada pria berusia 15-45 tahun dan jarang dialami oleh anak-anak maupun lanjut usia.

Peluang kesembuhan kanker testis cukup tinggi, terlebih jika berhasil terdeteksi lebih dini. Namun, hal ini tetap tergantung pada tingkat keparahan dan sejauh mana penyebaran kanker.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya