Simak Tips Pilih Susu Kemasan di Minimarket, Jangan Lupa Cek Ini!

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Pixabay/falovelykids

VIVA Lifestyle – Memilih susu kemasan di minimarket adalah hal penting untuk memastikan kamu mendapatkan produk yang segar dan berkualitas. Di antara begitu banyaknya pilihan di rak, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan agar kamu bisa memilih susu kemasan dengan bijak.

Perusahan Qatar Tertarik Investasi di RI Dukung Program Makan Bergizi Gratis Prabowo

Ada beberapa jenis susu kemasan yang beredar di minimarket, mulai dari susu UHT, susu pasteurisasi, dan susu steril. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Sebagaimana kita ketahui, susu kemasan memang telah melalui proses pemanasan dan pendinginan agar dapat disimpan lebih lama, serta kesegarannya awet. Meski begitu, susu kemasan tetap mengandung nutrisi yang baik untuk kesehatan.

Badan Gizi Nasional Bantah Program Susu Gratis Prabowo Bakal Pakai Susu Ikan

Melansir dari Healthline, susu tidak hanya kaya akan protein berkualitas tinggi tetapi juga merupakan sumber yang sangat baik untuk vitamin dan mineral, seperti kalsium, vitamin B12, dan riboflavin. Lalu, bagaimana cara memilih susu di minimarket agar mendapatkan manfaatnya?

Tips Memilih Susu di Minimarket 

Susu Ikan Dikaji Jadi Alternatif Program Susu Gratis Prabowo-Gibran

Ilustrasi susu.

Photo :
  • Freepik

Melansir dari Kabilai Farm, berikut ini tips memilih susu kemasan di minimarket:

1. Cek Tanggal Kadaluarsa

Tanggal kadaluarsa adalah indikator utama keamanan susu. Pastikan untuk memilih susu yang masih memiliki tanggal kadaluarsa yang cukup jauh dan tidak segera habis masa berlakunya. Konsumsi susu setelah tanggal kadaluarsa dapat mengakibatkan masalah kesehatan karena mikroorganisme yang berkembang biak di dalam susu.

2. Baca Label Nutrisi

Demi mendapatkan manfaat dari susu, perhatikanlah label nutrisi. Pada kemasan susu, biasanya terdapat label nutrisi yang mencantumkan informasi mengenai kandungan gizi, seperti kalori, lemak, protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral. 

Pilihlah susu yang memiliki kandungan gizi sesuai dengan kebutuhan tubuh. Misalnya, jika kamu membutuhkan lebih banyak kalsium, pilih susu yang tinggi kalsium. Jika kamu sedang diet rendah lemak, pilih susu rendah lemak atau skim.

3. Pilihan Jenis Susu

Ada berbagai jenis susu kemasan seperti susu skim, susu rendah lemak, susu full cream, atau susu dengan tambahan vitamin tertentu seperti vitamin D. Pilihlah jenis susu yang sesuai dengan preferensi dan kebutuhan gizi.


4. Cek Kemasan

Saat membeli susu, perhatikan apakah kemasannya utuh dan tidak bocor. Setelah dibuka, pastikan susu tercium harum dan rasanya segar. Susu yang sudah tidak segar biasanya akan memiliki bau atau rasa yang asam atau tidak enak. 

5. Pilih Merek Terpercaya

Pilihlah susu dari merek atau produsen yang terpercaya dan memiliki reputasi baik dalam memproduksi produk susu yang berkualitas tinggi dan aman dikonsumsi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya