Selain Kecubung, 8 Jenis Tumbuhan Punya Efek Memabukkan dan Berbahaya

Tanaman Kecubung
Sumber :
  • gardenia.net

VIVA LIFESTYLE –  Tanaman kecubung adalah atau Datura metel adalah jenis tumbuhan yang memiliki bentuk dan warna bunga yang indah. Dibalik kecantikan bunganya, kecubung dinilai beracun dan berbahaya.

Sambut HUT RI, Perusahaan Pengolah Limbah Berbahaya Gelorakan Lawan Perusak Lingkungan

Biji kecubung memiliki senyawa alkaloid tropin, scopolamine, dan hyoscyamine yang memberikan efek memabukkan, halusinasi, kelumpuhan, hingga kematian. Selain kecubung, beberapa tanaman lain yang memiliki efek serupa lho. 

Peringati Hari Anak Nasional, Begini Cara Unik BRI Ajak Para Siswa SD Belajar Tanam Hidroponik

Mengutip Good Housekeeping, berikut delapan tanaman beracun.

1. Oleander

Suka Berkebun? Jajal Metode Hidroponik Punya Banyak Manfaat Ini

Bunga Oleandera

Photo :
  • Freepik

Tanaman oleander mempunyai bunga indah sehingga orang tak akan menyangka tumbuhan cantik ini mempunyai sisi gelap yang membahayakan. Tanaman dengan nama Latin Nerium Oleander mengandung senyawa glikosida. Dalam satu kasus, satu daun saja sudah cukup untuk melukai seorang anak. Gejala keracunan meliputi rasa kantuk, detak jantung melambat, dan gemetar.

2. Bakung

Bunga Bakung

Photo :
  • Freepik

Bakung atau Daffodil mengandung racun di bagian umbinya, yakni senyawa lycorine yang dapat memicu muntah, air liur, kejang, dan detak jantung tidak teratur bagi manusia maupun hewan. 

3. Hydrangea 

Hydrangea

Photo :
  • Freepik

Bunga populer ini ternyata mengandung senyawa berbahaya lho. Hydrangea memiliki kandungan sianida pada bunga, daun, dan batang yang berpotensi menyebabkan keracunan. Meskipun kemungkinan tertelan sangat minim, namun harus tetap diwaspadai. Lantaran paparan sianida dalam jumlah sedikit akan mengakibat efek yang fatal.

4. Jimsonweed 

Tanaman Jimsonweed

Photo :
  • Picture This

Tumbuhan jimsonweed masih satu keluarga dengan kecubung. Tak heran, jika Datura stramonium juga mengandung alkaloid tropan yang memabukkan. Konsumsinya dapat menyebabkan halusinasi visual dan pendengaran, serta kelumpuhan otot.

5. Matahari Liar 

Tanaman Matahari Liar

Photo :
  • Picture This

Bunga matahari liar atau Helenium autumnale mempunyai warna dan bentuk yang indah. Namun, bijinya mengandung alkaloid pyrrolizidine yang beracun dan dapat menyebabkan kerusakan hati yang parah.

6. Tanaman Jarak

Tanaman Jarak

Photo :
  • Picture This

Mengutip schn.health.nsw.gov.au, tanaman jarak (Ricinus communis) termasuk tumbuhan beracun. Tanaman jarak mempunyai biji berduri berwarna merah. Baik daun dan bijinya sama-sama berbahaya yang dapat mengganggu pernapasan.

7. Kamboja Merah

Kamboja Merah

Photo :
  • Picture This

Meski warnanya cantik, bunga kamboja identik sebagai bunga kuburan. Mengutip RRI, tumbuhan kamboja merah dapat menimbulkan gejala keracunan seperti mual, muntah, kolik, hingga diare. Kandungan zat berbahaya terdapat di semua bagian, seperti getah, bunga, dahan, biji dan buah.

8. Modokaki 

Tanaman Mondokaki

Photo :
  • Picture This

Tumbuhan mondokaki (Tabernaemontana divaricata) mempunyai bunga putih berbentuk seperti kincir angin yang mekar sepanjang tahun. Tanaman ini mengeluarkan aroma seperti anyelir. Batang dan daunnya mengeluarkan getah putih susu, yang mengandung beberapa alkaloid beracun.

9. Kitolod

Tanaman Kitolod (Betlehem)

Photo :
  • Picture This

Tanaman kitolod atau betlehem (Hippobroma longiflora) memiliki bentuk mirip dengan melati. Bedanya kitolod tidak harum dan justru membahayakan bagi manusia. Lantaran adanya getah putih susu (eksudat) yang menyebabkan kulit iritasi hingga efek kebutaan. Hindari menyentuh tanaman ini dengan tangan kosong.

10. Mahkota Duri

Mahkota Duri

Photo :
  • Picture This

Melansir Picture This, Mahkota duri (Euphorbia milii) atau duri kristus termasuk tanaman beracun karena mengandung getah susu (eksudat) yang jika terkoagulasi dengan darah dapat merangsang pertumbuhan sel tidak normal (abnormal).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya