Viral di TikTok Cairan Infus Dipakai Buat Obati Jerawat, Dermatolog: Tidak Ada Gunanya

Ilustrasi kulit berjerawat.
Sumber :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

JAKARTA – Belakangan ini tengah heboh di media sosial, seorang pemilik akun TikTok mengaku masalah jerawat di wajahnya bisa sembuh setelah memakai cairan infus atau NaCl. Pemilik akun tersebut membeli cairan infus dan menggunakannya sebagai toner untuk mengurangi peradangan jerawat di wajah.

Bantah Oplas Hidung Gegara Sinus, Sarwendah Tunjukkan Bagian Wajah yang Dipermak

Padahal, cairan infus ini biasanya digunakan sebagai pengganti cairan tubuh yang hilang terutama untuk pasien yang dirawat di rumah sakit karena gangguan medis serius. Cairan ini juga dipakai untuk membersihkan dan mengompres luka karena sifatnya yang sangat higienis. Tetapi, cairan NACl tidak memberikan kelembapan yang cukup untuk menghidrasi kulit. Scroll untuk info selengkapnya, yuk!

Menanggapi hal yang sedang viral ini, Dermatologis, dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV, menegaskan tidak ada gunanya memakai cairan infus untuk mengatasi jerawat di wajah.

Kenapa Wajib Pakai Sunscreen Minimal SPF 30? Ini 5 Alasannya

"Cairan infus tidak ada gunanya (untuk jerawat). Cairan NaCl ya isinya cuma normal saline, NA sama Cl aja, nggak efek apapun atau ngapa-ngapain di kulit," kata Dokter Listya, saat ditemui di Jakarta baru-baru ini.

Ilustrasi selang infus.

Photo :
  • Pixabay/pexels
5 Tips Pilih Skincare yang Aman, Cek Kemasan Hingga Izin Edar BPOM

Ketika terkena kulit, cairan infus memang terasa menyegarkan karena sifatnya yang dingin. Tapi menurut Dokter Listya, jika hanya untuk mencari efek kesejukan saja maka tidak ada bedanya dengan air biasa.

Menyoroti hal yang sedang viral di media sosial ini, Ahli Dermatolog tersebut menyarankan agar masyarakat tidak mencernanya mentah-mentah. Ketahui lebih detail proses pengobatan apa yang sudah dilakukan sang pemilik akun hingga bisa mengatasi masalah jerawatnya.

Bukan hanya memakai cairan infus, Dokter Listya meyakini orang tersebut pasti juga memakai skincare lain yang menjadi kunci mengatasi masalah jerawatnya tersebut.

"Kita lihat fenomena yang viral, jangan ditelan mentah-mentah ya karena mungkin saat dia menggunakan cairan NaCl itu, dia juga menggunakan pengobatan lain tapi tidak diunjukkan ke kamera. Mungkin hanya konten aja kelihatannya membaik, padahal di belakangnya dia obatin dengan baik," jelas Dokter Listya.

"Tapi kalau semata pakai NaCl nggak ada bisa sembuh," tegasnya.

Cairan NaCl atau Sodium Chloride adalah larutan garam steril yang punya banyak fungsi seperti infus pengganti cairan tubuh, kompres luka dan bengkak, obat kumur untuk kebersihan mulut, cuci hidung, pengencer dahak, dan pelarut sediaan injeksi. Cairan ini punya kadar yang beragam, untuk penggunaan sebaiknya konsultasi terlebih dahulu ke ahlinya dan tidak disarankan untuk menggunakannya sendiri di rumah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya