Apakah Susu UHT Perlu Disimpan di Kulkas? Begini Tipsnya Agar Tak Mudah Basi

Ilustrasi susu.
Sumber :
  • Freepik

JAKARTA  – Baru-baru ini, viral video seorang perempuan paruh baya yang mengamuk di minimarket lantaran susu UHT. Diketahui, penyebab kemarahan perempuan tersebut karena dia membeli susu UHT kemasan satu liter yang tidak dimasukkan ke dalam kulkas.

Profil Nadia Vega, Aktris Cantik yang Viral karena Rumah Mewahnya Terbengkalai 20 Tahun

Dalam video yang beredar di media sosial tersebut, perempuan berbaju nuansa abu-abu itu marah kepada kasir minimarket. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Dia bersikeras, bahwa susu UHT kemasan satu liter itu seharusnya dingin dan dimasukkan ke kulkas. "Kalau memang tidak bisa dingin, kembalikan uang saya. Susu itu harus dingin. Saya ada order susu yang kecil itu dikasihnya dingin," ujarnya seperti dikutip dari akun X @_NeverAlonely, Kamis, 11 Juli 2024.

Viral Video Azizah Salsha Dipeluk Pria dari Belakang Usai Nonton Timnas

Video viral ini pun langsung menuai banyak respons netizen. Ada pula beberapa akun yang memberikan edukasi terkait cara penyimpanan produk susu UHT.

"Kalau UHT ukuran 1 liter jelas tidak didinginkan karena susu UHT tidak perlu didinginkan selama kemasan belum dibuka. Kalau mau dingin, beli UHT ukuran kecil. Size kecil diperuntukkan untuk to-go, jadi dimasukkan kulkas biar segar," kata netizen.

Viral Remaja India Meninggal Setelah Operasi Batu Ginjal oleh Dokter Gadungan, Modal Nonton Youtube

"Harus bedakan antara susu UHT dan susu pasteurisasi. Kalau UHT memang ngga perlu masuk kulkas karena bakteri patogennya sudah dimatikan dengan pemanasan suhu tinggi. Kalau susu pasteurisasi karena pemanasannya menggunakan suhu rendah, bakteri patogennya masih ada. Nah susu pasteurisasi ini perlu disimpan di lemari pendingin dan harus cepat dikonsumsi," tulis yang lain.

"Lha UHT kan memang penyimpanan gak perlu di kulkas, kecuali sudah dibuka," komentar netizen. "Apa sih bu, perkara susu ga dingin doang marah marah? Kayaknya kepala ibu yang perlu masuk kulkas biar dingin," celetuk yang lain.

Apakah Susu UHT Harus Disimpan di Kulkas?

Minum susu.

Photo :
  • Times of India

Melansir dari Dairy Farmer of Canada, susu UHT atau "Ultra High Temperature" adalah susu yang diolah dengan memanaskan secara ekstrim untuk membunuh bakteri yang ada di dalamnya. Susu UHT lalu dikemas dalam kotak karton atau botol dan memiliki umur simpan yang lebih panjang dibandingkan susu biasa.

Selama kemasan tetap tertutup rapat, susu UHT ini tidak perlu disimpan di dalam lemari pendingin. Susu dapat disimpan pada suhu ruangan sampai tanggal kadaluarsa. Setelah dibuka, susu UHT harus dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan dikonsumsi dalam tiga hari berikutnya.

Tips Menyimpan Susu UHT

Berikut tips menyimpan susu UHT dalam kemasan satu liter agar tetap segar dan tidak mudah basi:

Berikut adalah beberapa tips untuk menyimpan susu UHT dengan baik:

1. Simpan pada suhu ruangan sebelum dibuka

Selama kemasan masih tertutup rapat dan belum dibuka, susu UHT dapat disimpan pada suhu ruangan. Pastikan tempat penyimpanannya tidak terkena sinar matahari langsung. 

2. Refrigerasi setelah dibuka

Setelah kemasan dibuka, segera simpan sisa susu UHT di dalam lemari pendingin untuk mencegah perubahan rasa dan kualitas. Suhu dingin membantu memperlambat pertumbuhan bakteri.

3. Gunakan dalam waktu 3 hari setelah dibuka

Konsumsilah susu UHT yang sudah dibuka dalam waktu tiga hari setelahnya untuk memastikan kesegaran dan keamanannya.


4.  Jangan kembali memasukkan ke kemasan aslinya

Setelah susu UHT dibuka, lebih baik disimpan dalam wadah kedap udara atau wadah yang dapat dikunci untuk menjaga kebersihannya. 

5. Perhatikan tanggal kadaluarsa

Pastikan untuk menggunakan susu UHT sebelum tanggal kadaluarsa yang tertera pada kemasan untuk kualitas terbaik.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya