Mengenal VELYS Robotic, Teknologi Mutakhir untuk Operasi Lutut

Ilustrasi lutut.
Sumber :
  • Pixabay.

VIVA Lifestyle – Perkembangan teknologi kedokteran semakin pesat seiring dengan peningkatan kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan yang berkualitas. Terutama dalam hal kesehatan kaki, yang berperan penting sebagai penopang tubuh bagi mereka yang aktif dalam berbagai kegiatan. 

Melly Goeslaw Angkat Bicara Soal Pengalaman Bariatrik dan Komitmen Hidup Sehat

Bahkan, presiden terpilih Prabowo Subianto baru-baru ini menjalani operasi kaki di dalam negeri, menandakan tingginya perhatian terhadap kesehatan anggota tubuh yang satu ini. Scroll lebih lanjut ya.

Dalam upaya menjawab kebutuhan masyarakat akan penanganan cedera lutut, Rumah Sakit Medistra Jakarta melakukan terobosan dengan memperkenalkan VELYS Robotic-Assisted Solution for Knee Replacement. Teknologi ini merupakan asisten robot terbaru dan paling canggih yang dirancang untuk mendukung dokter bedah dalam prosedur operasi implan lutut. Rumah Sakit Medistra pun menjadi rumah sakit pertama di Indonesia yang menerapkan teknologi canggih ini.

Bantah Oplas Hidung Gegara Sinus, Sarwendah Tunjukkan Bagian Wajah yang Dipermak

VELYS Robotic dilengkapi dengan kamera sensor yang mampu memberikan detail ukuran setiap sisi anatomi lutut yang akan dibedah. Teknologi ini membantu dokter bedah bekerja dengan presisi dan akurasi yang luar biasa. Dengan bantuan VELYS Robotic, prosedur operasi implan lutut menjadi lebih tepat, efisien, dan mengurangi risiko kesalahan.

Canggih! Indonesia Berhasil Lakukan Operasi Jarak Jauh, Dokter di Bali dan Pasien di Jakarta

Prof. (HCUA) Nicolaas C. Budhiparama, MD, PhD (LUMC, NL), PhD (UGM, ID), Sp.OT (K), FICS – Spesialis Orthopedi dan Traumatologi, menekankan manfaat kolaborasi antara manusia dan teknologi.

"Kolaborasi antara kami sebagai dokter bedah dengan sistem Robotic, terutama dalam prosedur implan lutut, tentunya menambah akurasi dan dinamika operasi serta mempercepat proses penyembuhan dan memastikan hasil dengan akurasi yang terbaik untuk pasien," ujarnya.

Ilustrasi lutut.

Photo :
  • Pixabay.

Penggunaan VELYS Robotic diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pasien. Pasca operasi, pasien diharapkan dapat menikmati hasil yang nyaman dan alami, dengan proses operasi yang lebih dinamis. Teknologi ini juga memungkinkan pasien untuk lebih mempersiapkan diri sebelum menjalani prosedur operasi.

Dr. Kiki Novito, SpOT - Spesialis Orthopedi & Traumatologi RS Medistra, menambahkan bahwa kolaborasi antara teknologi dengan manusia dapat menjadi sangat dinamis. 

"Dengan kolaborasi antara kami para dokter bedah dan Velys Robotic khususnya untuk operasi implan lutut membuat segalanya menjadi lebih dinamis, presisi, dan lebih sedikit invasif. Tentu yang menjadi tujuan utama kami adalah kesembuhan dan kebaikan para pasien," ujarnya.

Keputusan Rumah Sakit Medistra Jakarta untuk mengadopsi teknologi canggih VELYS Robotic-Assisted Solution for Knee Replacement dalam prosedur operasi implan lutut tidak diambil sembarangan. Rumah sakit ini telah melalui proses uji coba yang intensif dan cukup lama sebelum akhirnya memutuskan untuk menggunakan VELYS Robotic sebagai asisten robot dalam prosedur bedah mereka.

Monica S. Lembong, Presiden Direktur Rumah Sakit Medistra Jakarta, menyatakan, "Dengan mengadopsi teknologi VELYS Robotic, kami berkomitmen untuk memberikan standar pelayanan kesehatan yang terbaik dan terdepan bagi pasien kami. Inovasi ini tidak hanya meningkatkan efisiensi prosedur bedah, tetapi juga meningkatkan kualitas hidup pasien pasca operasi. Dengan harga yang terjangkau untuk semua lapisan masyarakat, harganya pun tidak terlalu jauh berbeda dengan TKR konvensional.”

VELYS Robotic

Photo :
  • ist

Selama fase pengkajian dan uji coba, VELYS Robotic terbukti mampu menggambarkan anatomi lutut pasien secara real-time dan akurat. Kemampuan ini sangat bermanfaat bagi dokter bedah dalam memvisualisasikan bagian dalam lutut dengan jelas, membantu mereka memandu proses operasi dengan presisi tinggi.

Rumah Sakit Medistra Jakarta melihat teknologi VELYS Robotic sebagai langkah maju dalam upaya terus meningkatkan mutu layanan kesehatan. Dengan berinovasi dan beradaptasi dengan perkembangan teknologi terkini, Rumah Sakit Medistra berkomitmen memberikan pelayanan kesehatan terbaik bagi masyarakat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya