Bisa Atasi Hiperpigmentasi, Kandungan Melasyl Gak Boleh Dikombinasi dengan Skincare Ini

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.
Sumber :
  • Freepik/senivpetro

JAKARTA – Kondisi kesehatan kulit sangat bergantung pada gaya hidup masing-masing individu dan kondisi lingkungan di sekitarnya. Terutama di bagian wajah, sangat rentan mengalami hiperpigmentasi yang merupakan kondisi di mana beberapa bagian kulit terlihat lebih gelap dari pada bagian lainnya.

Kenapa Wajib Pakai Sunscreen Minimal SPF 30? Ini 5 Alasannya

Kondisi ini disebabkan karena meningkatnya produksi melanin dalam tubuh yang bertanggung jawab untuk pewarnaan kulit. Ada beberapa jenis hiperpigmentasi yang sangat umum di antaranya adalah melasma, bintik matahari, serta noda hitam bekas jerawat. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Salah satu kandungan skincare yang bisa mengatasi masalah hiperpigmentasi ini adalah Melasyl. Kandungan yang satu ini bekerja untuk mengurangi produksi melanin, mengurangi noda hitam, mencerahkan kulit, dan meratakan warna kulit dengan cara mengatasi masalah kehitaman.

5 Tips Pilih Skincare yang Aman, Cek Kemasan Hingga Izin Edar BPOM

Ilustrasi wanita/kulit wajah.

Photo :
  • Freepik/freepik

Kandungan Melasyl dalam sebuah produk skincare pada dasarnya boleh dikombinasikan dengan kandungan lainnya dengan catatan bukan yang bersifat iritatif.

Tren Kecantikan Korea yang Menginspirasi Gaya Hidup Perawatan Kulit di Indonesia

"Pada prinsipnya bisa dikombinasi dengan apapun, tapi jangan yang sifatnya mengiritasi kulit. Misalnya glycolic acid, AHA, BHA, jangan digabung," kata Dermatologist, dr. Listya Paramita Sp.DVE, FINSDV, di acara Dermlive by La Roche Posay, di Jakarta, Selasa 9 Juli 2024.

Umumnya, terdapat beberapa tahapan memakai skincare baik pada pagi dan malam hari. Mulai dari cleanser, toner, serum, moisturizer, dan banyak lainnya. Melasyl yang terkandung dalam serum Mela B3 ini sebaiknya digunakan di waktu yang berbeda apabila hendak menggunakan skincare lain yang mengandung bahan aktif seperti AHA dan BHA.

"Kalau ingin menggunakan boleh tapi diseling. Misal hari atau waktu yang berbeda. Misalkan AHA BHA pagi lalu Melasyl-nya malam, atau sebaliknya, atau di hari yang berbeda," terang Dokter Listya.

Selain menggunakan serum dengan kandungan Melasyl pada siang dan malam hari, mengatasi masalah hiperpigmentasi juga harus disertai basic skincare yang rutin. Sebab, mengatasi masalah noda hitam pada kulit tak lepas dari proteksi terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, penggunaan sunscreen sangat diwajibkan.

"Tergantung kondisi kulit masing-masing yang jelas basic skincare harus jalan. Karena kalau bicara tentang hiperpigmentasi tidak terlepas dari sunscreen, harus wajib. Kalau kandungan Melasyl ini dipakai terus tapi proteksinya tidak ada ya percuma," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya