Ampuh! 5 Sayuran untuk Menghilangkan Lemak Perut

Ilustrasi sayuran untuk menghilangkan lemak perut
Sumber :
  • Pixabay/Meditations

VIVA Lifestyle –  Buncit kerap dikeluhkan banyak orang karena mengganggu penampilan. Gendut  terjadi karena adanya penumpukan lemak perut lantaran mengonsumsi makanan melebihi batas normal. Kurangnya aktivitas fisik ikut berkontribusi perutmu jadi besar.

Ayu Ting Ting Singgung Dana Darurat, Apa Manfaatnya bagi Kondisi Keuangan?

Penumpukan lemak perut dinilai dapat membahayakan kesehatan tubuh. Mengutip IHC Telemed, perut buncit identik dengan obesitas yang jadi faktor resiko meningkatnya potensi penyakit jantung. Pria dinyatakan obesitas bila lingkar pinggang melebihi 102 cm dan perempuan lebih dari 89 cm. 

Kabar baiknya, ada solusi alami untuk mengecilkan buncit dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran yang mempunyai khasiat luar biasa dalam meningkatkan metabolisme, melancarkan sistem pencernaan sampai membakar lemak perut secara efektif. 

7 Tips Menghilangkan Lemak Perut Meski Sudah Menopause, Auto Langsing Lagi!

Mengutip VN Express International dan Times of India, berikut sayuran yang dapat mengurangi penumpukan lemak. Scroll untuk informasi lebih lengkapnya, ya!

Sayuran untuk Menghilangkan Lemak Perut

8 Kebiasan Jadi Penyebab Paling Banyak Penumpukkan Lemak Perut

Buah-buahan dan sayur-sayuran.

Photo :
  • Freepik/freepik

1. Timun

Timun mempunyai kandungan air yang tinggi dan rendah kalori. Tak hanya meningkatkan metabolisme, sayuran yang termasuk keluarga labu-labuan ini juga membantu detoksifikasi tubuh. 

Mengonsumsi makanan dengan kandungan air tinggi dipercaya dapat membantu mengelola berat badan karena berperan mengoptimalkan proses pembakaran lemak. Timun sangat cocok dijadikan pendamping makanan berat sebagai lalapan.

Ilustrasi wortel.

Photo :
  • Pixabay/ahik

2. Wortel

Manfaat wortel tak hanya sebatas mendukung fungsi mata, tetapi juga dapat menghilangkan lemak perut. Pasalnya, kandungan kalorinya rendah serta kaya serat, vitamin dan antioksidan yang bantu meningkatkan rasa kenyang sehingga berdampak pada pengurangan asupan makanan secara keseluruhan. Wortel dapat dikonsumsi mentah atau diolah menjadi sup atau salad.

3. Brokoli

Sayuran yang dapat menghilangkan lemak perut lainnya adalah brokoli. Sayuran hijau ini memiliki kandungan serat tinggi dan senyawa yang berfungsi meningkatkan pembakaran lemak. Mengonsumsi brokoli dapat membantu mengurangi lemak visceral (lemak yang berada di dalam organ) yang menumpuk di sekitar perut. Brokoli juga mempunyai kandungan nutrisi lain yang bergizi untuk tubuh. 

4. Pare

Dibalik rasa pahitnya, pare mempunyai manfaat luar biasa dalam menurunkan berat badan secara signifikan lho. Pare membantu produksi insulin dalam tubuh yang berfungsi mengelola kadar gula darah dan mengurangi lemak perut. Sayuran ini dapat diolah menjadi berbagai macam masakan seperti sup, direbus, hingga dijadikan jus.

5. Kembang Kol

Kembang kol putih rendah kalori namun tinggi serat sehingga memberikan rasa kenyang lebih lama. Sayuran ini juga mengandung senyawa indole yang membantu menyeimbangkan hormon dan mengurangi lemak perut. Kembang kol lumrah dijadikan sebagai bahan tambahan untuk sup atau ditumis menjadi capcay.

Konsumsi sayuran secara teratur tak hanya sekadar mencukupi kebutuhan nutrisi harian yang berdampak terhadap kesehatan tubuh secara keseluruh. Namun, memberikan manfaat lain dalam mencapai perut ramping idaman karena kemampuan sayuran yang dapat menghilangkan lemak perut. Jangan lupa untuk kombinasikan dengan gaya hidup sehat dan disiplin melakukan aktivitas fisik untuk merasakan perubahan secara nyata. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya