Menguak Khasiat Pepaya untuk Kecantikan, Benarkah Bisa Mencerahkan Kulit?

Pepaya
Sumber :
  • Times of India

VIVA Lifestyle – Pepaya bukan hanya buah tropis yang lezat, tetapi juga mempunyai khasiat kecantikan alami. Hal ini karena buah tersebut mengandun enzim papain. 

5 Rekomendasi Body Lotion yang Ampuh Mencerahkan Kulit Belang

Pepaya diyakini memiliki potensi untuk mencerahkan kulit secara alami. Apa sebenarnya manfaatnya dan bagaimana cara optimal memanfaatkannya dalam perawatan kecantikan? Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari The Bombay Skin Clinic, pepaya memiliki banyak sifat penyembuhan, pemutihan, dan eksfoliasi, sehingga bermanfaat untuk kecantikan alami. Buah ini juga mengandung sifat anti-inflamasi, seperti yang dicatat oleh Journal of Immunotoxicology.

Dokter Tirta Jelaskan Perihal Kerokan, Ada Manfaatnya Buat Kesehatan?

Khasiat Pepaya untuk Kecantikan Kulit

Ilustrasi wanita/skincare/kecantikan.

Photo :
  • Freepik/drobotdean
5 Khasiat Ajaib Tauge untuk Kepuasan Seksual, Bisa Tingkatkan Vitalitas Pria

Berikut ini penjelasan lebih tentang khasiat pepaya untuk kulit serta cara memanfaatkannya:

1. Mencerahkan Kulit

Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu mengangkat sel-sel kulit mati, sehingga membantu mencerahkan kulit dan memberikan efek lebih bersinar. 

2. Menyamarkan Noda dan Bekas Jerawat

Kandungan enzim papain dalam pepaya juga dapat membantu dalam proses regenerasi kulit, sehingga membantu menyamarkan noda atau bekas jerawat. 

3. Melembapkan Kulit

Pepaya mengandung banyak air dan nutrisi yang membantu menjaga kelembapan kulit.  

4. Mengurangi Kemerahan

Enzim papain dan vitamin C dalam pepaya memiliki sifat anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi kemerahan pada kulit akibat peradangan.

5. Anti-Penuaan

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam pepaya membantu melawan radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini, sehingga dapat membantu menjaga kulit tetap tampak muda dan sehat. 


Cara Memanfaatkan Pepaya untuk Kulit:

Kamu bisa memanfaatkan pepaya sebagai masker. Caranya, haluskan daging pepaya matang dan aplikasikan sebagai masker wajah. Diamkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air hangat. Masker ini membantu menyegarkan dan mencerahkan kulit. 

Selain itu, kamu juga bisa menjadikannya jadi scrub pepaya. Caranya, campurkan daging pepaya yang dihaluskan dengan sedikit gula atau oatmeal untuk membuat scrub alami. Gosokkan lembut campuran ini pada kulit untuk mengangkat sel-sel kulit mati dan merangsang regenerasi kulit.

Itulah ragam khasiat pepaya dan cara memanfaatkannya. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya