Ini Cara Mencegah Penyakit Skabies

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari PERDOSKI sedang melakukan Pemeriksaan
Sumber :
  • ist

VIVA Lifestyle – Skabies adalah penyakit kulit menular yang disebabkan oleh tungau Sarcoptes scabiei. Penyakit ini dapat menyebar dengan cepat terutama di lingkungan yang padat dan sanitasinya buruk. Skabies sering kali menjadi masalah kesehatan masyarakat di beberapa negara berkembang.

Mengenal USG Liver Scan, Bisa Deteksi Penyakit pada Organ Hati Hingga Kecanduan Alkohol

Gejala utama skabies adalah gatal-gatal yang sangat mengganggu, terutama di malam hari. Gatal-gatal ini disebabkan oleh reaksi alergi terhadap tungau dan kotorannya di bawah kulit. Scroll lebih lanjut ya.

Skabies sangat mudah menular melalui kontak langsung kulit ke kulit atau melalui benda-benda yang terkontaminasi seperti pakaian, sprei, handuk. Orang yang paling berisiko adalah mereka yang tinggal berdekatan atau dalam satu rumah dengan penderita skabies.

Hati-hati Kalau Gaya Bicara Manusia Berubah

Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan di tahun 2013 menunjukan bahwa prevalensi scabies di populasi umum masyarakat adalah 3,9 – 6% tetapi bisa mencapai 84,8% di sekolah asrama atau terhadap masyarakat yang tinggal secara komunal. Bahkan Organisasi Kesehatan Dunia (World Health Organization) memasukan penyakit ini kedalam daftar penyakit tropis yang terabaikan (neglected tropical diseases) yang dimana, penyakit ini belum menjadi fokus utama untuk penanganannya.

Virus Mematikan Merebak di Israel, 100 Orang Terinfeksi

Menyadari pentingnya hal ini, DERMA XP (Strategic Business Unit dari Arya Noble Group) bersama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin Indonesia (PERDOSKI) Makassar untuk mengadakan pemeriksaan. Hal ini disambut positif oleh masyarakat. Buktinya acara itu memecahkan Rekor MURI untuk pemeriksaan dan pengobatan skabies terbanyak untuk seribu lebih masyarakat yang berada di Makassar.

Prof. Dr. dr. Khairuddin Djawad, Sp.D.VE, Subsp.O.B.K, FINSDV, FAADV selaku Ketua Panitia Pemeriksaan dan Pengobatan Skabies Pada Peserta Terbanyak menyebutkan, "kita tidak perlu takut terhadap penyakit skabiesini. Skabies ini masih dapat kita kontrol dan atasi dengan melakukan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dimanapun kita berada.

Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin dari PERDOSKI sedang melakukan Pemeriksaan

Photo :
  • ist

”Intinya adalah hidup bersih dan disiplin dalam penerapan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Penyakit skabies memang dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain, bahkan dalam satu ruangan ke ruangan lain atau dari rumah ke rumah, tetapi itu semua dapat mudah kita atasi dengan menjalankan perilaku hidup bersih dan sehat dimanapun kita berada.

“Hari ini menjadi bukti bahwa bisnis bukan hanya semata-mata mencari profit saja, tapi bagaimana kita bisa menyelaraskan kepentingan bisnis kita dengan kebutuhan masyarakat,” ujar Andi Surjadi, selaku Direktur dari DERMA XP.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya