Olahraga Lari Makin Digandrungi, Ini Tips Buat Pemula yang Mau Bergabung

Ilustrasi lari.
Sumber :
  • Freepik/master1305

JAKARTA – Olahraga lari beberapa tahun terakhir ini tengah digandrungi oleh banyak masyarakat khususnya yang berada di kota-kota besar. Banyak komunitas lari yang dibentuk, selain itu juga banyak digelar event olahraga lari yang diikuti oleh banyak peserta.

Lari Vs Bersepeda, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori untuk Menurunkan Berat Badan?

Semakin hari, banyak pemula yang memutuskan untuk memulai ikut olahraga lari. Hal itu juga disampaikan oleh pelari sekaligus running coach, Andre Caprina. Ia mengungkap bahwa setelah pandemi COVID-19, peminat olahraga lari memang meningkat tinggi. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Jadi kalau tren lari setelah pandemi lagi naik banget, bisa dilihat industri lari, hampir setiap minggu ada lomba lari baik di Jakarta, Bekasi, BSD, antusias orang-orang ini makin banyak," kata Andre Caprina di sela-sela acara konferensi pers Herbalife Run 2024 di kawasan Jakarta Selatan, Kamis, 4 Juli 2024.

Ibnu Jamil Meriahkan Event Run Experience 2024 di TMII

Dalam kesempatan itu, Andre juga memberi tips atau kiat-kiat untuk para pelari pemula yang baru memulai dan tertarik untuk mengikuti event olahraga lari. Diungkap Andre, para pemula sebaiknya terlebih dahulu mengikuti komunitas lari untuk mendapat ilmu dan pemahaman.

Indonesia Tuan Rumah Kejuaraan Asia, PB IKASI Datangkan Pelatih Asal Amerika Serikat

"Kalau untuk pelari pemula baiknya mengikuti komunitas, nantinya komunitas akan membantu temen-temen yang baru mau belajar lari," kata Andre.

"Belajar lari sangat mudah bisa dimulai dengan easy run, di mana lari itu tidak harus cepat dan hanya dengan menggunakan target pace sesuai kemampuan masing-masing," tambahnya.

Diungkap Andre, ada banyak keuntungan untuk para pelari pemula saat mengikuti komunitas. Seperti misalnya mendapat latihan dasar berlari dan latihan memperkuat otot kaki.

"Kalau buat awal, ketika join komunitas, mereka sudah punya berbagai activity, dalam seminggu mereka ada activity di mana lari bersama grup, ada strenght training untuk menguatkan kaki dan organ tubuh. Ada latihan long run. Biasanya saat minggu atau saat tanggal merah biasanya berkumpul di sekitaran Sudirman atau Car Free Day," katanya.

Bicara olahraga lari, Herbalife Run 2024 merupakan bagian dari peringatan ke-26 tahun Herbalife hadir dan menjadi bagian dari masyarakat di Indonesia. Event lari tahunan ini akan digelar pada 15 September 2024 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang, yang akan melombakan 5 kategori yaitu individu pria dan wanita 21Km, 10Km, 5Km, Fun Walk, dan Kids Fun Run. 

"Kami sangat senang mengadakan kembali Herbalife Run, sebagai bagian dari komitmen kami untuk menginspirasi masyarakat dalam mengadopsi gaya hidup sehat dan aktif," kata Oktianto Wahyu Jatmiko selaku Director & General Manager Herbalife Indonesia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya