Wajib Dihindari, Ini 6 Kesalahan yang Bikin Gagal Diet

Ilustrasi diet.
Sumber :
  • Pexels/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Dalam perjalanan menuju penurunan berat badan yang sukses, seringkali kita tersandung pada kesalahan yang bikin gagal diet. Ya, tanpa disadari, ada beberapa hal yang menyebabkan kamu kesulitan untuk mencapai target penurunan berat badan.

60 Nama Toko Anti-Mainstream, Pilih yang Keren untuk Bisnismu!

Melansir dari Nutivate, beberapa hal ini bisa menyebabkan gagal diet, yang akhirnya membuat usahamu dalam menurunkan berat badan menjadi sia-sia. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Rupanya, ada beberapa kesalahan yang menyebabkan upaya penurunan berat badan tidak berhasil. Salah satu penyebabnya, yakni kesalahan berpikir atau mindset tentang diet itu sendiri.

Mengenal USDEK, Prosesi Makanan dalam Tradisi Pernikahan Adat Jawa yang Sarat Makna

6 Kesalahan Bikin Gagal Diet

Berat badan

Photo :
  • Eat This
10 Minuman Sehat dan Bergizi, Bantu Jaga Kebugaran Hingga Turunkan Berat Badan

Berikut ini daftar kesalahan yang bikin gagal diet:

1. Mengharapkan Hasil Cepat

Banyak orang ingin melihat hasil yang signifikan dalam waktu singkat setelah memulai diet. Namun, harapan untuk hasil instan seringkali tidak realistis dan dapat menyebabkan kekecewaan jika tidak tercapai.

2. Menghindari Jenis Makanan Tertentu

Melarang diri dari makanan tertentu secara total, seperti karbohidrat atau lemak, seringkali tidak bisa dipertahankan dalam jangka panjang. Ini dapat menyebabkan kamu memiliki rasa ingin makan berlebihan sehingga dapat mengganggu keseimbangan nutrisi.

3. Tidak Memperhatikan Porsi

Selain memilih makanan yang sehat, penting juga untuk memperhatikan porsi makanan. Terlalu banyak makan bahkan makanan sehat, bisa membuat kamu mengonsumsi lebih banyak kalori dari yang kamu butuhkan.

4. Kurangnya Perencanaan

Tidak merencanakan makanan dan camilan dengan baik, dapat membuat kamu rentan terhadap pilihan makanan yang tidak sehat. Kurangnya perencanaan juga dapat mengganggu komitmen kamu dalam menjalankan diet.

5. Kurangnya Konsisten

Mengharapkan perubahan drastis tanpa konsistensi dalam pola makan dan olahraga seringkali membuat upaya diet tidak berhasil. Konsistensi adalah kunci untuk mencapai hasil yang berkelanjutan dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

6. Terlalu Fokus pada Angka Timbangan

Terlalu banyak fokus pada berat badan bisa membuat kamu lupa untuk memperhatikan perubahan tubuh secara keseluruhan. Fokus yang berlebihan pada angka di timbangan bisa mengalihkan perhatian dari perubahan kesehatan yang lebih penting, seperti peningkatan dalam energi, kekuatan, atau keseimbangan hormon.

Itulah enam kesalahan yang bikin kamu gagal diet. Ingatlah, sebelum memulai diet, kamu perlu menciptakan mindset yang sehat terkait diet. Upayakan juga untuk mempersiapkan perencanaan diet yang matang dan sustainable.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya