Wanita Ini Berhasil Turunkan 40 Kg Dalam 8 Bulan, Begini Tipsnya

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan
Sumber :
  • Freepik: drobotdean

VIVA Lifestyle –Tidak dapat dipungkiri berat badan yang berlebih bisa menyebabkan penurunan kepercayaan diri. Bahkan yang lebih penting, kelebihan berat badan dapat menyebabkan masalah kesehatan serius. 

10 Minuman Sehat dan Bergizi, Bantu Jaga Kebugaran Hingga Turunkan Berat Badan

Maka tidak heran jika banyak orang berusaha untuk menurunkan berat badan. Selain rutin berolahraga untuk membakar kalori berlebih, pengaturan pola makan juga memiliki peranan penting dalam program penurunan berat badan. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Jika kamu tengah mencoba program diet, mungkin bisa mencoba beberapa tips yang diungkap dalam buku Siti. Wanita asal Malaysia, Siti telah membuat sebuah buku perjalanan insipiratifnya dalam menurunkan berat badannya sebanyak 40 kg hanya dalam waktu 8 bulan.

Kopi Vs Teh Hijau, Mana yang Lebih Efektif Bantu Menurunkan Berat Badan?

Siti sendiri sempat memiliki berat badan berlebih yang mencapai 95 kg. Ketika itu, Siti mulai berupaya menurunkan berat badan dan menerapkan gaya hidup yang lebih sehat. Dan setelah 8 bulan, dia akhirnya mencapai tujuannya memangkas berat badan dari 95 kg menjadi  54kg dengan cara yang sehat.

Wanita Pembuang Bayi dalam Kloset Apartemen Ditangkap

Dilansir dari laman World of Buzz, Siti menekankan bahwa Anda tidak harus mengikuti diet ketat karena itu hanya akan membuat Anda lebih stres. Dirinya hanya merekomendasikan mengontrol asupan kalori dan membagi makanan Anda dengan menggunakan piring yang lebih kecil, seperti yang dikatakan oleh sumber dari Siakap Keli.

Berikut adalah beberapa tips yang mungkin bisa berguna bagi Anda. 

1. Minumlah air sebelum makan. Ini bisa mengisi perut sehingga tidak makan berlebihan, minum air sebelum makan juga akan membantu merevitalisasi kulit Anda. 

2. Tidur selama 8 jam sehari. Untuk yang sering tidur malam dan penderita insomnia, tips ini mungkin tampak konyol tetapi penelitian sebenarnya menunjukkan bahwa kurang tidur dapat menyebabkan obesitas.

3. Konsumsi lebih banyak protein dan hindari gula. Jika Anda menyukai makanan manis, gunakan gula alami dalam buah-buahan dan sayuran atau gantikan gula dengan madu.

4. Meskipun air minum direkomendasikan, itu bukan satu-satunya minuman yang bisa dikonsumsi. Siti berbagi bahwa selama perjalanan penurunan berat badannya, dia sebenarnya minum banyak teh hijau dan kopi hitam tanpa gula untuk meningkatkan metabolisme dan energinya sebelum olahraga.

5. Kebiasaan makan mungkin berdampak besar pada penurunan berat badan, tetapi itu bukan segalanya. Siti mengatakan melakukan latihan aerobik dan kardio secara teratur pasti akan membantu dalam proses penurunan berat badan.  Atau pergi ke gym untuk berolahraga. 

6. Hindari alkohol, karena minuman ini mengandung 8 sendok makan gula.

7. Jangan melewatkan sarapan, sebab sarapan menstabilkan hormon dan kadar gula darah sehingga laju metabolisme meningkat untuk membakar lebih banyak kalori.

8. Jangan membuat dirimu kelaparan. Kontrol porsi tidak berarti membuat tubuh Anda kelaparan saat lapar. Tubuh  akan membakar otot untuk menggantikan kekurangan asupan makanan dan ini akan membuat berat badan menjadi lebih sulit dikontrol.

9. Atur pola makan. Siti mungkin makan porsi kecil, tetapi dia makan sampai 6 kali sehari.

10. Selalu bertekad untuk berhasil. Tekad berasal dari dalam dan merupakan faktor terpenting tidak hanya dalam kebugaran tetapi juga untuk berhasil dalam hidup. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya