Menguak Manfaat Buah Lontar yang Dikonsumsi Prilly Latuconsina, Ampuh Turunkan Berat Badan?

Prilly Latuconsina makan buah lontar
Sumber :
  • TikTok

VIVA Lifestyle – Artis Prilly Latuconsina mengungkapkan rahasia dietnya hingga berat badannya berhasil turun sampai 12 kilogram. Rahasia tersebut dibagikannya lewat unggahan video di TikTok pribadinya.

Clean Eating Pola Diet Prilly Latuconsina, Bikin Badan Langsing Turun 12 Kg

Mengutip dari videonya, Prilly mengaku selama ini dirinya melakukan clean eating. Di platform yang sama, aktris 27 tahun ini juga membagikan menu makanan yang dikonsumsinya dari pagi, siang, dan sore. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

"Aku itu clean eating. Pagi, aku cuma ngopi hitam aja, terus siangnya aku makan sayur dan protein, ini aku makan tauge dan telur," kata Prilly Latuconsina seperti dikutip dari akun TikToknya, Kamis, 4 Juli 2024.

Berat Badannya 37 Kg, Prilly Latuconsina Dikritik karena Terlalu Kurus: Aku Nyaman dan Sehat

Setelah itu, Prilly lalu mengonsumsi camilan berupa buah lontar. "Terus, aku makan buah lontar, karena ini kalorinya nggak banyak dan buahnya nggak terlalu manis," ujarnya.

Disebut rendah kalori dan tak terlalu manis, seberapa ampuh sih buah lontar untuk menurunkan berat badan? Berikut penjelasannya!

Disebut Terlalu Kurus, Prilly Latuconsina Ungkap Alasan Turunkan Berat Badan Hingga 37 Kg

Manfaat Buah Lontar 

Buah Lontar

Photo :
  • VIVA/ Teguh Joko Sutrisno/ Semarang

Melansir dari Daily Sun, buah lontar dapat membantu menurunkan berat badan karena memiliki kandungan air sebesar 93 persen. Selain itu, buah lontar mengandung gelatin yang mampu memberikan rasa kenyang setelah mengonsumsinya, sehingga membantu mengontrol nafsu makan.

Berikut ini deretan manfaat buah lontar untuk menurunkan berat badan:

1. Rendah Kalori

Buah lontar mengandung kalori yang rendah, sehingga cocok sebagai camilan atau bagian dari makanan ringan dalam program penurunan berat badan. Mengonsumsi buah lontar, membantu mengurangi asupan kalori harian tanpa menyebabkan rasa lapar berlebihan.

2. Kaya Serat

Meski rendah kalori, buah lontar mengandung serat yang cukup tinggi. Serat membantu memperlambat pencernaan, sehingga membantu menjaga perasaan kenyang lebih lama. Ini dapat mengurangi keinginan untuk ngemil atau makan berlebihan di antara waktu makan utama.

3. Kandungan Nutrisi

Meskipun rendah kalori, buah lontar kaya akan nutrisi penting seperti vitamin C, potasium, kalsium, dan fosfor. Vitamin C adalah antioksidan yang penting untuk kesehatan kulit dan sistem kekebalan tubuh. Sementara potasium, kalsium, dan fosfor mendukung fungsi otot, kesehatan tulang, dan keseimbangan elektrolit. 

4. Mengatur Metabolisme

Asupan nutrisi yang seimbang dari buah lontar dapat membantu dalam mengatur metabolisme tubuh. Nutrisi yang cukup dan teratur membantu tubuh bekerja lebih efisien, yang penting dalam proses penurunan berat badan. 
 

5. Pilihan Camilan Sehat

Buah lontar dapat diolah menjadi minuman segar yang menyegarkan atau dimakan langsung sebagai camilan. Membuat pilihan camilan sehat seperti buah lontar, dapat mengurangi asupan gula dan lemak dari camilan tidak sehat lainnya. 

6. Mengurangi Kebutuhan Gula Tambahan

Buah lontar memiliki rasa manis alami, sehingga dapat membantu mengurangi kebutuhan akan gula tambahan dalam diet. Ini dapat membantu dalam mengendalikan kadar gula darah dan mencegah lonjakan insulin yang dapat memicu penimbunan lemak. 

Itulah ragam manfaat buah lontar untuk menurunkan berat badan. Meski begitu, penting untuk tetap mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang moderat dan sebagai bagian dari diet yang seimbang. Kamu juga bisa memadukan buah lontar dengan pilihan makanan lain yang sehat, seperti sayuran, protein tanpa lemak, dan sumber karbohidrat kompleks.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya