Waspada Cedera saat Main Sepakbola, Bagaimana Cara Cegahnya?

Ilustrasi cedera lutut pesepakbola
Sumber :
  • flexfreeclinic.com

JAKARTA  – Sepakbola merupakan olahraga yang memerlukan kebugaran yang bagus, banyak pergerakan, dan kelincahan. Ini membuat olahraga tim seperti ini tidak terhindar dari risiko cedera

6 Olahraga Sederhana yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Gym

Sebab itu, penting mengetahui pencegahan yang efektif untuk mengurangi risiko cedera yang dapat mengganggu permainan dan kesehatan. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Dokter spesialis kedokteran olahraga RS Pondok Indah (RSPI) dr Wawan Budisusilo, SpKO mengatakan, untuk mencegah cedera, penting untuk mengetahui penyebabnya. "Cedera penyebabnya macam-macam, ada faktor diri sendiri seperti obesitas, postur kurang baik, teknik kurang bagus, dan faktor luar," ujarnya saat wawancara secara daring, pada Rabu, 3 Juli 2024.

Viral Jasa Joki Strava di Platform X, Ternyata Tarifnya Segini Buat yang Ingin Flexing Lari

Dia menjelaskan, faktor luar tersebut di antaranya, lapangan yang bergelombang, rumput di lapangan yang terlalu panjang, kondisi tanah lapangan yang keras, suhu udara tinggi, dan perlengkapan bermain yang tidak sesuai. "Misalnya, sepatu yang terlalu longgar, terlalu sempit, kemudian juga baju yang terlalu ketat dan tidak nyaman," jelas dr Wawan.

Jadi, kata dia, hal yang terpenting adalah menyiapkan perlengkapan olahraga yang sesuai. Setelah itu, jangan lupa melakukan pemanasan, karena itu sangat penting.

Intip Rahasia Diet Mo Sidik yang Berhasil Turunkan Berat Badan 10kg Dalam Waktu Dua Bulan

"Harus ada pemanasan yang cukup, latihan inti, baru latihan yang sifatnya peregangan, itu nggak boleh dipisah," ujar dr Wawan.

Dia mengungkapkan, ada beberapa orang yang biasanya menggunakan krim panas untuk mengganti pemanasan. Itu memang bisa saja berguna, namun tidak cukup untuk mengganti pemanasan.

"Biasanya, orang ada yang langsung main atau pakai krim-krim panas, secara sensasi emang membantu ya, tapi akan menjadi abu-abu, karena otot belum panas atau siap untuk melakukan kegiatan inti, sehingga menyebabkan cedera."

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya