Naik Turun Tangga Ternyata Ampuh Menurunkan Berat Badan, Bisa Bakar Berapa Kalori?

Ilustrasi perut rata dari proses menurunkan berat badan
Sumber :
  • Freepik: drobotdean

VIVA Lifestyle – Naik turun tangga merupakan salah satu aktivitas fisik atau olahraga sederhana yang mudah dilakukan sehari-hari. Meski sederhana, mudah, dan dapat dilakukan di mana saja, naik turun tangga ternyata berguna untuk membantu menurunkan berat badan.

Berat Badannya 37 Kg, Prilly Latuconsina Dikritik karena Terlalu Kurus: Aku Nyaman dan Sehat

Selain bermanfaat untuk membantu penurunan berat badan, naik turun tangga sebenarnya adalah latihan yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Centre for Health Protection, naik turun tangga meningkatkan fungsi jantung dan paru-paru serta peredaran darah, mengurangi risiko penyakit jantung koroner, hipertensi, diabetes, dan kanker usus, meningkatkan ketahanan tubuh, dan mengurangi risiko penyakit.

Selain Ampuh Merontokan Berat Badan, ini 7 Manfaat Diet Tepung yang Menarik Diketahui

Sementara itu, mengutip dari Allina Health, naik turun tangga membakar lebih banyak kalori daripada berjalan di permukaan datar dengan kecepatan sedang. Jumlah kalori yang dibakar pun tergantung pada berat badanmu, tetapi turun tangga membakar antara 175 dan 275 kalori per jam, sedangkan naik tangga membakar antara 530 dan 835 kalori per jam.

Manfaat Naik Turun Tangga

6 Olahraga Sederhana yang Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan Tanpa Gym

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/katemangostar

Berikut deretan manfaat latihan naik turun tangga untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa menambahkan latihan ini ke dalam rutinitas sehari-hari untuk memaksimalkan manfaatnya.

1. Membakar Kalori

Naik turun tangga melibatkan banyak otot besar seperti otot kaki, gluteus, dan otot inti. Ini menghasilkan pembakaran kalori yang lebih tinggi dibandingkan dengan aktivitas berjalan di tanah datar. Semakin intensitas naik turun tangga, semakin banyak kalori yang dibakar. 

2. Meningkatkan Metabolisme

Latihan naik turun tangga membantu meningkatkan metabolisme tubuh, terutama jika dilakukan secara teratur. Metabolisme yang lebih tinggi ini dapat membantu tubuh membakar lebih banyak kalori bahkan saat istirahat. 


3. Meningkatkan Kebugaran Kardiovaskular

Naik turun tangga termasuk dalam latihan kardiovaskular yang efektif. Ini membantu memperkuat jantung dan paru-paru, serta meningkatkan kapasitas aerobik. Dengan kebugaran kardiovaskular yang baik, kamu dapat meningkatkan kemampuan tubuh dalam membakar lemak.

4. Mengurangi Lemak

Aktivitas naik turun tangga secara konsisten dapat membantu mengurangi persentase lemak di tubuh, terutama jika dilakukan bersamaan dengan pola makan sehat. Ini karena latihan tersebut membantu membakar lemak sebagai sumber energi.

5. Memperkuat Otot dan Meningkatkan Bentuk Tubuh

Siapa sangka jika naik turun tangga dapat meningkatkan bentuk tubuh. Naik turun tangga melibatkan banyak otot kaki, termasuk otot paha dan betis. Melakukan latihan ini secara teratur dapat membantu memperkuat dan membentuk otot-otot tersebut, sehingga membantu meningkatkan bentuk tubuh secara keseluruhan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya