Resep Jamu dan Jus untuk Percepat Metabolisme, Bisa Turunkan Berat Badan dalam Waktu Singkat?

Ilustrasi air lemon.
Sumber :
  • Unsplash

VIVA Lifestyle – Ingin menurunkan berat badan dalam waktu singkat? Meningkatkan metabolisme merupakan kunci utamanya untuk mencapai hasil penurunan berat badan yang signifikan. 

Lari Vs Bersepeda, Mana yang Lebih Ampuh Bakar Kalori untuk Menurunkan Berat Badan?

Metabolisme yang baik membantu tubuh membakar kalori lebih efisien, sehingga mempercepat proses penurunan berat badan. Scroll untuk baca info lengkapnya, yuk!

Ada berbagai cara untuk mempercepat metabolisme. Salah satu pendekatan alami yang terbukti efektif adalah dengan mengonsumsi jamu dan jus yang dirancang khusus untuk merangsang dan mendukung metabolisme tubuh.

Berat Badannya 37 Kg, Prilly Latuconsina Dikritik karena Terlalu Kurus: Aku Nyaman dan Sehat

Melansir dari Harvard Health Publishing, bila metabolisme tinggi atau cepat, maka tubuh akan membakar lebih banyak kalori saat istirahat maupun ketika beraktivitas. Itulah mengapa metabolisme yang baik dapat membantu menurunkan berat badan lebih cepat.

Jus dan Jamu untuk Mempercepat Metabolisme 

Selain Ampuh Merontokan Berat Badan, ini 7 Manfaat Diet Tepung yang Menarik Diketahui

Temulawak.

Photo :
  • inmagine

Melansir dari berbagai sumber, minuman jus dan jamu ini bisa bermanfaat untuk mempercepat metabolisme. Ini karena kandungan senyawa aktif mereka yang berkontribusi terhadap proses metabolisme tubuh. Apa saja sih? Berikut daftarnya:

1. Jahe dan Lemon

Di urutan pertama ada minuman jahe dan lemon. Jahe mengandung zat aktif seperti gingerol yang dapat meningkatkan suhu tubuh dan aktivitas metabolisme. Ini membantu tubuh membakar lebih banyak kalori untuk memproduksi energi.

Kemudian, lemon yang dipadukan dengan jahe memiliki kaya vitamin C yang esensial untuk fungsi pencernaan yang sehat. Vitamin C juga berperan dalam proses metabolisasi lemak.

2. Jamu Kunyit Asam

Sebagaimana kita tahu, kunyit mengandung kurkumin, senyawa yang memiliki sifat antiinflamasi dan dapat meningkatkan laju metabolisme tubuh. Lalu, bahan lainnya seperti asam jawa dan madu juga memiliki khasiat sendiri. Asam jawa, misalnya, membantu dalam pencernaan dan madu dapat memberikan tambahan energi alami.

3. Jus Buah

Kamu juga bisa menambah jus buah-buahan segar ke dalam diet. Misalnya, jus apel yang kaya serat dan membantu mengatur pencernaan dan memberikan rasa kenyang lebih lama.

Campurkan dengan buah kiwi yang mengandung enzim untuk membantu dalam proses pencernaan protein. Setelah itu, tambahkan jeruk yang terkenal kaya vitamin C dan baik untuk kesehatan pencernaan.

4. Jamu Temulawak

Temulawak memiliki sifat antiinflamasi dan juga meningkatkan aktivitas enzim pencernaan yang mendukung metabolisme tubuh. Tambahkan kunyit dan jahe, untuk penambah rasa dan khasiat dalam meningkatkan metabolisme.

5. Jamu Daun Sirsak

Daun sirsak mengandung senyawa seperti acetogenins yang dapat meningkatkan metabolisme dan membantu dalam proses pembakaran lemak tubuh. Kamu berani coba?

6. Jus Seledri dan Mentimun

Selain jus buah, jus hijau juga baik untuk mempercepat metabolisme. Misalnya, jus seledri dan mentimun. Seledri sendiri mengandung rendah kalori, kaya akan serat, dan mengandung banyak air, sehingga membantu dalam proses detoksifikasi dan pencernaan. Kemudian mentimun, kaya akan air dan rendah kalori, sehingga membantu menjaga hidrasi dan menstimulasi proses metabolisme.

Itulah daftar jus dan jamu untuk mempercepat metabolisme. Konsumsi jamu atau jus-jus ini sebaiknya dilakukan secara teratur sebagai bagian dari pola makan seimbang dan gaya hidup aktif. 

Meskipun dapat membantu dalam mempercepat metabolisme, penting untuk diingat bahwa tidak ada satu makanan atau minuman yang secara instan menurunkan berat badan. Kombinasikan dengan olahraga teratur dan pola tidur yang cukup untuk hasil yang lebih optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya