Rahasia Kulit Glowing dengan 10 Perawatan Rumahan Ini!

Ilustrasi kulit wajah
Sumber :
  • Freepik/benzolx

VIVA Lifestyle  – Kulit yang sehat dan bercahaya alias glowing sering dianggap sebagai tanda kesehatan dan kebahagiaan. Namun, kulit yang kusam atau kering bisa membuat kamu merasa kurang percaya diri. 

11 Rahasia Merawat Kulit Sehat Berkilau Alami Tanpa Produk Kecantikan

Namun, tidak perlu khawatir lagi karena kamu bisa melakukan perawatan rumahan yang mudah dilakukan dan bisa membantumu mendapatkan kulit yang glowing. Bahkan, kamu mungkin sudah memiliki semua yang dibutuhkan di rumah untuk membuat kulit sehat dan bercahaya. Dihimpun dari Healthline, berikut ini beberapa cara perawatan di rumah. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

1. Menenangkan Kulit dengan Minyak Kelapa Murni

Mustahil Awet Muda Kalau Masih Lakukan Kebiasaan Ini

Minyak kelapa.

Photo :
  • Pixabay/SchaOn

Minyak kelapa murni memiliki sifat anti-inflamasi, antioksidan, dan penyembuhan. Minyak ini dapat digunakan untuk menghapus riasan, menenangkan kulit, dan memberikan kelembaban yang membuat kulit tampak sehat. Cobalah pijatkan sedikit minyak kelapa ke wajah, biarkan meresap beberapa menit, lalu bilas dengan pembersih biasa. Namun, jangan gunakan minyak kelapa jika kamu memiliki alergi.

8 Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur Malam, Bisa Seperti Ini

2. Aloe Vera untuk Kulit Sehat

Ilustrasi lidah buaya/aloe vera.

Photo :
  • Freepik

Aloe vera dikenal memiliki sifat penyembuhan dan dapat merangsang pertumbuhan sel baru. Gel ini juga menenangkan dan melembabkan kulit tanpa menyumbat pori-pori. Gunakan aloe vera setelah mencuci wajah setiap hari untuk kulit yang terlihat segar dan bercahaya. Uji sedikit gel di lengan bawah Anda terlebih dahulu untuk memastikan tidak ada reaksi alergi.

3. Melembabkan Kulit Setelah Mencuci Wajah

Ilustrasi lotion/pelembap/skincare.

Photo :
  • Freepik/rawpixel.com

Penting untuk melembabkan kulit setelah mencucinya agar kelembaban terkunci. Gunakan produk yang mengandung antioksidan dan memiliki sifat penyembuhan untuk kulit yang tampak muda dan bercahaya. Oleskan pelembab saat kulit masih sedikit basah dari mandi atau setelah mencuci wajah.

4. Gunakan Sunscreen Setiap Hari

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Insider

Tabir surya atau sunscreen dengan SPF 15 atau lebih tinggi melindungi kulit dari sinar UV yang berbahaya dan dapat mencegah kanker kulit serta penuaan dini. Pastikan untuk menggunakan tabir surya setiap pagi, bahkan saat hari mendung atau hujan.

5. Jangan Lupa Membersihkan Wajah 

Ilustrasi membersihkan wajah

Photo :
  • Y.O.U

Mencuci wajah terlalu sering bisa menghilangkan kelembaban alami kulit, sementara terlalu jarang bisa menyebabkan penumpukan kotoran. Idealnya, cuci wajah setelah berkeringat, di pagi hari, dan sebelum tidur. Ini membantu menjaga keseimbangan kelembaban dan kebersihan kulit.

6. Hindari Asap Rokok

Asap rokok.

Photo :
  • pixabay

Paparan asap rokok, baik aktif maupun pasif, dapat menyebabkan kerusakan kulit karena racun kimia yang terkandung di dalamnya. Ini bisa mempercepat penuaan kulit. Jika kamu merokok, pertimbangkan untuk berhenti demi kesehatan kulitmu.

7. Minum Lebih Banyak Air

Ilustrasi minum air/air putih.

Photo :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

Kulit terdiri dari sel-sel yang membutuhkan air untuk berfungsi dengan baik. Minum air yang cukup setiap hari bisa membantu menjaga kelembaban dan kesehatan kulit. Targetkan setidaknya delapan gelas air sehari untuk hasil terbaik.

8. Makan Makanan Bergizi

Ilustrasi makanan sehat.

Photo :
  • Eat This

Diet yang kaya buah dan sayuran dapat meningkatkan asupan vitamin dan antioksidan dalam tubuh, yang baik untuk kulit. Hindari makanan olahan dan pilih lemak sehat seperti minyak ikan untuk kulit yang lebih sehat dan bercahaya alias glowing.

9. Konsumsi Probiotik

Ilustrasi probiotik.

Photo :
  • Pexel/Alicia Harper

Suplemen probiotik tidak hanya baik untuk pencernaan, tetapi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan dan mengurangi peradangan. Menurut penelitian, probiotik juga dapat berkontribusi pada rambut dan kulit yang sehat.

10. Jangan Mandi Pakai Air Panas

Ilustrasi mandi

Photo :
  • The Sun

Uap dan panas dapat membuka pori-pori dan membantu membersihkan kulit dari racun. Namun, mandi dengan air panas terlalu lama bisa menghilangkan minyak alami kulit, membuatnya tampak kusam. Cobalah untuk mengurangi waktu mandi dan gunakan air hangat daripada air panas. Menurunkan suhu air pada akhir mandi juga bisa membantu meningkatkan sirkulasi darah dan memberikan efek toning pada kulit.

Dengan menerapkan tips sederhana ini, Anda bisa merawat kulit dengan lebih baik dan mendapatkan kulit yang sehat dan bercahaya dari kenyamanan rumah sendiri. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya