dr. Zaidul Akbar Ungkap Pentingnya Minum Air Ini Sebelum Makan untuk Pasien Diabetes

Cuka sari apel
Sumber :
  • Pinkvilla

JAKARTA – Lonjakan gula darah setelah makan adalah hal yang normal. Terlebih jika yang kita konsumsi adalah makanan tinggi karbohidrat. Seperti diketahui, tubuh umumnya akan mengalami dua reaksi penting yang terjadi di pankreas usai makan. Kedua hal ini yakni pelepasan insulin dan hormon amylin.

Mau Anak Jadi Cerdas? dr Zaidul Akbar Anjurkan Orang Tua Sering Berikan Ini

Insulin bekerja dengan cepat untuk memindahkan glukosa keluar dari aliran darah dan masuk ke dalam sel. Amylin membantu mencegah makanan mencapai usus kecil terlalu cepat (tempat sebagian besar nutrisi diserap).

Kedua proses ini terjadi cukup cepat. Makanya, sebagian besar waktu kenaikan glukosa darah setelah makan bersifat sementara, atau bahkan hampir tidak terlihat.

Daewoong Unveiled Breakthrough Diabetes Treatment at ADA Conference

Namun bagi pasien diabetes reaksi ini jadi terhambat. Sebab, meski pankreas membuat insulin namun sel tidak merespon sebagaimana mestinya. Hal ini membuat kadar gula darah naik dengan cepat. 

Terkait dengan kenaikan gula darah, pendakwah sekaligus praktisi herbal dr. Zaidul Akbar mengungkap bahwa konsumsi cuka apel sebelum makan akan membantu mencegah kenaikan gula darah. Sebagaimana seperti perkataan Nabi Muhammad SAW dan bahkan sudah ada penelitiannya di Swedia beberapa tahun silam.

Dokter Tirta Ungkap Dampak Buruk Tidur Siang Terlalu Lama, Bisa Berujung Diabetes

"Nabi mengatakan begini 'sebaik-baiknya lauk adalah cuka' dan ternyata ada seorang biotek di Swedia yang teliti tentang bagaimana efek terjadinya glukospike setelah orang itu makan," ujarnya dikutip dari potongan video yang diunggah di akun TikTok.

Lebih lanjut diungkap dr. Zaidul Akbar konsumsi cuka apel ini dengan mencampurkannya ke dalam air mineral dan konsumsi sebelum makan. Dengan begitu diyakini bisa mencegah terjadinya lonjakan gula darah. 

"Ternyata itu bisa dicegah dengan meminum cuka dulu sebelum makan. Itu mencegah gluko spike, lonjakan gula. Untuk diabetes super bagus lah," ujarnya.

Ilustrasi cuka apel.

Photo :
  • Istimewa/Vegan Kitchen

dr. Zaidul Akbar mengungkap tambahkan satu sendok teh atau satu sendok makan cuka apel. Jika tidak ada cuka apel, bisa ganti dengan cuka nanas atau cuka madu dan ditambahkan air lalu minum.

"Cuka apel dicampur air lalu minum.  Jadi diambil satu sendok teh atau satu sendok makan cuka apel, cuka madu, cuka nanas, masukin air minum," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya