5 Ramuan Air Rebusan dari Bahan Herbal untuk Mempercepat Turunkan Berat Badan

Ilustrasi ramuan herbal
Sumber :
  • Pexels/Nikolay Osmachko

VIVA Lifestyle  – Bahan alami dapat dijadikan sebagai ramuan ajaib menurunkan berat badan. Selain sudah digunakan sejak dalam dan menunjukkan hasil nyata, bahan herbal juga minim efek samping yang membahayakan tubuh. Konsistensi dan kesabaran jadi salah satu kunci sukses menjadi langsing.

Terpopuler: Lari Vs Jalan Kaki untuk Turunkan Berat Badan, Produk Serba Rp10 Ribu di Jakarta Fair

Selain itu, kondisi metabolisme juga memiliki peran terhadap durasi penurunan berat badan. Mengutip NDTV, seseorang yang mempunyai sistem metabolisme yang baik cenderung lebih mudah kurus. Jangan khawatir, masih ada jalan lain yang bisa kamu coba untuk mempercepat turunkan berat badan.

Caranya adalah mengonsumsi air rebusan dari bahan-bahan herbal atau rempah-rempah. Ramuan tersebut ampuh menekan nafsu makan sehingga cocok dimasukkan sebagai rutinitas program diet. Bahan-bahan alami yang digunakan juga memiliki khasiat lain yang mampu meningkatkan kesehatan.

7 Minuman Sebelum Tidur yang Ampuh Turunkan Berat Badan

Kayu Manis dan Madu

Photo :

1. Kayu Manis

Tidak Hanya Ampuh Menurunkan Berat Badan, Ini 8 Manfaat Chia Seed Untuk Kesehatan Tubuh

Ilustrasi kayu manis.

Photo :
  • pixabay/gokalpicsan

Masukan sejumput bubuk kayu manis atau 2-3 batang kayu manis ke dalam segelas air. Biarkan kayu manis terendam selama semalaman. Setelah itu, rebusan air rendaman kayu manis hingga mendidih. Minum rebusan air kayu manis dalam kondisi perut kosong saat pagi hari. 

Kayu manis memiliki khasiat dalam meningkatkan daya tahan tubuh, meredakan nyeri haid, mengurangi efek perdagangan dan sebagainya. Bahkan kayu manis dapat mengontrol kadar gula darah serta mengurangi risiko penyakit jantung.

2. Asam Jawa

ilustrasi asam jawa.

Photo :
  • Pixabay/pexels

Asam jawa juga dapat dimanfaatkan untuk membuat ramuan diet turunkan berat badan. Asam jawa kaya serat dan rendah kalori yang berguna dalam meningkatkan metabolisme. Kamu dapat menambahkan sedikit madu untuk menambahkan cita rasa manis sehingga lebih nikmat untuk diminum saat pagi hari.

Asam jawa diperkaya berbagai vitamin dan mineral yang menyokong kesehatan tubuh secara keseluruhan. kandungan polifenol dan flavonoid terbukti menurunkan risiko aterosklerosis. Hal itu karena mampu meningkatkan kolesterol LDL dan meningkatkan kolesterol HDL.  

3. Ajwain

Ajwain jadi bahan herbal lain yang bisa kamu coba membuat air rebusan guna mempercepat menurunkan berat badan. Rendam biji ajwain di dalam segelas air putih selama semalaman. Keesokan paginya, rebus rendaman ajwain di sampai mendidih. Saring biji ajwain dan konsumsi selagi hangat. Rekomendasi konsumsi air rebusan ajwain adalah setelah bangun tidur ketika kondisi perut kosong.

-

4. Chia Seed

Chia seed/biji chia.

Photo :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

Biji chia seed populer sebagai makanan superfood. Campuran chia seed dengan air putih memberikan laju metabolisme tubuh sehingga semakin banyak kalori yang terbakar. Artinya, berat badan turun semakin cepat. Dengan begitu, secara tidak langsung rebusan chia ceed juga mencegah obesitas. Chia seed mengandung fosfor, kalsium, protein dan magnesium yang berperan menjaga kesehatan tulang. Superfood ini juga memiliki berbagai jenis asam amino endogen yang memaksimalkan fungsi imun tubuh.

5. Daun Mint

Daun Mint

Photo :
  • Pixabay

Daun mint membantu merangsang enzim pencernaan, sehingga meningkatkan metabolisme lebih baik. Air daun mint untuk diet dibuat dengan mencampurkan bahan herbal tersebut ke dalam satu gelas air. Berikan sedikit perasan air lemon dan aduk hingga merata.

Diamkan ramuan ajaib tersebut selama satu malam lalu minum di pagi harinya. Daun mint diperkaya vitamin A, vitamin C dan beta-karoten yang mencegah pertumbuhan radikal bebas di dalam tubuh. Daun mint juga diklaim dapat mencegah kanker dan tumor. 

Penting diimbangi dengan pola makan sehat serta olahraga yang teratur. Air rebusan ini hanya sebagai katalis untuk mempercepat proses penurunan berat badan. Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya