Manfaat Air Rebusan Okra untuk Kalangan Usia 30-an, Begini Cara Membuatnya

Ilustrasi Air Rebusan Okra
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle  – Usia 30-an menjadi fase untuk memulai menerapkan pola hidup sehat. Mereka menyadari bahwa kondisi fisiknya sudah tidak sekuat dan sebugar saat umur 20-an. Beberapa bahkan mengungkapkan cepat merasa lelah dan mulai mengeluhkan berbagai gangguan kesehatan yang lekat sebagai penyakit orang tua, seperti kolesterol dan asam urat. 

Meski Menyegarkan, Ini 5 Efek Samping Terlalu Banyak Minum Air Dingin yang Wajib Diwaspadai!

Alasan itulah yang menjadi titik mula munculnya kesadaran guna mengatasi masalah kesehatan agar tidak bertambah buruk. Selain itu, kalangan usia 30-an juga mulai melakukan tindakan preventif jangka panjang sebagai upaya menjaga kesehatannya. 

Beberapa perbaikan yang dilakukan kalangan usia 30-an untuk memperoleh kesehatan antara lain rajin olahraga hingga beralih mengonsumsi makanan sehat. Salah satunya adalah okra, jenis tanaman polong-polongan yang kaya vitamin C dan gizi lain yang mampu mendukung kebugaran tubuh.

Menguak Manfaat Buah Sawo yang Lezat untuk Kesehatan Tubuh

Biasanya, okra diolah sebagai dengan cara ditumis atau dimasak bersama hidangan yang memiliki bumbu kuat, seperti kari. Mengutip Times of India, air rendaman okra dapat memberikan efek kesehatan yang signifikan. Mari simak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

Ilustrasi Kesehatan Tulang

Photo :
  • Freepik
Catat, Ini 8 Sayuran yang Ampuh untuk Mengecilkan Perut Buncit

Manfaat Air Rendaman Okra

1. Mencegah Diabetes

Diabetes jadi salah satu penyakit yang jumlah penderita terus meningkat dari tahun ke tahun. Kebiasaan mengonsumsi hidangan cepat saji, mengonsumsi minuman manis dan jarang olahraga jadi faktor risiko gangguan kadar gula darah dalam darah. Mirisnya, hal tersebut yang justru jadi gaya hidup kekinian yang justru menjerumuskan untuk memicu berbagai penyakit ganas. 

Okra mengandung serat larut yang dapat mengatur gula darah dan memperlambat penyerapan gula di usus. Jurnal Pharmaceutical melakukan sebuah riset yang menunjukkan biji dan kulit okra mampu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes tipe-2. Rutinitas minum air rebusan okra jadi cara efektif bagi kalangan usia 30-an untuk mencegah dan melakukan manajemen diabetes.

Ilustrasi sakit perut.

Photo :
  • Pixabay/pexels

2. Mengatasi Masalah Sistem Pencernaan

Masalah pada sistem pencernaan kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengingat kalangan 30-an merupakan kelompok produktif yang masih aktif bekerja. Lendir pada okra memiliki khasiat untuk menenangkan sistem pencernaan, membantu melancarkan buang air besar sehingga mencegah sembelit.

Berdasarkan Journal of Food Science and Technology, lendir dalam okra berperan sebagai pelumas alami di usus.Rutinitas minum air rendaman okra memberikan efek yang signifikan terhadap sistem pencernaan. Praktis meningkatkan produktivitas jadi lebih aktif dan sehat.

3. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Okra mengandung vitamin C (flavonoid) dan antioksidan yang bantu meningkatkan fungsi kekebalan tubuh jadi lebih optimal. Kandungan vitamin C ini membantu mengurangi stres oksidatif dan meningkatkan respons imun. 

Konsumsi air rendaman okra sebagai tindakan merawat kebugaran dinilai penting. Mengingat kalangan usia 30-an mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap pekerjaan maupun keluarga. Menjaga kesehatan merupakan kunci untuk mampu menangani berbagai tuntutan tersebut.

Ilustrasi serangan jantung

Photo :
  • Eat This

4. Mencegah Penyakit Jantung

Risiko penyakit kardiovaskular meningkat seiring bertambahnya usia. Penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak usia 30-an dengan menerapkan pola hidup yang apik. 

Rebusan air okra berkontribusi menurunkan kadar kolesterol. Sayuran hijau ini tinggi kandungan serat yang berdampak dalam mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Di mana kolesterol berlebih dapat mengakibatkan komplikasi jantung dan stroke.

Kandungan antioksidan pada okra membantu mencegah penumpukan plak di arteri yang jadi salah satu penyebab serangan jantung. Konsumsi air okra secara rutin dapat risiko pemicu penyakit jantung dan menjaga kesehatan jantung dalam jangka panjang.

5. Suplemen Alami untuk Kesehatan Tulang

Memperhatikan kesehatan tulang tak hanya dilakukan saat masa kanak-kanak saja. Kalangan usia 30-an pun semestinya mulai menjaga tulang. Lantaran kepadatan tulang akan berkurang seiring bertambahnya usia. Artinya risiko osteoporosis semakin meningkat.

Air okra memiliki kandungan penting untuk menjaga kesehatan tulang, seperti kalsium, magnesium, hingga vitamin K.  Penelitian Bone Reports menunjukkan vitamin K pada okra merupakan sumber mineral terbaik yang mampu menjaga kekuatan, kepadatan serta mengurangi risiko gangguan terkait tulang.

Resep Air Rebusan Okra

Usia 30-an penting memastikan kesehatan tulang supaya dapat bergerak aktif dan mencegah cedera.  Sehingga dapat menjalani aktivitas secara aktif dan bebas bergerak. Cara membuat air ajaib dari okra sangat mudah dan sederhana. Kamu hanya memerlukan air dan okra saja. Simak cara pembuatannya.

  1. Siapkan 4-5 okra segar dan cuci sampai bersih untuk menghilangkan kotoran dan sisa pestisida yang masih menempel.
  2. Iris okra menjadi potongan-potongan kecil.
  3. Siapkan segelas air lalu masukan potongan okra. Biarkan selama semalaman.
  4. Minum rendaman air okra pada keesokan pagi untuk bantu tingkatkan kesehatan di kalangan usia 30-an.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya