Selain Susu, 6 Buah Ini Memberikan Manfaat Jaga Kesehatan Tulang

Ilustrasi Manfaat Buah terhadap Kesehatan Tulang
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle  –  Susu berkontribusi mempertahankan kepadatan tulang serta menjaga kesehatan tulang secara keseluruhan. Mulai dari menyokong proses pembentukan dan pemeliharaan jaringan tulang.

7 Manfaat Jalan Kaki Mundur, Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Menjaga kondisi tulang jadi hal penting yang harus diperhatikan berbagai kalangan usia. Langkah tersebut merupakan investasi untuk masa depan. Tulang yang kuat menunjang tubuh tetap aktif dan sehat kuat dan sehat sehingga menunjang aktivitas dan kualitas hidup karena bebas dari rasa nyeri.

Selain mengonsumsi susu sebagai sumber kalsium yang cukup, terdapat beberapa jenis buah juga memiliki manfaat luar biasa untuk kesehatan tulang sekaligus bantu mencukupi kebutuhan kalsium harian sebanyak 1000 mg per hari. Berikut penjelasannya yang dikutip dari Times of India.

Manfaat Air Rebusan Okra untuk Kalangan Usia 30-an, Begini Cara Membuatnya

Buah untuk Jaga Kesehatan Tulang

Buah-buahan.

Photo :
Libatkan 11.150 Mahasiswa, UGM Raih Rekor MURI Pembagian dan Minum Susu Terbanyak

1. Buah Ara Kering

Buah ara kering mengandung 160 mg kalsium per 100 gram. Berdasarkan Journal of the American College of Nutrition, buah dengan cita rasa manis ini berperan menguatkan tulang serta menjaga kesehatan tulang dan gigi. Meskipun manis tetapi kandungan gula tidak memberikan dampak buruk terhadap kesehatan tubuh.

-

2. Jeruk 

Buah yang terkenal karena kaya vitamin C ini juga dapat berkontribusi terhadap kesehatan tulang lho. Dalam 100 gram jeruk mengandung 45-50 mg kalsium. Tak hanya itu, jeruk juga kaya antioksidan dan serat yang baik guna menjaga kebugaran tubuh secara keseluruhan. Journal of Nutrition mengungkapkan konsumsi buah jeruk secara teratur akan meningkatkan mineral tulang sehingga mengurangi risiko osteoporosis.

Buah kiwi

Photo :
  • Times of India

3. Kiwi

Kiwi memiliki kandungan 34 mg per 100 gram. Studi European Journal of Clinical Nutrition mengungkapkan kalsium dan vitamin K pada buah eksotis ini memiliki peran penting guna mendukung kepadatan dan menjaga kesehatan tulang secara menyeluruh. Kamu dapat menikmati kiwi dengan cara dimakan langsung, dibuat menjadi smoothie atau diolah menjadi salad yang lezat.

4. Pepaya 

Pepaya terkenal sebagai 'obat alami' untuk mengatasi sembelit karena mengandung enzim papain yang bantu melancarkan sistem pencernaan. Tak hanya itu, pepaya juga mengandung sekitar 20 mg kalsium per 100 gram. Kalsium dan nutrisi lain pada pepaya dinilai mampu mendukung kondisi tulang tetap baik sekaligus melindungi berbagai penyakit tulang, seperti nyeri dan pengeroposan.

-

5. Jeruk Nipis

Banyak yang tidak tahu jeruk nipis memberikan manfaat terhadap kesehatan tulang. Buah dengan rasa masam ini mengandung 33 mg kalsium dalam setiap porsi sajian 100 gram. Peran jeruk nipis, yakni menjaga kepadatan dan mengurangi resiko patah tulang. Jeruk nipis juga diperkaya vitamin C dan antioksidan yang mendukung kebugaran.

6. Kurma

Menu takjil puasa, Kurma

Photo :
  • pixabay

Kurma kaya akan kalsium, magnesium, dan fosfor yang penting untuk kesehatan tulang. Kurma juga mengandung vitamin K dan boron yang penting untuk kesehatan tulang.

Kombinasi susu dan buah-buahan kaya kalsium dapat mengoptimalkan proteksi tulang. Pastikan untuk mendapatkan asupan vitamin D yang cukup untuk membantu tubuh menyerap kalsium lebih maksimal. Konsumsi buah-buahan secara bervariasi bertujuan mendapatkan manfaat kesehatan dengan optimal.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya