7 Manfaat Jalan Kaki Mundur, Bisa Turunkan Berat Badan Lebih Cepat

Ilustrasi Jalan Kaki
Sumber :
  • Freepik

VIVA Lifestyle  – Jalan mundur kerap dinilai sebagai aksi yang konyol. Melansir Health shots, jalan kaki mundur memiliki beragam manfaat terhadap kesehatan tubuh termasuk membantu proses menurunkan berat badan lebih cepat. 

Manfaat Air Rebusan Okra untuk Kalangan Usia 30-an, Begini Cara Membuatnya

Olahraga jalan kaki jadi kegiatan fisik yang banyak digandrungi masyarakat seiring kepopuleran lari. Selain menjaga kesehatan tubuh, kedua aktivitas olah tubuh tersebut juga mampu menurunkan berat badan jika dilakukan secara teratur dan konsisten.

Karena fungsinya yang hampir serupa menyebabkan banyak yang lebih memilih jalan kaki daripada lari. Lari memerlukan teknik-teknik tertentu agar tidak mudah kelelahan atau justru membahayakan diri sendiri. 

Olahraga Lari Vs Jalan Kaki, Mana yang Paling Cepat Menurunkan Berat Badan?

Ilustrasi Jalan Kaki

Photo :
  • Freepik

Jalan mundur pun bisa dicoba sebagai variasi latihan supaya tidak bosan dengan olahraga yang itu-itu saja. Kegiatan ini juga mempunyai tingkat kesulitan tertentu sehingga lebih menantang. Pasalnya kamu harus memiliki insting supaya tidak menabrak benda atau terjatuh ketika jalan mundur. 

Tak Sarapan dan Makan Lebih banyak di Siang Hari, Lebih Efektif Turunkan Berat Badan?

Manfaat Jalan Mundur

1. Meningkatkan Keseimbangan

Jalan kaki mundur melatih sekaligus meningkatkan keseimbangan karena perlunya koordinasi yang baik sehingga dapat melangkah tanpa terjatuh. Pasalnya tidak semua lokasi memiliki permukaan yang rata. Batu kerikil ukuran kecil bahkan bisa menyebabkan kita terjatuh jika tidak memiliki keseimbangan yang baik.

2.  Menguatkan Otot Kaki

Jalan mundur merupakan alternatif latihan untuk menguatkan otot tubuh. Jalan kaki mundur membantu memperkuat otot-otot di seluruh tubuh, khususnya di bagian kaki dan inti tubuh. Fokus latihan dari olahraga jalan mundur adalah area paha depan, paha belakang, dan betis secara lebih intens daripada jalan kaki biasa. Hal ini membantu membangun kekuatan otot tubuh bagian bawah. 

Ilustrasi Jalan Kaki

Photo :
  • Freepik

3. Meningkatkan Koordinasi Tubuh dan Pikiran

Jalan mundur "memaksa" otak untuk fokus terhadap setiap langkah. Hal ini meningkatkan kesadaran otak untuk melatih koordinasi otak dan tubuh jadi lebih baik. Jika dilakukan secara terus menerus dapat meningkatkan koordinasi otak dan kaki jadi lebih baik. 

4. Mengurangi Sakit Punggung

Berjalan mundur dapat meredakan nyeri punggung karena efeknya mampu memperbaiki postur tubuh. Di mana latihan ini akan memperkuat otot-otot yang menyokong tulang belakang. Hal ini memberikan dampak kesejajaran tubuh dan mengurangi ketegangan pada punggung bagian bawah.

5. Membakar Kalori Lebih Banyak

Berjalan mundur dapat membantu membakar lebih banyak kalori per menit dibandingkan dengan jalan cepat. Hal itu karena aktivitas jalan mundur memerlukan usaha lebih untuk menyelaraskan setiap langkah serta konsentrasi penuh. Sehingga jika dilakukan secara rutin, olahraga unik ini dapat membantu untuk menurunkan berat badan lebih cepat.

6. Mengurangi Risiko Nyeri Lutut

Salah satu konsekuensi olahraga adalah timbulnya rasa nyeri di bagian lutut. Sementara jalan mundur dapat mengurangi tekanan pada bagian dalam lutut yang memburuk karena intensitas aktivitas berlebih atau kesalahan dalam melakukan gerakan olahraga. Sehingga jalan mundur dapat berguna bagi penderita gangguan sendi dan lutut untuk memperbaiki kondisi lebih baik. Namun, harus tetap hati-hati ya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya