4 Alasan Chia Seed Ampuh untuk Menurunkan Berat Badan, Intip Resepnya!

Chia seed/biji chia.
Sumber :
  • Freepik/azerbaijan_stockers

VIVA – Chia seed telah lama dikenal sebagai salah satu superfood yang efektif dalam menurunkan berat badan. Memiliki kandungan nutrisi yang tinggi, chia seed punya cara unik untuk mengendalikan nafsu makan.

10 Manfaat Buah Delima untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Tidak heran bila chia seed menjadi pilihan populer bagi mereka yang ingin mencapai berat badan ideal. Scroll untuk info lebih lanjut, yuk!

Melansir dari Times of India, meminum  segelas air rendaman chia seed di pagi hari akan membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Ini juga berkontribusi mengurangi nafsu makan dan membantu dalam penurunan berat badan.

Manfaat Jalan Kaki 10 Ribu Langkah Per Hari, Berat Badan Turun

Jika kamu merasa kenyang lebih lama, maka itu dapat mengurangi asupan kalori, yang dapat berkontribusi pada penurunan berat badan, termasuk penurunan lemak di area perut. Artinya, selain menurunkan berat badan, mengonsumsi chia seed juga berguna untuk membuat perut lebih rata dan ramping.

Alasan Chia Seed Bagus untuk Menurunkan Berat Badan 

Terpopuler: 5 Cara Gampang Kikis 300 Kalori Per Hari, Ciri-ciri Orang Punya Kecerdasan Emosional

Ilustrasi menurunkan berat badan.

Photo :
  • Pixabay/publicdomainpictures


1. Kandungan Serat Tinggi

Chia seed mengandung serat larut yang tinggi. Serat ini penting karena dapat membantu mengontrol nafsu makan dengan memberi rasa kenyang lebih lama. Ketika chia seed terendam dalam air, mereka membentuk lapisan gel yang dapat memperlambat pencernaan dan penyerapan karbohidrat. 

Hal ini membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil, mencegah lonjakan gula darah yang dapat menyebabkan rasa lapar mendadak.

2. Omega-3

Chia seed merupakan salah satu sumber nabati terbaik dari omega-3, asam lemak sehat, seperti asam alfa-linolenat (ALA). Omega-3 dikenal memiliki banyak manfaat untuk kesehatan jantung, mengurangi peradangan dalam tubuh, dan mendukung fungsi otak yang baik. 

Meskipun kontribusinya dari chia seed kecil dalam satu porsi, tetapi setiap tambahan omega-3 ke dalam diet dapat memberi manfaat tambahan.

3. Kandungan Nutrisi

Selain serat dan omega-3, chia seed juga kaya akan nutrisi penting lainnya. Ini termasuk protein, kalsium, fosfor, magnesium, dan sejumlah vitamin. Meskipun porsi yang diminum dalam air chia seed mungkin kecil, nutrisi tambahan ini dapat mendukung kesehatan secara keseluruhan dan membantu memenuhi kebutuhan harian kamu.

4. Gantikan Camilan yang Tidak Sehat

Air rendama dari chia seed ini bisa menjadi alternatif yang sehat untuk mengganti camilan tidak sehat atau minuman tinggi gula. Menggantikan minuman berkalori tinggi atau camilan manis dengan minuman ini dapat membantu mengurangi asupan kalori harian kamu, terutama jika kamu memilih untuk memasukkan minuman ini ke dalam diet penurunan berat badan.

Resep Ramuan dari Chia Seed

Bahan: 
  - 2 sendok makan chia seed
  - 250 ml air (atau lebih, sesuai preferensi ketebalan)

Langkah-langkah

1. Campurkan chia seed dengan air dalam gelas atau mangkuk kecil.

2. Aduk rata menggunakan sendok atau pengaduk kecil untuk memastikan chia seed tersebar merata dalam air.

3. Biarkan campuran ini larut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk kembali. Chia seed akan mulai menyerap air dan membentuk lapisan gelatinosa di sekitar biji-biji tersebut.

4. Setelah chia seed mengembang dan membentuk tekstur gel yang kental, minuman siap untuk diminum. 

Selamat mencoba!

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya