4 Makanan Manis Ini Ternyata Bisa Bantu Turunkan Berat Badan, Cocok Buat Jadi Camilan

ilustrasi perut rata, perut buncit, diet
Sumber :
  • Pixabay/ Public Domain Pictures

VIVA Lifestyle – Kata siapa makanan manis tidak bisa membantu menurunkan berat badan? Buktinya, daftar makanan manis di bawah ini dapat dimasukkan ke dalam diet penurunan berat badan kamu, lho! Apa saja?

Body Contouring Lagi Tren, Benarkah Bisa Turunkan Berat Badan secara Instan?

Makanan-makanan manis itu adalah buah. Ya, ada beberapa buah-buahan bercitarasa manis dan segar yang dianggap kurang baik untuk program diet karena mengandung gula.

Padahal, buah-buahan ini mengandung gula alami yang masih aman dikonsumsi saat kamu sedang diet menurunkan berat badan. Sebab, buah-buahan ini juga mengandung nutrisi-nutrisi yang bermanfaat untuk program diet kamu.

Intip 5 Cara Gampang Kikis 300 Kalori Per Hari, Bisa Turunkan Berat Badan Dalam Waktu Singkat

Melansir dari Eating Well, serat dalam buah membantu mencegah lonjakan gula darah usai mengonsumsi gula rafinasi dalam jumlah yang setara. Ketika gula darah seimbang, tubuh dapat mengakses dan membakar lemak yang tersimpan dengan lebih efisien, tambahnya. 

Peneliti juga telah mengungkapkan bahwa asupan serat mendorong penurunan berat badan pada orang dewasa yang kelebihan berat badan atau obesitas. Berikut daftar buah-buahan manis dan segar yang bisa membantu kamu menurunkan berat badan.

Diet Ini Janjikan Penuruna BB hingga 4,5 Kg dalam Sepekan

Buah-buahan Menurunkan Berat Badan

Buah mangga.

Photo :
  • Pixabay


1. Mangga

Mangga mengandung serat larut yang membantu mengontrol nafsu makan dan menjaga perut kenyang lebih lama. Serat juga membantu dalam pencernaan yang sehat. Selain itu, mangga kaya akan vitamin C, yang tidak hanya penting untuk sistem kekebalan tubuh tetapi juga untuk metabolisme yang lebih efisien.

2. Anggur

Anggur memiliki kandungan air yang tinggi, sehingga memberikan sensasi kenyang tanpa menambah banyak kalori dalam diet. Buah anggur juga mengandung antioksidan, seperti flavonoid dan resveratrol, yang tidak hanya mendukung kesehatan jantung tetapi juga membantu meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Nanas

Nanas adalah buah yang rendah kalori dan tinggi serat. Ini membuat nanas  ideal sebagai camilan untuk mengatur nafsu makan dan memberikan rasa kenyang tanpa menambah berat badan. Enzim bromelain dalam nanas membantu memecah protein dan memperlancar pencernaan, yang dapat mendukung proses metabolisme.

4. Alpukat

Alpukat mengandung lemak sehat, terutama asam lemak tak jenuh tunggal (monounsaturated fat), yang membantu mengurangi rasa lapar dan memberikan energi yang stabil. Kandungan serat alpukat membantu menjaga perut kenyang lebih lama dan mendukung pencernaan yang sehat.

Selain itu, alpukat kaya akan vitamin seperti vitamin K, E, dan B6, serta mineral seperti kalium, yang mendukung fungsi otot dan keseimbangan elektrolit.

Memasukkan mangga, anggur, nanas, dan alpukat dalam pola makan seimbang dapat membantu kamu dalam program penurunan berat badan dengan cara yang sehat, mengontrol nafsu makan, meningkatkan metabolisme, dan menyediakan nutrisi penting bagi tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya