6 Sayuran Sumber Vitamin U untuk Bantu Jaga Kesehatan Hingga Otak Cerdas

Ilustrasi sayuran
Sumber :
  • Pixabay

VIVA LIFESTYLE – Vitamin U memang belum banyak diketahui oleh banyak orang. Jenis vitamin ini dikenal sebagai S-methylmethionine (SMM), yakni senyawa turunan asam amino metionin yang memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

8 Sayuran Mampu Tingkatkan Kesehatan Mata Secara Alami

Sebenarnya tubuh dapat memproduksi vitamin U secara mandiri sehingga tidak dikategorikan sebagai vitamin esensial. Namun, dengan mengonsumsi  mengonsumsi makanan kaya vitamin U dapat membantu meningkatkan kadarnya dalam tubuh dan memaksimalkan manfaat terhadap kesehatan.

Fungsi vitamin U adalah menjaga kesehatan sistem pencernaan dan mengatasi gangguan pencernaan. Mulai dari peradangan, kembung, hingga keasaman. Di samping itu, vitamin U mampu menaikkan kemampuan berpikir sehingga otak cerdas. 

Tips Jitu Menurunkan Berat Badan dengan Cepat dan Sehat

Mengutip Times of India dan Medicine Net, berikut beberapa sayuran yang menjadi sumber alami vitamin U. Simak ulasannya!

Sayur kol

Photo :
  • Pixabay/kalhh
10 Manfaat Susu Kedelai untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

1. Kubis

Kubis merupakan sumber vitamin U terbaik. Sayuran ini mengandung SMM dalam jumlah tinggi, kaya serat, vitamin C, dan beberapa antioksidan lainnya. Konsumsi kubis secara teratur dapat membantu meningkatkan kesehatan pencernaan, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

2. Kangkung

Di dalam sayuran hijau ini ditemukan kandungan vitamin U yang cukup melimpah. Kangkung juga mengandung vitamin A, vitamin C, zat besi, dan kalsium. Kangkung memiliki khasiat membantu meningkatkan kesehatan mata, memperkuat tulang dan gigi, dan mencegah anemia.

3. Kembang Kol

Sayuran yang tergolong keluarga kubis-kubisan ini kaya vitamin U, vitamin C, vitamin K, serat, dan folat.  Kembang kol mempunyai sifat anti-inflamasi dan antioksidan sehingga mengurangi risiko kanker, penyakit jantung, dan penyakit kronis lainnya.

Asparagus.

Photo :
  • Pixabay/Pezibear

4. Asparagus

Asparagus mengandung vitamin U, vitamin K, folat, dan kalium. Asparagus memiliki sifat diuretik yang membantu mengeluarkan racun dari tubuh dan meningkatkan kesehatan ginjal. Sifat anti inflamasi di dalam asparagus berkhasiat meredakan peradangan dan nyeri sendi.

5. Seledri

Sebagai sayuran yang sering digunakan sebagai pelengkap masakan, seledri mempunyai kandungan sumber vitamin U. Sayuran hijau ini juga memiliki senyawa  vitamin C, vitamin K, dan folat. Sifat antioksidan pada seledri membantu melindungi tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas.

6. Lobak

Vitamin U dalam lobak bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membantu detoksifikasi tubuh. Selain vitamin U, lobak juga kaya akan vitamin C, folat, kalium, dan serat yang penting untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Vitamin U menyimpan banyak manfaat bagi kesehatan. Sumbernya pun sangat mudah ditemui dan harganya relatif murah. Perlu diingat untuk menyeimbangkan asupan gizi yang lain agar tetap seimbang, ya. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya