Menguak Khasiat Jus Bawang Merah untuk Rambut Lebih Lebat dan Sehat, Berani Coba?

Ilustrasi rambut rontok
Sumber :
  • Pixabay/ slavoljubovski

VIVA Lifestyle – Memiliki masalah kerontokan dan penipisan rambut seiring bertambahnya usia, memang cukup membuat stres. Terkait masalah itu, jus bawang merah disebut-sebut dapat menjadi solusi alami mempercepat pertumbuhan rambut. Kok bisa?

BPS Catat Deflasi Juni 2024 Capai 0,08 Persen, Didorong Bawang Merah-Daging Ayam

Melansir dari Times of India, jus atau ekstrak bawang merah mengandung sulfur, mineral yang berperan penting dalam kesehatan rambut. Scroll untuk baca info lengkapnya, yuk!

Sulfur ditemukan dalam asam amino, yang merupakan bahan penyusun protein, termasuk keratin, komponen utama rambut. Selain itu, kandungan sulfur yang lebih tinggi juga meningkatkan kekuatan dan elastisitas rambut.

Mengenal Manfaat Rosemary Oil untuk Kesehatan Rambut, Bisa Cegah Uban?

Khasiat Jus Bawang Merah untuk Rambut

Perawatan rambut.

Photo :
  • http://www.jadimodel.biz
Harga Pangan 25 Juni 2024: Bawang hingga Daging Sapi Turun


1. Kandungan sulfur

Bawang merah mengandung sulfur yang tinggi, mineral penting yang membantu meningkatkan sirkulasi darah ke kulit kepala. Ini dapat membantu menyuplai nutrisi ke folikel rambut dan merangsang pertumbuhan rambut.

2. Mengandung antioksidan

Bawang merah mengandung antioksidan seperti flavonoid yang membantu melawan kerusakan radikal bebas. Ini membantu menjaga kesehatan sel-sel kulit kepala dan mencegah kerontokan rambut yang disebabkan oleh kerusakan.

3. Mengandung vitamin

Bawang merah mengandung vitamin C, B kompleks (seperti B6 dan folat), serta vitamin E. Vitamin-vitamin ini penting untuk kesehatan rambut karena membantu dalam produksi kolagen, penyerapan zat besi, dan memperbaiki kerusakan sel-sel kulit kepala.

4. Efek anti-jamur

Bawang merah memiliki sifat anti-jamur dan anti-bakteri, yang dapat membantu membersihkan kulit kepala dari infeksi dan menjaga keseimbangan mikroba yang sehat, yang penting untuk pertumbuhan rambut yang baik.

Cara Memakai Jus Bawang Merah

Cara memanfaatkan khasiat jus bawang merah ini adalah dengan mengupas dan memotong bawang. Kemudian, haluskan menggunakan blender atau juicer dan saring untuk mengekstrak sarinya.

Kamu juga bisa mengencerkan jus bawang merah dengan sedikit air dan beberapa tetes minyak esensial untuk mengurangi baunya. Setelah itu, kamu dapat mengoleskannya ke kulit kepala menggunakan kapas atau jari. 

Pijat lembut kulit kepala selama beberapa menit untuk memastikan ramuan tadi menyerap ke folikel rambut dan menstimulasi aliran darah. Diamkan selama 30 menit, lalu bilas dan keramas.

Agar mendapatkan hasil yang optimal, oleskan jus bawang merah ke kulit kepala sebanyak 2-3 kali seminggu. Namun, bila kulit kamu sensitif atau ada masalah pada kulit kepala, sebaiknya konsultasikan dengan dokter sebelum mencoba trik ini.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya