Body Contouring untuk Atasi Perut Buncit, Apakah Bisa Bikin Langsing?

Ilustrasi perut rata.
Sumber :
  • Pixabay

JAKARTAPerut buncit sering kali membuat orang jadi tidak percaya diri. Pasalnya, perut jadi nampak lebih menonjol hingga menyulitkan kesesuaian ukuran pakaian untuk dikenakan sehari-hari. Bukan hanya dari segi estetika tubuh, perut yang buncit juga tidak baik bagi kesehatan. Misalnya, perut buncit dapat menyebabkan sakit pinggang dan nyeri di tulang belakang akibat lemak yang berlebihan di bagian perut.

Mengenal Khasiat Jintan untuk Menurunkan Berat Badan dan Bikin Langsing, Ampuh Atau Cuma Mitos?

Orang dengan perut buncit berisiko mengalami kelainan tulang belakang karena posisinya membungkuk tidak bisa menahan beban isi perut akibat otot perutnya yang lemah. Alhasil, orang dengan perut yang buncit jadi susah beraktivitas dan menurunkan produktivitas. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

"Ketika perut membuncit, maka tulang belakang akan membengkok. Apalagi sekarang ada kursi-kursi yang enak ya, seperti kursi gaming, kursi kantor yang bisa senderan, sebenarnya itu tidak memperbaiki postur tubuh malah mencederai kita di masa depan dengan mengubah bentuk tulang," jelas Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik, dr. Qori Haly, Sp.BP-RE, dalam media briefing di Klinik Utama DR Indrajana, Jakarta, Kamis 27 Juni 2024.

Pesona Prilly Latuconsina Pakai Kebaya, Makin Langsing Usai Turun Berat Badan 10 Kilogram

Ilustrasi perut buncit

Photo :
  • Freepik

Mengatasi perut buncit bisa dilakukan dengan tindakan body contouring berupa liposuction atau yang dikenal dengan prosedur sedot lemak. Tindakan ini dilakukan untuk mengurangi lapisan lemak di bawah kulit, aplikasi untuk mengencangkan otot di bagian perut dan bokong, serta membuang kulit yang berlebih. Alhasil, nantinya bentuk tubuh akan semakin kencang terutama di area-area yang rentang mengalami kelebihan lemak seperti area perut, leher, lengan atas, dada, bokong, dan paha.

Ungkap Rahasia Kulit Awet Muda Lewat Sarang Burung Walet

Body contouring sendiri bertujuan untuk membentuk tubuh menjadi sesuai yang diinginkan atau bentuknya jadi lebih harmonis. Tindakan ini dapat membantu membentuk tubuh dan mengatasi area tertentu di mana penurunan berat badan tidak efektif atau setelah penurunan berat badan yang signifikan menghasilkan kulit berlebih.

Dalam prosesnya, lemak di area perut akan diambil dan otot-otot di sekitarnya akan dibuat mengencang. Setelah mengurangi volume isi perut dan lapisan lemak serta pengencangan otot, maka postur tubuh dan berangsur kembali tegak hingga dapat mengurangi rasa nyeri di bagian tulang belakang.

Meskipun perut buncit bisa diatasi dengan cara liposuction, penerapan gaya hidup juga harus diperhatikan setelah melakukan tindakan tersebut. Sebab, lemak yang diambil hanyalah pada bagian lapisan kulit bukan lemak di rongga-rongga organ dalam perut. Jika gaya hidup tidak terjaga, maka akan menimbulkan risiko perut membuncit kembali.

"Operasi bukan hasil akhir, ini adalah tahap awal hidup sehat. Kalau nggak dijaga ya kembali lagi kondisi sebelumnya. Kebiasaan makan, pola hidup, harus diubah jadi lebih sehat salah satunya dengan olahraga," terang Dokter Qori.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya