Hari Bidan Nasional, Punya Peran Penting Turunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi

Perkumpulan bidan. Foto ilustrasi.
Sumber :
  • VIVA.co.id/Muhamad Solihin

SURABAYA – Peran dan keberadaan bidan sangat erat dengan masyarakat di Indonesia. Bulan Juni dikenal sebagai bulannya para bidan, sesuai dengan peringatan hari jadi Ikatan Bidan Indonesia (IBI) yang jatuh setiap 24 Juni. 

UNRWA Sebut 10 Anak Palestina per Hari Kehilangan Kedua Kakinya

Bidan, dengan keahlian dan dedikasinya, memainkan peran krusial dalam sistem kesehatan Indonesia, khususnya dalam kaitannya dengan kesehatan ibu dan anak. Keberadaan mereka tak hanya erat dengan masyarakat, tetapi juga menjadi pilar penting dalam pencapaian tujuan pembangunan kesehatan nasional. Scroll untuk info lengkapnya, yuk!

Bulan Juni, yang diwarnai dengan peringatan Hari Ulang Tahun Ikatan Bidan Indonesia (IBI) pada tanggal 24 Juni, menjadi momen tepat untuk kembali memahami dan mengapresiasi peran penting bidan dalam mewujudkan Indonesia yang lebih sehat. Berikut beberapa peran penting bidan di Indonesia. 

Vitamin Penting untuk Tumbuh Kembang Anak, Ini Rekomendasinya

Kehamilan, Persalinan, dan Nifas
Bidan memberikan pelayanan kesehatan yang komprehensif bagi ibu hamil, termasuk pemeriksaan kehamilan, edukasi tentang persiapan persalinan, pendampingan saat proses persalinan normal, dan perawatan pasca persalinan.

Dugaan Polisi Ada Jaringan di Balik Kasus 2 Ibu Disuruh Lecehkan Anaknya

Kesehatan Bayi dan Anak
Bidan berperan dalam memantau tumbuh kembang bayi dan anak, memberikan imunisasi, serta memberikan konseling dan edukasi kepada orang tua tentang kesehatan anak.

Kesehatan Reproduksi
Bidan memberikan layanan konseling dan edukasi tentang kesehatan reproduksi, termasuk pencegahan infeksi menular seksual, Keluarga Berencana (KB), dan skrining kanker serviks.

Penyuluhan Kesehatan
Bidan aktif dalam melakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang berbagai topik kesehatan, seperti pentingnya menjaga kebersihan diri dan lingkungan, pola makan sehat, dan pencegahan penyakit.

Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi
Bidan memiliki peran kunci dalam upaya penurunan angka kematian ibu dan bayi, melalui deteksi dini komplikasi kehamilan dan persalinan, serta pemberian edukasi dan pendampingan kepada ibu hamil dan bayi baru lahir.

Mengingat pentingnya peran para bidan, Ganesya W. Pradana sebagai CEO J99 Corp., memberikan apresiasi setinggi-tingginya kepada seluruh bidan atas peran penting mereka selama ini terhadap kesehatan dan keselamatan ibu dan anak. 

"Kami sadar bahwa pekerjaan seorang bidan tidaklah mudah. Oleh karena itu, sejalan dengan nilai tanggung jawab yang menjadi salah satu nilai luhur perusahaan, kami berpendapat bahwa kami juga turut bertanggung jawab untuk mendukung seluruh tenaga kesehatan agar bisa memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Apresiasi yang kami berikan untuk para bidan merupakan produk dan layanan unggulan yang dimiliki MS Glow Aesthetic Clinic, khususnya cabang Surabaya," ujar Ganesya dalam keterangannya, dikutip Rabu 26 Juni 2024. 

Salah satu apresiasi yang diberikan adalah dengan memberikan treatment infuse immune booster.

“Kami menyadari bahwa kesehatan dan kondisi tubuh yang prima sangat penting bagi para bidan, terutama dengan tanggung jawab pekerjaan mereka yang harus selalu siap sedia turun ke lapangan kapan pun dibutuhkan dan dalam kondisi cuaca apa pun," kata dokter Aninda Perdana, General Manager MS Glow Aesthetic Clinic.

"Oleh karena itu, dengan pemberian treatment ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kerja sistem imun tubuh mereka sehingga dapat bekerja dengan lebih maksimal, mampu memberikan pelayanan terbaiknya untuk kesehatan dan keselamatan ibu dan anak. Ditambah lagi, kandungan multivitamin di dalamnya juga memberikan tambahan manfaat yaitu mencerahkan kulit dari dalam,” tambahnya. 

Mereka juga menggelar berbagai program untuk merayakan Hari Bidan Nasional ke-73 tahun ini. Selain memberikan treatment infuse immune booster untuk beberapa pengurus IBI terpilih, MS Glow Aesthetic Clinic cabang Surabaya juga memberikan paket perawatan wajah dan konsultasi gratis.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya