Mengenal Khasiat Jintan untuk Menurunkan Berat Badan dan Bikin Langsing, Ampuh Atau Cuma Mitos?

Jintan
Sumber :
  • pixabay/ Amatus Sami Tahera

VIVA Lifestyle – Jintan merupakan rempah-rempah yang sering digunakan sebagai bumbu masakan. Namun, selain menjadi penambah rasa, jintan rupanya juga mempunyai khasiat lain yang banyak dicari orang, yaitu menurunkan berat badan. Benarkah?

Bisakah Menurunkan Berat Badan 20 Kilogram Dalam Waktu Singkat? Yuk Simak 5 Caranya!

Sebagaimana diketahui, jintan atau jinten adalah salah satu jenis rempah-rempah yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional. Yuk scroll untuk baca info lengkapnya!

Beberapa khasiat jintan untuk kesehatan di antaranya membantu pencernaan, hingga meredakan perut kembung. Biasanya, jintan dapat dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai bahan dalam ramuan obat tradisional untuk mengatasi masalah-masalah tersebut.

Olahraga Ini yang Bikin Marshanda Sukses Turunkan Berat Badan hingga 14 Kg

Lalu, apakah bisa digunakan untuk menurunkan berat badan? 

Melansir dari Healthline, jintan merupakan rempah-rempah untuk meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu mengurangi kadar gula darah. Studi menunjukkan bahwa mengonsumsi jintan bubuk membantu beberapa orang dalam menurunkan berat badan.

Terpopuler: 7 Minuman Ampuh Hancurkan Lemak di Tubuh, Tenis dan Fashion Bersatu dalam Sepatu

Ilustrasi menurunkan berat badan.

Photo :
  • Pixabay/publicdomainpictures

Hal ini karena jintan mengandung thymoquinone. Kandungan ini dapat melawan radikal bebas dan membantu tubuh membersihkan diri dari racun. Jintan juga membantu sel-sel tubuh merespons insulin dan glukosa, sehingga menjaga agar kadar gula darah tetap stabil.

Seiring waktu, efek jintan yang diiringi dengan diet sehat dan olahraga dapat mengurangi penumpukan lemak dan peradangan dalam tubuh. Ketika semuanya bekerja sama, kamu mungkin akan melihat bahwa gejala seperti kembung, pembengkakan, dan kelelahan berkurang usai kamu mengonsumsi jintan.

Penelitian juga mendukung gagasan bahwa jintan dapat membantu menurunkan berat badan. Meski begitu, masih memerlukan lebih banyak studi untuk sampai pada kesimpulan yang pasti tentang seberapa efektifnya jintan untuk menurunkan berat badan.

Bagaimana cara mengonsumsinya?

Untuk memanfaatkan jintan dalam menurunkan berat badan, kamu bisa mencoba membuat air jintan. Coba buat sendiri minuman jintan dengan cara merendam dua sendok teh biji jintan dalam 1,5 liter air mendidih.

Kemudian, saring bijinya dan minum air yang telah terinfus dengan minyak dan ekstrak sehat dari jintan.

Air jintan ini dapat membantu mempercepat metabolisme dan membantu menjaga keseimbangan gula darah.

Meski begitu, penting untuk diingat bahwa hasil dan keefektifannya dapat bervariasi antar individu. Selain itu, konsultasi dengan profesional kesehatan sebelum mengambil keputusan mengenai penggunaan jintan atau produk herbal lainnya sangat disarankan, terutama jika memiliki kondisi kesehatan tertentu atau sedang mengonsumsi obat-obatan lain.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya