7 Khasiat Jus Wortel untuk Kesehatan, Mitos atau Fakta Bisa Sembuhkan Mata Minus?

Jus wortel
Sumber :
  • Pixabay/Couleur

VIVA Lifestyle – Jus wortel tidak hanya minuman menyegarkan dan enak dikonsumsi di siang hari yang terik. Memiliki ragam nutrisi, minuman berwarna oranye ini juga mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, terutama untuk mata dan kulit.

Intip 7 Jus Ampuh Menurunkan Kolesterol, Cocok Diminum Usai Konsumsi Daging

Hal ini karena wortel kaya akan beta-karoten dan vitamin A. Penasaran? Yuk scroll untuk info lengkapnya!

Melansir dari WebMD, satu gelas jus wortel seberat 8 ons mengandung sekitar 800 persen asupan vitamin A harian yang direkomendasikan dan sekitar 16 mg beta-karoten. Jumlah ini tentunya lebih dari cukup untuk memenuhi kebutuhan harian kamu.

Asri Welas Menangis Ceritakan Kondisi Terkini Anak Kedua yang Alami Katarak Kongenital

Selain itu, jus wortel juga mengandung vitamin K, E, B6, hingga lutein, kalium, niasin, dan ragam nutrisi lainnya yang bermanfaat bagi kesehatan. Tidak heran bila mengonsumsi jus wortel secara rutin dapat bermanfaat bagi kesehatan secara keseluruhan.

Khasiat Jus Wortel

Lindungi Mata Si Kecil dari Bahaya Screen Time: Tips Istirahat Mata yang Tepat!

Ilustrasi wortel.

Photo :
  • Pixabay/ahik

Berikut penjelasan lebih lanjut tentang khasiat jus wortel untuk kesehatan:

1. Sumber Vitamin A

Jus wortel mengandung beta-karoten yang dapat diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Vitamin A sangat penting untuk kesehatan mata, terutama untuk menjaga retina dan mempertahankan penglihatan yang baik.

2. Kesehatan Mata

Seperti disebutkan tadi, beta-karoten dalam jus wortel membantu melindungi mata dari radikal bebas yang dapat merusak sel-sel mata. Ini dapat mengurangi risiko penyakit mata degeneratif seperti katarak dan degenerasi makula.

3. Antioksidan Tinggi

Jus wortel mengandung berbagai jenis antioksidan, termasuk beta-karoten, lutein, dan zeaxanthin. Antioksidan ini membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan mempercepat penuaan.

4. Meningkatkan Kesehatan Kulit

Beta-karoten juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit. Nutrisi ini dapat meningkatkan produksi sel-sel kulit baru, memberikan perlindungan dari sinar UV, serta memberikan warna kulit yang lebih sehat.

5. Bagus untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Vitamin A dalam jus wortel mendukung fungsi sistem kekebalan tubuh dengan mempertahankan integritas selaput lendir dan epitel, yang merupakan barisan pertama pertahanan tubuh terhadap patogen.

6. Meningkatkan Kesehatan Jantung

Serat yang terkandung dalam jus wortel membantu menurunkan kolesterol LDL (kolesterol jahat), yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung. Selain itu, kandungan potassium dalam jus wortel membantu menjaga tekanan darah normal.

7. Hidrasi dan Nutrisi

Jus wortel mengandung air dalam jumlah tinggi, yang membantu menjaga tubuh terhidrasi dengan baik. Selain itu, jus wortel juga mengandung elektrolit alami seperti potassium, yang mendukung keseimbangan cairan dalam tubuh.

Bisa Sembuhkan Mata Minus?

Mata minus.

Photo :
  • VIVA/Dian Lestari Ningsih

Jus wortel memiliki nutrisi penting seperti beta-karoten (provitamin A), yang penting untuk kesehatan mata. Namun, tidak ada bukti ilmiah yang menunjukkan bahwa jus wortel secara langsung dapat mengurangi tingkat minus mata atau miopia.

Minus mata atau miopia ini umumnya disebabkan oleh faktor genetik dan lingkungan, seperti bentuk fisik mata yang panjang atau kornea yang terlalu lengkung. Meskipun konsumsi nutrisi yang tepat penting untuk kesehatan mata secara umum, penanganan langsung terhadap masalah refraksi seperti miopia biasanya memerlukan koreksi dengan kacamata, lensa kontak, atau prosedur operasi koreksi penglihatan seperti LASIK.

Jadi, meskipun jus wortel baik untuk kesehatan mata, tetapi tidak dapat diklaim secara langsung sebagai pengobatan atau pengurang minus mata. Lebih baik untuk berkonsultasi dengan dokter mata untuk penanganan yang tepat terkait masalah mata minus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya