Mendukung Pelayanan Pasien, Kongres UAA 2024 akan Digelar di Bali

Kongres Urological Association of Asia (UAA) 2024
Sumber :
  • Istimewa

JAKARTA  – Indonesia akan menjadi tuan rumah Kongres Urological Association of Asia (UAA) 2024 ke-21 yang akan berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) pada 5 hingga 8 September 2024. 

Menguak Manfaat Buah Sawo yang Lezat untuk Kesehatan Tubuh

Mengangkat tema "Integrating Urological Frontiers: Transformative Innovation Meets Global Collaboration", kongres ini bertujuan untuk mempromosikan bidang urologi di Asia dan meningkatkan pelayanan bagi pasien penyakit urologi, khususnya di wilayah Asia.

Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K), PhD

Photo :
  • Istimewa
Tak Perlu Bingung Cari Tempat Kuliner Seafood dengan Pesona Sunset, Pantai Jimbaran Pusatnya

Chairman Local Organizing Committee UAA, Prof. dr. Ponco Birowo, SpU(K), PhD, menjelaskan bahwa persiapan matang kongres Urological Association of Asia (UAA) 2024 untuk saat ini sudah mencapai 80%. Ia mengatakan sudah terdapat ribuan delegasi dan ratusan pembicara yang sudah mendaftar untuk dapat mengikuti acara ini.

“Persiapan kongres telah mencapai 80%, termasuk penyediaan tempat dan pembicara. 265 pembicara dari luar negeri telah dikonfirmasi untuk hadir, dan kami optimis target 5.000 delegasi dapat tercapai. Saat ini, 2.083 delegasi telah mendaftar,” ujarnya pada pers konferensi Road to Urological Association of Asia (UAA) Congress 2024 di kawasan Jakarta Selatan pada Rabu, 19 Juni 2024.

Catat, Ini 8 Sayuran yang Ampuh untuk Mengecilkan Perut Buncit

Salah satu daya tarik utama dalam kongres ini adalah demonstrasi bedah telerobotik langsung yang akan menghubungkan tim bedah di Denpasar dengan ahli di Beijing/Shenzhen, sejauh 8.500 km. 

Selain itu, kongres ini akan membahas berbagai topik penting dalam urologi, seperti uro-onkologi, androurologi, urologi rekonstruksi, endourologi, neurourologi, urologi pediatrik, dan urologi wanita.

Ponco Birowo berharap kongres ini dapat meningkatkan reputasi dan kepercayaan Indonesia di bidang urologi di mata dunia.

“Dengan diadakannya kongres ini, banyak pembicara di Indonesia artinya pelatih atau instruktur dari Indonesia. Jadi kita akan lebih dikenal di negara luar bahwa Indonesia juga cukup maju untuk bidang urologinya,” tutup dia.

Selain itu, Wakil Menteri Kesehatan RI, Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., PhD, juga menyatakan dukungan penuh pemerintah terhadap acara ini. Ia menekankan pentingnya pertukaran informasi dan kolaborasi global untuk memajukan bidang urologi.

Prof. dr. Dante Saksono Harbuwono, Sp.PD-KEMD., PhD, Wamenkes RI

Photo :
  • Istimewa

“Kami tentu mendukung UAA dan inovasi-inovasi yang akan dilahirkan dalam bidang urologi ini. Telerobotic surgery menguntungkan untuk mengisi kekurangan dokter spesialis bedah dan menghilangkan hambatan geografis sehingga dapat membantu para dokter bedah dan pasien di daerah terpencil agar dapat memiliki akses ke prosedur bedah terbaru,” jelas Dante.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya