Terkuak Konsumsi Air Jahe Setiap Pagi Efektif Menurunkan Berat Badan, Ini Resepnya

Ilustrasi Air Jahe
Sumber :
  • Pixabay/ condesign

VIVA Lifestyle  – Jahe merupakan bumbu dapur yang sejak berabad-abad lalu dimanfaatkan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai penyakit. Akar tumbuhan dengan aroma khas itu juga kerap dikonsumsi dalam upaya gaya hidup sehat maupun program diet. 

Olahraga Ini yang Bikin Marshanda Sukses Turunkan Berat Badan hingga 14 Kg

Hal itu tak terlepas dari segudang khasiat jahe bagi tubuh yang menyehatkan sekaligus berfungsi sebagai pembakar lemak alami. Zingiber officinale ini mempunyai kandungan senyawa aktif gingerol dan shogaol menunjukkan sifat antioksidan, anti-inflamasi, dan termogenik. Senyawa itu juga yang memberikan rasa dan aroma khas pada jahe. 

Lantas bagaimana cara kerja jahe dalam menurunkan berat badan?

8 Manfaat Tersembunyi Kopi Hitam Tanpa Gula: Rahasia Sehat dan Energik!

Scroll terus untuk penjelasan lengkapnya.

Air lemon dan sari jahe.

Photo :
  • Pixabay/pexels
7 Minuman Ampuh untuk Membantu Menghancurkan Lemak di Tubuh

Mempercepat Proses Metabolisme

Melansir Times of India, berapa penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat memainkan peran penting dalam meningkatkan laju metabolisme.  Dengan begitu tubuh akan membakar kalori lebih efisien bahkan saat istirahat (tidur). Proses inilah yang me

Meningkatkan Produksi Suhu Panas dalam Tubuh

Dalam langkah menurunkan berat badan, jahe berfungsi menghasilkan panas dalam tubuh atau disebut termogenesis. Proses ini mempunyai korelasi dengan jumlah kalori yang terbakar. 

Dengan meningkatkan termogenesis, jahe membantu meningkatkan laju metabolisme sehingga menghasilkan lebih banyak kalori yang dikeluarkan dalam sehari. Praktis berat badan akan turun secara signifikan saat rutin mengonsumsi air jahe di pagi hari.

Ilustrasi perut dan pusar

Photo :
  • Pexels

Mengendalikan Nafsu Makan

Jahe memberikan efek mengenyangkan sehingga membantu mengendalikan nafsu makan. Dengan menahan rasa lapar lebih lama maka otomatis mengurangi asupan makanan ke tubuh. Alhasil, tercapailah penurunan berat badan yang kamu inginkan.

Memperlancar Sistem Pencernaan

Sistem pencernaan yang baik jadi salah satu faktor kesuksesan dalam menurunkan berat badan. Air jahe menghasilkan enzim yang berguna untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Artinya tidak ada penumpukkan lemak atau sisa makanan dalam tubuh. 

Pencernaan yang apik menandakan tubuh meresap nutrisi secara optimal dan mendukung fungsi metabolisme jadi maksimal yang berimbas pada produksi energi. Jadi walau tidak makan banyak tetapi kamu tetap kuat menjalani berbagai aktivitas. 

Menstabilkan Gula Darah 

Jahe telah terbukti meningkatkan sensitivitas insulin dalam mengatur kadar gula darah dalam tubuh. Kadar gula kadar yang stabil mencegah terjadinya lonjakan nafsu makan secara berlebihan yang justru menambah berat badan. 

Resep Ramuan Air Jahe yang Baik Dikonsumsi pada Pagi Hari

Bahan

  • 2-3 inci jahe segar
  • 1 lemon
  • 1-2 sendok teh madu (opsional)

Cara Membuat

  1. Kupas jahe dan potong menjadi ukuran kecil
  2. Gunakan blender atau juicer untuk menghancurkan jahe lalu saring ekstraknya.
  3. Tambahkan perasan lemon sesuai selera ke dalam jus jahe.
  4. Tambahkan madu lalu diaduk sampai merata.
  5. Air jahe siap dikonsumsi di pagi hari melengkapi menu diet.
Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya