Apakah Aman Ibu Hamil Konsumsi Daging Kambing Kurban?

ilustrasi ibu hamil.
Sumber :
  • Pixabay/pexels

VIVA Lifestyle – Ragam sajian daging kambing akan banyak ditemukan selama perayaan Idul Adha. Berbagai olahan seperti sate kambing, sop kambing atau bahkan tongseng daging kambing menjadi menu umum selama sepekan ini.

Terpopuler: 7 Minuman Ampuh Hancurkan Lemak di Tubuh, Tenis dan Fashion Bersatu dalam Sepatu

Tentu saja olahan daging kambing ini menggugah selera. Selain rasanya yang menggugah selera, daging kambing diketahui memiliki beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh.

Beberapa nutrisi tersebut antara lain protein, lemak, dan omega-3. Selain itu, daging hewan pemakan rumput ini juga kaya akan kalsium, zat besi, fosfor, kalium, zat besi, zinc, folat, selenium, serta vitamin B.

Viral Aksi DJ Sunny Wijaya Makan Daging Kambing Mentah Berujung Kecaman Warganet

Namun olahan berbagai daging kambing sendiri apakah aman dikonsumsi ibu hamil? Melansir dari laman NHS, ibu hamil masih tetap bisa mengonsumsi daging kambing.  Namun ibu hamil juga, perlu memerhatikan aturan konsumsi daging kambing. 

Agar Manfaatnya Maksimal, Ini Do's and Don'ts Nutrisi Sebelum dan Sesudah Olahraga Lari

Ibu hamil disarankan untuk memilih daging tanpa lemak, dan cobalah untuk tidak menambahkan lemak atau minyak tambahan saat memasak daging.

Pastikan, olahan daging seperti sosis, bakso dan seluruh potongan daging seperti domba, sapi, dan kambing dimasak hingga matang. Pastikan bahwa tidak ada warna daging merah muda yang menandakan belum matang.

Seperti diketahui daging mentah berisiko tinggi mengandung kuman, seperti salmonella, yang bisa menyebabkan ibu hamil mengalami gangguan pencernaan, infeksi, atau keracunan makanan.

Aturan Konsumsi

Selain itu, ketahui batasan konsumsi daging merah untuk ibu hamil. Konsumsi daging yang dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah 2–3 porsi atau sekitar 75–100 gram per hari. 

Ibu hamil juga disarankan untuk mencuci semua permukaan dan peralatan serta tangan setelah menyiapkan makanan mentah (unggas, daging, telur, ikan, kerang dan sayuran mentah) untuk membantu menghindari keracunan makanan.

Pastikan juga makanan mentah disimpan secara terpisah dari makanan siap saji, jika tidak ada risiko kontaminasi. Serta gunakan pisau dan talenan terpisah untuk daging mentah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya