Menguak Manfaat Daging Kambing dan Domba Muda bagi Kesehatan, Bisa Cegah Kanker Prostat

MAL KAMBING DOMBA UNTUK KURBAN
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA Lifestyle – Manfaat daging anak kambing dan domba bagi kesehatan, ternyata tidak dapat dianggap sepele. Sebab, kandungan atau nilai gizinya, ternyata tidak kalah jika dibandingkan dengan daging kurban pada umumnya seperti sapi dan kambing dewasa.

Terpopuler: Kebiasaan Usap Wajah dan Salaman Usai Salat, Bule Baca Al-Quran 18 Jam

Melansir dari Cohiver, kandungan protein, mineral dan vitamin yang diperoleh tubuh dari daging anak kambing dan domba ini dapat mencegah berbagai penyakit. Yuk scroll untuk baca info lengkapnya!

Daging anak kambing sendiri merujuk pada kambing yang berusia di bawah satu tahun. Secara khusus, anak kambing biasanya adalah kambing yang berusia sekitar enam bulan hingga satu tahun. 

Jadi Salah Satu Prioritas, Begini Cara Shandy Purnamasari Maknai Idul Adha

Selain mempunyai kandungan nutrisi yang bagus untuk kesehatan secara keseluruhan, daging anak kambing juga cenderung lebih lembut, bertekstur halus jika dibandingkan dengan daging kambing dewasa.

Teksturnya yang lembut ini juga membuat daging anak kambing dapat dimasak dengan cepat dan dalam berbagai cara, seperti dipanggang, direbus, atau digoreng. Lalu, daging anak kambing seringkali memiliki rasa yang lebih ringan dan manis, sehingga membuatnya disukai dalam berbagai hidangan kuliner.

Makan Daging Kurban Berlebihan? Waspadai 7 Gejala Kolesterol Tinggi Ini

Manfaat Daging Anak Kambing dan Domba

Ilustrasi daging sapi

Photo :
  • Pixabay

1. Manfaat untuk Sistem Saraf

Nilai gizi daging kambing dan domba muda meningkatkan jumlah vitamin B yang dikonsumsi. Vitamin ini memiliki manfaat langsung bagi otak dan sistem saraf. Vitamin B12, dianggap sebagai ratu dari semua vitamin yang ditemukan dalam daging yang berfungsi untuk membantu metabolisme tubuh, membantu memproduksi sel darah merah dan menjaga sistem saraf pusat.

2. Bagus untuk Sistem Kekebalan Tubuh

Daging anak kambing dan domba memiliki komponen nutrisi seperti zat besi yang memberikan perlindungan penting bagi sistem kekebalan tubuh. Kekurangan zat besi dapat menyebabkan anemia. Zat besi juga bertanggung jawab untuk menjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap waspada dan berfungsi dengan baik.

3. Sumber Mineral Bernilai Gizi Tinggi

Daging anak kambing memiliki nilai gizi yang sama dengan daging domba, namun memiliki beberapa manfaat tambahan yang spesifik. Kandungan lemak daging domba hanya 7 persen, dan porsi per 100 gram mengandung 122 kalori. Selain itu, kandungan mineralnya yang tinggi membantu tubuh berfungsi secara optimal. 

Kalium memberikan energi pada otot, yang ideal untuk olahragawan, dan magnesium membantu menjaga massa otot serta melindungi saraf dan tulang. Fosfor penting untuk tulang dan gigi, serta baik untuk kehamilan. 

Artinya, daging anak kambing dapat menggantikan daging lain yang tidak dianjurkan selama kehamilan. Mineral lain seperti natrium membantu menjaga tekanan darah yang sehat dan sistem pencernaan. Lalu, zinc adalah antioksidan, dan melindungi kulit, rambut, dan kuku.

Daging anak kambing juga mengandung vitamin B dalam jumlah tinggi. Selain vitamin B12 yang disebutkan di atas, daging ini juga kaya akan vitamin B1, yang membantu mengubah karbohidrat menjadi energi dan menjadikannya ideal untuk wanita hamil, anak-anak, dan olahragawan.

4. Bergizi dan Mudah Dicerna

Sementara itu, nilai gizi daging domba hampir sama dengan daging anak kambing. Namun terdapat beberapa perbedaan. Kandungan lemak daging domba adalah 15 persen, dan 100 gramnya mengandung sekitar 225 kalori. Nilai gizi daging domba ini membuatnya mudah dicerna berkat tingginya jumlah treonin, yang meningkatkan metabolisme. Kandungan ini membantu tubuh memetabolisme lemak dan mempermudah pencernaan tubuh.

5. Mencegah Penyakit 

Daging domba kaya akan selenium, yang menjadikannya sumber perlindungan ideal terhadap penyakit seperti asma dan kanker prostat. Meskipun selenium bukan satu-satunya mineral pada daging domba, itu adalah salah satu mineral terpenting selain zat besi.

Itulah manfaat daging anak kambing dan domba. Perlu diingat, sama halnya dengan semua jenis daging, penting untuk mengonsumsi daging anak kambing dan domba dengan jumlah yang sesuai dan memasaknya dengan baik untuk mempertahankan keamanan dan kualitas nutrisinya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya