Hari Tanpa Diet Internasional: Tubuh Sehat dengan 3 Kebiasaan Ini Tanpa Harus Diet

ilustrasi makanan sehat.
Sumber :
  • Pixabay/Pexels

JAKARTA  – Hari Tanpa Diet Internasional diperingati pada setiap tanggal 6 Mei. Peringatan ini menjadi momen penting yang mengingatkan kita untuk merayakan tubuh kita dan mempromosikan kesehatan tanpa harus bergantung pada diet yang membatasi. 

Clean Eating Pola Diet Prilly Latuconsina, Bikin Badan Langsing Turun 12 Kg

Seiring dengan meningkatnya kesadaran akan pentingnya body positivity dan kesehatan holistik, lebih banyak orang menyadari bahwa menciptakan kebiasaan sehat sehari-hari jauh lebih bermakna dan berkelanjutan daripada mengikuti diet yang ketat dan seringkali tidak efektif dalam jangka panjang. Scroll ke bawah untuk simak artikel selengkapnya. 

Mengapa Hari Tanpa Diet Penting?

Potret Gereja di Gaza 'Disulap' Jadi RS Karena Kekurangan Fasilitas Medis

Ilustrasi diet.

Photo :
  • Pexels/rawpixel.com

Dengan diperingatinya Hari Tanpa Diet Internasional, memberikan kesempatan bagi masyarakat untuk memeriksa ulang pandangan mereka tentang kecantikan dan kesehatan. Terlalu sering, kita terjebak dalam budaya diet yang mempromosikan standar kecantikan yang tidak realistis dan membuat banyak orang merasa tidak puas dengan tubuh mereka sendiri. 

Berat Badannya 37 Kg, Prilly Latuconsina Dikritik karena Terlalu Kurus: Aku Nyaman dan Sehat

Dalam hari ini mengajak kita untuk merayakan keunikan dan kecantikan setiap bentuk tubuh, serta menggeser fokus dari penurunan berat badan ke kesejahteraan kesehatan tubuh secara menyeluruh. 

Tiga Kebiasaan Sehat yang Bisa Dilakukan Setiap Hari

Ilustrasi sedang makanan.

Photo :
  • Pexels/Rachel Claire

1. Makan dengan Kesadaran

Makan dengan kesadaran adalah tentang memperlakukan makanan sebagai pengalaman yang menggembirakan dan bermakna. Alih-alih mengonsumsi makanan secara otomatis atau makan dalam kondisi terburu-buru, luangkan waktu untuk menikmati setiap suap dengan penuh kesadaran. 

Dengarkan sinyal lapar dan kenyang tubuhmu, nikmati rasa makanan, dan pilih makanan yang memberi nutrisi penting bagi tubuh. Makan dengan kesadaran membantu mencegah makan berlebihan dan memperkuat hubungan kamu dengan makanan.

2. Aktivitas Fisik yang Menyenangkan

Tidak perlu menjadi seorang atlet untuk tetap aktif. Temukan jenis aktivitas fisik yang kamu nikmati, seperti berjalan-jalan, menari, berkebun, atau bermain olahraga. Lakukan aktivitas ini secara teratur, idealnya setidaknya 30 menit setiap hari. Aktivitas fisik tidak hanya membantu menjaga berat badan yang sehat, tetapi juga meningkatkan suasana hati, mengurangi stres, dan meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.

3. Praktik Cinta Diri

Merangkul tubuh kamu dan perlakukan diri dengan kasih sayang dan penghargaan. Fokuslah pada apa yang kamu cintai dari tubuh dan apresiasi akan kemampuannya daripada terobsesi dengan penampilannya. 

Hindari perbandingan dengan orang lain dan sadari bahwa setiap orang unik dan berharga dengan caranya sendiri. Jaga kesehatan mental dengan mengelola stres, tidur yang cukup, dan melakukan kegiatan yang membawa kebahagiaan.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya