Tes Sederhana Ini Bisa Menentukan Seberapa Sehat Jantung Anda

Ilustrasi serangan jantung/stroke.
Sumber :
  • Freepik/rawpixel.com

VIVA Lifestyle – Dengan semakin banyaknya penderita penyakit jantung atau serangan jantung, terutama di kalangan kelompok usia muda, maka penting untuk mewaspadai kesehatan jantung kita dan terus memantaunya. 

10 Manfaat Air Rebusan Daun Kelor dan Cara Mengonsumsinya

Lalu, adakah cara melakukan pemeriksaan jantung di rumah? Berikut beberapa tes sederhana yang dapat Anda coba di rumah. Namun, penting untuk berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan sebelumnya. Berikut penjelasannya, dikutip Times of India, Rabu 30 Agustus 2023. Yuk, scroll.

Tes naik tangga
Apakah Anda sesak napas saat naik tangga? Tes naik tangga ini dapat membantu menentukan seberapa optimal kesehatan jantung Anda. Seseorang dengan jantung yang sehat seharusnya tidak membutuhkan waktu lebih dari 1,5 menit untuk menaiki 4 anak tangga. 

Kenali PCI, Prosedur Modern Selamatkan Pasien Serangan Jantung Akut

Jika Anda gagal melakukan hal tersebut, mungkin ini menunjukkan kesehatan jantung Anda kurang optimal. Cobalah konsultasikan dengan dokter untuk diagnosis yang tepat. 

Venue PON Cabor Menembak Ambruk Diterjang Hujan Deras

Periksa detak jantung Anda
Letakkan jari tengah dan jari telunjuk tangan kanan Anda di pergelangan tangan bagian dalam tangan kiri untuk merasakan bunyi detak jantung Anda. Selanjutnya, lihat arloji dan hitung jumlah ketukan dalam 10 detik. Jumlah ketukan harus dikalikan 6 untuk menyimpulkan detak jantung selama 1 menit. 

Denyut nadi normal berkisar antara 60-100 detak per menit. Dan jika detak jantung Anda di atas atau di bawah hitungan normal, inilah saatnya Anda berkonsultasi dengan medis. 

Latihan aerobik
Jika Anda merasa sesak napas saat melakukan gerakan aerobik ringan, kemungkinan besar Anda mempunyai penyakit jantung yang mendasarinya. Anda juga mungkin mengalami kelelahan setelah melakukan latihan tersebut karena jumlah oksigen yang cukup tidak mencapai otot Anda. Penting untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum melakukan tes ini, terutama jika Anda memiliki masalah kesehatan. 

Tanda dan gejala jantung tidak sehat
Selain tes yang disebutkan di atas, berikut beberapa tanda yang menunjukkan jantung Anda mungkin tidak sehat:

Ilustrasi jantung.

Photo :
  • Pixabay

- Kaki, pergelangan kaki dan tungkai bawah bengkak
- Kurang stamina 
- Sakit kepala ringan
- Rasa tidak nyaman di dada
- Nyeri bahu kiri dan lengan kiri
- Mulas atau nyeri punggung
- Masalah kesehatan seksual
- Sleep apnea
- Warna kulit biru atau abu-abu pucat
- Nyeri pada jari kaki

Tips jaga jantung tetap sehat
Jantung yang sehat memerlukan gaya hidup yang sehat. Ini termasuk berolahraga secara rutin, tetap terhidrasi, mengelola tekanan darah, kolesterol dan diabetes, serta berhenti merokok dan membatasi asupan alkohol.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya