Kontrol Kalori Hingga Bantu Ginjal, 5 Alasan Harus Minum Cukup Air Setiap Hari

Ilustrasi minum air/air putih.
Sumber :
  • Pexels/Karolina Gabrowska

JAKARTA – Ada banyak alasan untuk minum air putih. Faktanya, air minum, baik yang biasa maupun dalam bentuk cairan atau makanan lain, sangat penting untuk menjaga kesehatan. 

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Ketika asupan air tidak sama dengan apa yang dikeluarkan, Anda bisa mengalami dehidrasi. Lebih dari itu, berikut beberapa alasan mengapa Anda harus cukup minum air, dilansir WebMD. Yuk, scroll.

Menjaga keseimbangan cairan tubuh
Tubuh kita terdiri dari sekitar 60 persen air. Fungsi cairan tubuh ini meliputi pencernaan, penyerapan, sirkulasi, pembuatan air liur, pengangkutan nutrisi, dan pemeliharaan suhu tubuh. 

Hindari Konsumsi Gula, Olahan Daun Stevia Pilihan Efektif Kurangi Kalori

Saat Anda kekurangan cairan, otak akan memicu mekanisme haus tubuh. Saat itu terjadi, cobalah untuk mendengarkan isyarat itu dan segera minum air putih, jus, susu, kopi atau apa pun, kecuali alkohol. 

Terpopuler: Bahaya Dehidrasi pada Bayi hingga 5 Kebiasaan Pagi untuk Detoks Ginjal dan Hati

Membantu mengontrol kalori
Selama bertahun-tahun, pelaku diet minum banyak air sebagai strategi penurunan berat badan. Meskipun air tidak memiliki efek magis pada penurunan berat badan, menggantinya dengan minuman berkalori tinggi pasti bisa membantu. 

Membantu ginjal
Cairan tubuh mampu mengangkut produk limbah masuk dan keluar sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen dan urea darah, limbah yang larut dalam air yang mampu melewati ginjal untuk dikeluarkan melalui urine. Jadi, dapat disimpulkan, ginjal melakukan pekerjaan luar biasa untuk membersihkan dan membuang racun tubuh Anda selama asupan cairan Anda cukup. 

Membantu menjaga fungsi usus tetap normal
Hidrasi yang cukup membuat segala sesuatu mengalir dengan lancar sepanjang saluran pencernaan sehingga mencegah sembelit. Ketika Anda tidak mendapatkan cukup cairan, usus besar menarik air dari tinja untuk menjaga hidrasi dan hasilnya adalah sembelit. 

Memberi energi pada otot
Sel yang tidak menjaga keseimbangan cairan dan elektrolitnya akan mengerut, yang dapat menyebabkan kelelahan otot. Ketika sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, otot tidak akan bekerja dengan baik dan kinerjanya bisa menurun. 

Bicara cairan dan minum cukup air, Le Minerale berhasil mendapatkan penghargaan dalam kategori produk inovatif. Artinya, Le Minerale dinilai memiliki keunggulan dalam kandungan gizi yang berkaitan dengan kesehatan dan juga memiliki pesan edukasi bagi kesehatan masyarakat. 

Penghargaan tersebut didapat dari Perhimpunan Pakar Gizi dan Pangan Indonesia (Pergizi Pangan) yang bekerja sama dengan GAPMMI (Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman Indonesia). 

Ketua Umum Pergizi Pangan Indonesia, Prof Dr Hardinsyah, MS, mengatakan, Le Minerale meraih penghargaan sebagai Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) dengan mineral penting untuk mendukung gaya hidup sehat masyarakat. 

"Dalam hal ini Pergizi Pangan Indonesia memberikan apresiasi terhadap komitmen Le Minerale untuk menghadirkan air minum yang bukan hanya melepas dahaga, namun juga memiliki kualitas mineral baik di dalamnya. Ini sangat mendukung pemenuhan gaya hidup sehat masyarakat," ujar Prof. Hardinsyah, dalam keterangannya, dikutip Sabtu 1 Juli 2023. 

Yuna Eka Kristina, Head of Public Relations and Digital Le Minerale, mengatakan, penghargaan yang diterima merupakan bentuk apresiasi dari konsistensi dan komitmen untuk terus memenuhi kualitas tertinggi produk dan menghadirkan produk inovatif untuk memenuhi harapan konsumen.

"Kami sangat berterima kasih atas penghargaan yang diberikan. Bagi kami, ini bukan sekadar penghargaan, namun juga bukti nyata dari komitmen Le Minerale yang menghadirkan air mineral yang sehat bagi masyarakat Indonesia. Di mana Le Minerale bukan hanya berperan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh sehari-hari, namun juga memiliki kandungan mineral essensial di dalamnya yang baik untuk tubuh,” ungap Yuna.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya