Benarkah Konsumsi Nanas Bisa Picu Keguguran Pada Ibu Hamil?

Nanas
Sumber :
  • Express.co.uk

VIVA Lifestyle – Nanas menjadi salah satu buah tropikal yang cukup digemari oleh masyarakat tanah air. Terlebih nanas muda dengan tekstur crunchy dan rasanya yang asam manis, nanas muda sering diolah menjadi rujak hingga asinan buah.

5 Vitamin yang Dibutuhkan Wanita Usia 30-an, Sehat dan Awet Muda

Namun tidak sedikit dari masyarakat takut mengonsumsi nanas muda terlebih bagi mereka yang tengah mengandung. Sebab konsumsi nanas muda disebut-sebut dapat menggugurkan kandungan. Benarkah demikian? Scroll lebih lanjut ya.

Spesialis Gizi Klinik, dr. Metta Satyani, Sp.GK, dalam program Hidup Sehat TvOne, angkat bicara. Dijelaskannya, sifat buah nanas yang asam yang bisa memicu kontraksi.

Terpopuler: Jus Mentimun-Nanas Bikin Langsing hingga Maltodekstrin pada Susu Anak Disebut Berbahaya

"Kandungan asam yang ada di nanas dapat memicu kontraksi pada pencernaan dan bisa memicu kontraksi rahim," kata dia Jumat 2 Juni 2023.

Anemia Berisiko Sebabkan Kematian Janin, Ibu Hamil Harus Nabung Zat Besi Dengan Cara Ini

Selain itu, disebutkan juga adanya kandungan bromeline pada nanas yang dapat memicu pemecahan protein. Hal ini kata dia bisa berisiko menggugurkan janin yang ada di dalam rahim ibu.

Namun demikian, diungkap Metta hingga saat ini tidak ada penelitian yang mendukung teori tersebut, dan hingga saat ini tidak ada jurnal ilmiah yang menyebut mengonsumsi nanas berbahaya pada ibu hamil.

Ilustrasi hamil/ibu hamil.

Photo :
  • Freepik/user18526052

"Terkait enzim itu, jika dikonsumsi secara berlebihan  dapat melunakkan rahim sehingga memudahkan janin keluar rahim. Maka dari itu, konsumsi nanas pada ibu hamil ada baiknya dibatasi agar terhindar dari efek itu," kata Metta.

Meta menjelaskan konsumsi nanas muda pada ibu hamil adalah sebanyak satu hingga dua saji atau sebanyak 85 hingga 100 gram per minggunya.

"Kalau konsumsi 7-10 nanas per hari baru sebabkan kontraksi rahim," ucapnya.

Sementara itu, Metta juga mengungkap manfaat baik pada nanas. Dijelaskan Metta, nanas mengandung vitamin C, vitamin B komplex, asam folat. Di luar itu nanas juga mengandung mineral seperti kalsium, kalium, fosfor.

Buah nanas.

Photo :
  • U-Report

"Kandungan vitamin dan mineral baik untuk imunitas," kata Metta menjelaskan. 

Di luar itu kandungan serat 2,5 gram per sajian atau 150 gram dengan karbohidrat 20gram. Sehingga dapat membantu menjaga saluran cerna dan melancarkan pembuangan kotoran dalam tubuh.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya