Ramuan Herbal Cengkeh, Pertolongan Pertama Hempas Ngilu Sakit Gigi

Cengkeh
Sumber :
  • U-Report

VIVA Lifestyle – Kesehatan gigi kerap diabaikan hingga menunjukkan gejala nyeri yang memicu rasa tidak nyaman saat menjalani aktivitas sehari-hari. Sakit gigi yang bikin ngilu tersebut sering kali hanya diatasi dengan obat medis, yang sebenarnya dapat dilakukan perawatan melalui rempah yang tepat dan harga yang terbilang murah.

Bukan Bolak-balik! Begini Gerakan Menyikat Gigi yang Benar, Kalau Salah Gusi Akan Terluka

Keluhan pada sakit gigi juga membuat banyak orang sulit mengonsumsi makanan apa pun hingga berimbas pada imunitas yang menurun. Hal ini membuat sakit gigi tak boleh diabaikan sehingga harus segera diatasi. Tak perlu buru-buru menggunakan obat, karena sebenarnya dapat diatasi dengan rempah dari dapur.

"Rempah di dapur jadi alternatif saat sakit gigi bisa untuk anak keluarga di rumah. Bisa pakai bahan-bahan di rumah sebelum periksa lebih lanjut ke dokter gigi," ujar pakar herbal dr Rianti Maharani MSi., di Hidup Sehat tvOne, beberapa waktu lalu.

Wow! Ririn Ekawati Ternyata Punya Budget Khusus Buat Perawatan Gigi, Berapa?

Ilustrasi gigi.

Photo :
  • vstory

Salah satunya dengan memakai bahan utama berasal dari cengkeh, yang dijelaskan dokter Rianti, mengandung antiseptik. Sifat tersebut dapat mengurangi bakteri yang menyebabkan nyeri di gigi perlahan menghilang.

Terpopuler: Gigi Bermasalah Sebabkan Penyakit Jantung, Mpox Darurat Kesehatan Global

"Cengkeh sebagai antibakteri dan radang yang kuat. Cengkeh juga sebagai anti kanker karena ada antioksidan tinggi," tuturnya.

Selain cengkeh, rempah lainnya yang juga dimasukkan sebagai ramuan penghilang nyeri ini yaitu kayu manis. Dari rempah ini, bersifat sebagai antiperadangan serta antioksidan kuat. Serta, penambahan rempah lain berupa jahe yang juga berupa antiperadangan kuat untuk membantu memulihkan radang di gigi.

"Kayu manis untuk anti peradangan juga. Jahe satu ruas jempol sebagai anti peradangan kuat. Ramuan ini sebagai antibakteri sebagai anti radang kuat," ujarnya.

Selain itu, bahan tambahan lainnya diberikan sebagai penambah rasa seperti jerui nipis dan madu. Jeruk nipis sendiri memberi rasa segar serta sebagai antiseptik dan mengandung vitamin C tinggi.

Bahan alternatif lain sebagai peredam nyeri di gigi yaitu daun sirih sebanyak 7 lembar. Daun herbal ini mengandung antiseptik dengan diminum air rebusannya. Selain itu, bahan lain berupa bawang putih yang diiris dan dioles tiga kali sehari ke gigi yang sakit dapat menghilangkan nyeri karena mengandung alisin.

kayu manis

Photo :
  • U-Report

"Kalau tidak membaik, otomatis periksa ke dokter. Jangan sampai meradang. Bisa juga kumur-kumur aja dengan air garam sebagai antiseptik dan kurangi peradangan," tambahnya.

Ramuan Herbal Cengkeh

Siapkan cengkeh, bisa berasal dari cengkeh alami atau minyaknya. Jika memakai minyak cengkeh, cukup tuang ke kapas, lalu oles ke gigi yang sakit.

Panaskan air sampai mendidih, lalu masukan cengkeh dan kayu manis.

Selanjutnya, iris jahe dan tambah ke air rebusannya. Diamkan selama 15 menit. Simpan untuk dikonsumsi seharian.

Tuang ke gelas dengan penyaring lalu tambah madu dan jeruk nipis. Ramuan siap diminum selagi hangat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya