Penyebab Badan Terasa Sakit dan Pegal Usai Berolahraga

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.
Sumber :
  • Freepik/svetlanasokolova

VIVA Lifestyle – Berolahraga bagi sebagian orang menjadi kegiatan menyenangkan. Salah satu alasannya lantaran dapat membuat tubuh bugar dan sehat. Namun bagi sebagian lainnya berolahraga menjadi aktivitas menyebalkan lantaran efek yang dirasakan setelah berolahraga terutama bagi pemula.

Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Ya, badan yang sakit dan pegal setelah berolahraga menjadi salah satu alasan sebagian orang untuk enggan berolahraga. Badan sakit memang bisa jadi salah satu efek yang bisa langsung terasa setelah olahraga. Namun, apakah ini hal yang wajar Anda rasakan?

Dijelaskan oleh Spesialis Kedokteran Fisik dan Rehabilitasi dari Welspro, Andreas Ricky, Sp.KFR menjelskan bahwa umum bagi mereka yang jarang dilakukan, sel-sel otot mengalami kerusakan yang disebut sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS).

Senang Bukan Main Punya Body Goals, Marshanda: Baju Lamaku yang 10 Tahun Lalu Kepakai Lagi

Ilustrasi olahraga/dumbbell.

Photo :
  • Pexels/Andrea Piacquadio

“Paling umum DOMS terjadi 24 jam pasca latihan,” kata dia saat ditemui dalam acara Grand Opening Welspro, belum lama ini.

Antusiasme Peserta Tinggi, Jete Run 2024 Sukses Digelar

Lebih lanjut, Andreas mengungkap bahwa ketika nyeri itu muncul setelah berolahraga disarankan bisa mengganti latihan dengan menargetkan organ tubuh yang lain.

“Biasanya kita habis lari sakitnya di paha artinya bisa latihan tangan atau sebaliknya lagi main chest sakit tangan besoknya bisa ke kardio lebih scheduling. Kalau otot yang sakit idealnya di istirahatkan terlebih dahulu,” kata Andreas.

Sementara itu Andreas, menjelaskan bagi mereka yang masih merasakan sakit lebih dari dua hari pasca berolahraga itu terjadi karena adanya penumpukan laktat (produksi metabolisme ketika olahraga berkumpul dan menempel di otot yang sebabkan kaku) pada otot.

“Bisa dimobilisasi secara alami akan dikeluarkan tubuh dengan istirahat. Bisa dipermudah dengan pijatan ringan atau recovery session dengan terapis untuk stretching sehingga lakat cepat terbuang,” jelas dia.

Selain itu bagi mereka yang masih merasakan nyeri setelah beberapa hari berolahraga bisa mengonsumi makanan yang mengandung  protein untuk mempercepat proses recovery.

Ilustrasi berolahraga/olahraga/berkeringat.

Photo :
  • Freepik/drobotdean

“Ketika ada mikroter yang dihasilkan setelah olahraga juga sebabkan nyeri jadi lebih baik konsumsi protein ditingkatkan cepat proses recovery,” kata dia.

Sebagai informasi, Welspro Sports Clinic and Peformance baru saja membuka kliniknya di Jakarta Selatan. Berbagai layanan mulai dari
fitness checkup, injury rehabilitation program, medical fitness program, hingga konsultasi gizi dan pola makan.

Sports club mic ini didukung oleh tim yang kolaboratif mulai dari dokter kedokteran Fisik da Rehabilitasi, dokter Kedokteran olahraga, dokter Gizi klnik, Fisioterapi, hingga ke depan bersaa professional coach hingga didukung sejumlah alat dengan teknologi canggih serta instrument pengukuran yang lengkap yang memungkinkan pelayanan yang kuantitatif dan didukung dengan teknologi yang canggih.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya