Peran Penting Paru-paru dalam Tubuh Manusia

Hasil pemeriksaan rontgen paru-paru terdapat tuberkulosis
Sumber :
  • YouTube: Kata Dokter

VIVA Lifestyle – Dokter Ari Fahrial Syam mengatakan paru-paru adalah salah satu organ vital dalam tubuh manusia. Tepatnya merupakan organ respirasi (pernapasan) yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah). Fungsi utama dari organ ini adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

Waspadai Penyebaran TBC di Tempat Kerja, Perusahaan dan Karyawan Bisa Lakukan Pencegahan Ini

Jantung dan paru adalah satu hal yang saling berhubungan. Jantung akan mengirimkan ‘darah kotor’ untuk dibersihkan oleh paru-paru kemudian, paru-paru akan mengirimkan darah yang sudah bersih tersebut kembali ke jantung untuk diedarkan ke seluruh tubuh,” ujar Ari Fahria dikutip dari kanal YouTube Kata Dokter, Jumat 11 November 2022.

Ilustrasi kanker paru-paru.

Photo :
  • U-Report
10 Manfaat Air Rebusan Daun Kelor dan Cara Mengonsumsinya

Dia mengatakan bahwa hal yang dapat mempengaruhi paru-paru, diantaranya berada di ruangan yang tidak memiliki sirkulasi udara, atau sirkulasi udara di ruangan tersebut tidak bagus sehingga kadar oksigen rendah.

“Dalam kondisi seperti itu kita akan kekurangan oksigen dan bisa menjadi lemas, bahkan parahnya bisa juga pingsan,” terang dia

Terpopuler: Nikita Willy Belajar Parenting dari Ibu-ibu di Medsos, Polusi Udara di RI Memprihatinkan

Dokter Ari menyarankan apabila di lingkungan tempat tinggal sedang terjadi bencana alam seperti  erupsi gunung merapi, kebakaran hutan, atau sedang melakukan pembangunan yang menghasilkan banyak asap dan debu, ada baiknya masyarakat mengenakan masker untuk melindungi saluran pernapasan.

“Orang-orang tertentu yang memiliki alergi debu, apabila terhirup itu akan terjadi sesak napas dan batuk,” sambungnya

Tanda paru-paru kotor

Sejauh ini, kata dia, untuk mengetahui kondisi paru-paru pasien bagus atau tidaknya, tim medis masih menggunakan pemeriksaan rontgen. Menurutnya, pemeriksaan ini terbilang cukup optimal untuk mengetahui apakah paru-paru pasien terjadi infeksi atau peradangan.

Hasil pemeriksaan rontgen paru-paru terdapat tuberkulosis

Photo :
  • YouTube: Kata Dokter

“Kalau itu disebabkan oleh kuman tuberkulosis (TBC), maka akan terlihat gambaran perselubungan itu ada di bagian atas paru-paru,” jelas Dokter Ari.

Untuk diketahui, bakteri tuberkulosis atau TBC yang menyerang paru-paru dapat menyebabkan gangguan pernapasan seperti batuk kronis dan sesak napas.

Selain itu, Dokter Ari juga menerangkan bahwa pneumonia juga sering ditemukan di organ paru-paru pasien ketika rontgen. Lokasinya berada di bagian bawah paru-paru.

Pneumonia adalah kondisi dimana seseorang mengalami infeksi yang terjadi pada kantung udara pada paru-paru. Kantung udara yang terinfeksi itu akan terisi oleh cairan dan dahak purulen.

Paru-paru.

Photo :
  • U-Report

Cara menjaga paru-paru agar tetap sehat

Menghindari paparan zat-zat berbahaya, seperti asap rokok dan polusi udara adalah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga paru-paru tetap sehat.

“Kalau pekerja yang memang kerjanya di pabrik atau proyek pembangunan yang tidak bisa menghindari paparan debu, ada baiknya menggunakan masker yang baik yang dapat mencegah masuknya debu ke saluran pernapasan,” tutup Dokter Ari Fahrial Syam

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya