Jadi Kolagen Alami, Ini 6 Manfaat Bunga Rosella Untuk Kesehatan

Bunga Rosella
Sumber :
  • pixabay

VIVA Lifestyle Manfaat bunga rosella dapat dirasakan ketika telah diolah. Umumnya, orang-orang lebih senang mengonsumsi bunga rosella setelah diolah menjadi minumah teh. Dengan mengonsumsi bunga rosella secara rutin, disebut mampu menjaga dan meningkatkan kesehatan saluran pencernaan. Kandungan dalam bunga rosella disebut bisa melancarkan buang air besar sehingga mengatasi sembelit. Manfaat lainnya dari teh rosella adalah dapat membantu menurunkan tekanan darah. Tekanan darah tinggi dapat menyebabkan munculnya berbagai penyakit lain, seperti gangguan ginjal dan serangan stroke. Ekstrak kelopak bunga rosella dapat memberikan efek captopril. Captopril adalah obat yang masuk ke dalam kelompok penghambat enzim pengubah angiotensin (ACE inhibitors).

10 Manfaat Buah Kelapa untuk Kesehatan Tubuh yang Jarang Diketahui

Fungsi utama captopril adalah untuk mengobati hipertensi dan gagal jantung. Maka dari itu, mengonsumsi teh rosella baik untuk pengidap tekanan darah tinggi. Mengkonsumsi teh rosella secara rutin, sekitar kurang lebih 12 hari, dapat menurunkan tekanan darah hingga 11 persen.

Berikut manfaat bunga rosella yang dapat dikonsumsi setelah menjadi minuman teh:

Ramai Maltodekstrin pada Susu Formula Anak Disebut Berbahaya, Ahli: Aman, Dia Non Sweet

1. Mencegah kenaikan berat badan berlebih

Bunga Rosella

Photo :
  • Greeners.co
Mengapa Deteksi Dini dan Edukasi adalah Kunci untuk Mengurangi Beban Penyakit?

Salah satu manfaat rosella adalah mencegah kenaikan berat badan berlebih atau obesitas. Hal ini dibuktikan melalui sebuah penelitian yang menyatakan bahwa kandungan flavonoid dan polifenol dalam rosella mampu menghambat penumpukan lemak dalam tubuh.

Meski begitu, khasiat dari rosella ini perlu juga diimbangi dengan berolahraga secara rutin dan menjalani pola makan sehat.

2. Menurunkan tekanan darah

Bunga Rosella

Photo :
  • Wikipedia

Asam klorogenik, antosianin, dan asam hibiscus yang terkandung dalam kelopak bunga rosella dipercaya memiliki sifat antihipertensi yang dapat menurunkan tekanan darah. Meski begitu, manfaat rosella dalam menurunkan tekanan darah perlu diteliti lebih lanjut, karena studi yang dilakukan baru sebatas studi klinis.

3. Melawan pertumbuhan sel kanker

Bunga Rosella Merah.

Photo :

Rosella dipercaya bermanfaat dalam menghambat pertumbuhan sel kanker karena banyaknya senyawa kimia alami yang bersfat antioksidan di dalamnya. Namun, manfaat rosella dalam melawan kanker perlu diteliti lebih lanjut.

4. Membentuk Kolagen Alami dalam Tubuh

Bunga Rosella

Photo :
  • pixabay

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam National Center for Biotechnology Information, kandungan vitamin C dalam rosella bisa membantu pembentukan kolagen alami. kandungan vitamin C dalam bunga ini juga diperlukan dalam proses sintesis kolagen.

Beberapa enzim juga diketahui sangat bergantung pada vitamin C yang menghubungkan molekul kolagen. Nutrisi ini dapat mendukung gen kolagen. Vitamin C berguna untuk produksi kolagen baik dikonsumsi langsung atau dioleskan.

5. Menjaga Gula dalam Darah

Gula darah

Photo :
  • Eat This

Teh rosella juga dipercaya bisa membantu penderita diabetes tipe 2 untuk mengontrol kadar gula dalam darah. Manfaat ini berdasarkan penelitian yang dilakukan pada hewan uji yang disuntikkan ekstrak bunga Hibiscus sabdariffa.

6. Cegah penyakit jantung

Penyakit jantung pada wanita

Photo :
  • times of india

Manfaat bunga rosella yang mampu membantu mengatasi kolesterol jahat da menurunkan tekanan darah tentu berhubungan dengan berkurangnya risiko terjadinya penyakit kardiovaskular. Seperti, jantung, stroke, dan aterosklerosis.

Dengan mengonsumsinya, risiko terkena penyakit jantung bisa semakin berkurang. Namun ingat, konsultasikan lah ke dokter ahli jika ingin mengonsumsi teh rosella untuk mengurangi penyakit jantung.

7. Sebagai Antioksidan Bagi Tubuh

Ilustrasi antioksidan.

Photo :
  • U-Report

Senyawa fenolik yang terkandung dalam teh rosella berperan sebagai antioksidan dan sangat baik untuk kesehatan serta kecantikan tubuh. Antioksidan berguna untuk mencegah berbagai penyakit masuk ke dalam tubuh, serta dapat melawan bakteri dan virus yang ada dalam tubuh. Selain itu, antioksidan dapat membantu menjaga tubuh dari penuaan dini dan kerusakan sel-sel tubuh.

Cara Mengolah Bunga Rosella

Bagian tanaman rosella yang sering dimanfaatkan adalah kelopak bunganya, karena pada bagian ini terdapat kandungan antosianin yang berfungsi sebagai antioksidan. Salah satu olahan rosella yang paling terkenal adalah teh rosella.

Untuk mengolahnya menjadi teh herbal, Anda bisa memasak bunga rosella yang telah dikeringkan hingga mendidih. Kelopak rosella juga dapat diolah menjadi berbagai olahan, seperti sirop, selai, manisan, puding, pewarna makanan alami, dan suplemen.

Selain diolah menjadi bahan pangan, rosella juga dapat diolah menjadi bahan nonpangan, misalnya masker wajah dan losion yang bermanfaat untuk kesehatan kulit.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya