5 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Berminyak

Ilustrasi sunscreen/sunblock/tabir surya.
Sumber :
  • Freepik/freepik

VIVA Lifestyle – Tips memilih sunscreen untuk kulit berminyak harus diperhatikan dengan baik. Sunscreen adalah salah satu basic skincare yang wajib kamu punya untuk proteksi maksimal sinar matahari. Nah, menemukan sunscreen untuk kulit berminyak memang susah-susah gampang. Sebab, tekstur yang berat mungkin jadi salah satu pertimbangan.

Industri Terdampak Ikut Protes Larangan Konten Produk Tembakau di Rancangan Permenkes

Padahal pemilik kulit oily skin sendiri sudah sering mengalami masalah minyak berlebih. Tak perlu khawatir, karena kini sudah banyak tersedia rekomendasi produk sunscreen untuk kulit berminyak yang punya tekstur ciamik. Jenis kulit wajah apa pun memerlukan penggunaan sunscreen atau tabir surya, tak terkecuali bagi pemilik kulit berminyak.  Hal ini bertujuan untuk memperlambat kemunculan tanda penuaan, mengurangi risiko munculnya hiperpigmentasi, hingga kanker kulit. Namun, ini bisa jadi tantangan buat pemilik kulit berminyak. Sebab, pada dasarnya oily skin punya karakteristik kulit yang sudah punya minyak berlebih dan rentan menimbulkan kilap.

Menggunakan sunscreen tentu membuat kamu jadi berisiko lebih besar menghadapi minyak di wajah kalau tidak tepat memilihnya. Berikut adalahcara memilih sunscreenuntuk kulit berminyak yang tepat:

IHLS 2024 Fokus Pasarkan Produk Rumah Tangga Inovatif

1. Pilih produk berlabel oil-free dan noncomedogenic

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Dermatology Consultant
Hemat Biaya, Hasil Pro! Tutorial Foto Produk dengan HP

Untuk penggunaan sehari-hari, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah memilih produk sunscreen yang bebas minyak atau oil-free. Produk ini bisa mencegah wajah dari sensasi licin karena minyak.

Selain itu, pilihlah produk yang berlabel noncomedogenic. Artinya, produk ini tidak mengandung bahan yang dapat menyumbat pori-pori sehingga risiko munculnya jerawat bisa berkurang.

2. Pilih sunscreen berbentuk losion, gel, atau semprot

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Michael Kurzman, MD

Hal lain yang perlu diperhatikan dalam memilih sunscreen untuk kulit berminyak adalah tekstur atau jenis sunscreen. Untuk kulit berminyak, sebaiknya pilih sunscreen berbentuk losion, gel, atau semprot.

Sunscreen bertekstur gel atau losion biasanya lebih cocok untuk kulit berminyak karena mampu menyerap sepenuhnya ke dalam kulit tanpa bekas. Dengan begitu, produk ini tidak membuat kulit terlihat makin berminyak.

Sementara itu, sunscreen dalam bentuk semprot umumnya bertekstur sangat ringan. Jadi, pastikan Anda menggunakannya secara menyeluruh ke wajah dan jangan sampai ada bagian kulit yang tidak terkena.

3. Pilih sunscreen yang memiliki formula dengan spektrum luas

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Insider

Agar dapat memberikan perlindungan maksimal, gunakan produk sunscreen untuk kulit berminyak yang bisa melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB, yaitu yang mengandung SPF dan PA.

Pasalnya, beberapa sunscreen ada yang melindungi kulit dari UVB saja. Padahal, paparan sinar UVA juga dapat merusak kulit dan menyebabkan penuaan dini, bahkan kanker kulit.

4. Hindari sunscreen dengan kandungan oxybenzone dan PABA

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Cumberland Skin

Bagi Anda pemilik kulit berminyak dan sensitif atau kondisi kulit tertentu, seperti eksim, psoriasis, dan rosacea, hindari penggunaan sunscreen yang mengandung bahan aktif oxybenzone dan PABA karena berisiko mengiritasi kulit.

Jika kulit Anda sangat sensitif terhadap produk tertentu, gunakanlah sunscreen berbahan alami. Selain itu, jangan gunakan sunscreen di kulit wajah yang ditujukan untuk badan. Pasalnya, jenis produk ini biasanya terlalu tebal, berat, berminyak, dan rentan menyebabkan jerawat.

5. Gunakan sunscreen dengan SPF 30 atau lebih tinggi

Ilustrasi memakai sunscreen

Photo :
  • Allure

SPF merupakan ukuran yang menunjukkan kemampuan suatu produk dalam memberikan perlindungan dari sinar UVB. Makin tinggi SPF, makin banyak pula perlindungan yang dapat diberikan ke kulit.

Gunakan sunscreen dengan minimal SPF 30 saat beraktivitas di bawah sinar matahari. Jika Anda lebih sering berada di luar ruangan, pilihlah sunscreen yang tahan air dan tahan keringat. Oleskan kembali sunscreen setiap 2 jam, terutama saat berkeringat atau berenang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya