Studi: Istirahat Mikro 10 Menit Dapat Mencegah Kelelahan Pekerja

Ilustrasi Kelelahan, Ngantuk, bekerja
Sumber :
  • Pixabay/ Concord90

VIVA Lifestyle  – Kelelahan di tempat kerja dapat menyebabkan kelelahan mental dan fisik, masalah kesehatan, dan penurunan kinerja. Dengan pemikiran ini, para peneliti dari Universitas Barat Timisoara di Rumania menyisir penelitian selama 30 tahun tentang "istirahat mikro" 10 menit untuk menentukan manfaat apa yang dapat diperoleh dari istirahat ini.

Kabar Baik, Permintaan Tenaga Kerja Terampil Indonesia di Pasar Global Meningkat Tajam

Meta-analisis meninjau 22 studi tentang manfaat mengambil istirahat mikro, dan hasilnya baru-baru ini diterbitkan dalam jurnal Plos One.

Ilustrasi wanita stres.

Photo :
  • U-Report
PPN Naik Jadi 12 Persen, Pemerintah Pastikan Kasih Perlindungan Penuh Jaga Daya Beli Pekerja

Kelelahan di Tempat Kerja

Kelelahan di tempat kerja merupakan masalah yang cukup signifikan sehinggaOrganisasi Kesehatan Dunia (WHO)Sumber Tepercayamendaftarkannya sebagai fenomena pekerjaan pada tahun 2019. WHO menggambarkan burnout di tempat kerja sebagai “sindrom yang dikonseptualisasikan sebagai akibat dari stres kronis di tempat kerja yang belum berhasil dikelola.”

Tiga Tersangka Bentrokan Maut di Tanah Abang Ditangkap, 2 Masih Buron

Menurut WHO, ada tiga dimensi burnout terkait pekerjaan:

  • merasa lelah
  • memiliki perasaan negatif terhadap pekerjaan seseorang atau secara mental menjauhkan diri dari pekerjaan mereka
  • pengurangan seberapa efisien seseorang melakukan tugas pekerjaan mereka

Kelelahan dapat terjadi ketika orang merasa terlalu banyak bekerja, baik karena berusaha memenuhi terlalu banyak harapan selama hari kerja biasa, tidak memiliki waktu henti yang cukup, atau diharapkan bekerja melewati jam kontrak.

Dalam sebuah survei oleh American Psychological Association (APA), 71% responden melaporkan merasa stres selama hari kerja. Kelelahan tidak hanya dapat berdampak pada cara seseorang melakukan pekerjaan mereka, tetapi juga dapat menyebabkan masalah kesehatan.

Wanita di tempat kerja.

Photo :
  • U-Report

Menurut sebuah studi tahun 2017 yang diterbitkan di Plos One, kelelahan di tempat kerja merupakan prediktor dari banyak masalah kesehatan fisik, termasuk penyakit jantung koroner, masalah pencernaan, dan diabetes tipe 2 .

Selain kelelahan di tempat kerja yang menyebabkan masalah kesehatan fisik, hal itu juga dapat menyebabkan masalah kesehatan mental. Studi yang sama mengatakan orang yang merasa kelelahan sering mengalami masalah kesehatan mental seperti insomnia, depresi , dan rawat inap karena gangguan mental.


Manfaat Istirahat bagi Kesehatan

Ilustrasi mengistirahatkan tubuh.

Photo :
  • U-Report

Untuk meta-analisis baru-baru ini, para peneliti meninjau studi yang membahas jeda mikro yang mencakup tiga dekade. Banyak penelitian yang mereka ulas melibatkan siswa yang mensimulasikan tugas di lingkungan lab, sementara penelitian lain melibatkan orang di lingkungan tempat kerja.

Para peserta dalam berbagai studi harus melakukan sejumlah tugas sebelum istirahat.

Dalam sebuah penelitian, penulis menulis, “peserta harus menyelesaikan serangkaian tugas sebelum beristirahat. Tugas-tugas ini relevan dengan kehidupan organisasi, seperti simulasi kerja dan tugas terkait pekerjaan aktual, atau tidak relevan, seperti berbagai tes kognitif. Para peneliti memaparkan para peserta pada berbagai jenis tuntutan, seperti kognitif, emosional, atau klerikal.”

Setelah tugas, para peserta dalam studi simulasi diizinkan untuk beristirahat yang mencakup kegiatan seperti menonton video atau berjalan-jalan.

Ilustrasi jalan kaki

Photo :
  • Pixabay/Mabel Amber

Dalam pengaturan tempat kerja yang sebenarnya, kadang-kadang kegiatan istirahat mikro serupa dengan yang di atas, sementara di lain waktu mereka melibatkan membantu rekan kerja, menetapkan tujuan yang berhubungan dengan pekerjaan, atau bersosialisasi.

Aktivitas yang dilakukan selama rehat mikro merupakan faktor penting yang membantunya. Misalnya, membantu rekan kerja atau melakukan sesuatu yang berhubungan dengan pekerjaan menyebabkan emosi negatif yang terkait dengan istirahat.

Menurut penulis, “Aktivitas istirahat mikro terkait pekerjaan dikaitkan dengan penurunan kesejahteraan, penurunan kualitas tidur, dan peningkatan suasana hati negatif.”

Peserta menemukan istirahat fisik sangat membantu. “Aktivitas fisik seperti peregangan dan olahraga dikaitkan dengan peningkatan emosi positif dan penurunan kelelahan,” tulis para penulis.

Para penulis menunjukkan bahwa istirahat mikro bukanlah satu ukuran untuk semua karena tergantung pada profesi dan jumlah kemampuan kognitif yang diperlukan, seseorang dalam posisi yang lebih menuntut mungkin memerlukan istirahat mikro yang lebih lama untuk merasakan pemulihan. .

Menurut penulis, “Meta-regresi menunjukkan bahwa semakin lama istirahat, semakin besar peningkatan kinerja. Secara keseluruhan, data mendukung peran istirahat mikro untuk kesehatan, sedangkan untuk kinerja, pemulihan dari tugas yang sangat menguras tenaga mungkin memerlukan istirahat lebih dari 10 menit.”

Batasan  Studi dan Rekomendasi Para Ahli

Para penulis mencatat bahwa bias respons dapat menjadi masalah dengan studi yang mereka ulas. “Karena semua studi yang dipertimbangkan dalam meta-analisis ini menggunakan laporan diri tentang hasil kesejahteraan, hasil kami dapat terkena bias respons,” tulis para penulis.

Para penulis mengatakan bahwa dalam studi masa depan, para peneliti dapat menggunakan ukuran yang lebih objektif untuk menentukan kesejahteraan para peserta.

Dr Dimitrios Paschos berbicara tentang penelitian ini dalam sebuah wawancara dengan Medical News Today . Paschos adalah konsultan psikiater di Re:Cognition Health .

“Mereka melakukan upaya yang mengesankan untuk menemukan studi dari 30 tahun terakhir yang meneliti pertanyaan yang sama atau serupa,” kata Dr. Paschos. “Kemudian, mereka menggabungkan hasilnya dan menyimpulkan bahwa istirahat mikro dapat menghilangkan rasa lelah, tetapi tidak meningkatkan produktivitas.”

“Namun, mungkin sulit untuk memahami temuan ini atau mempertimbangkan untuk menerapkannya di tempat kerja,” lanjut Dr. Paschos. “Pertama, banyak studi berbeda yang digabungkan tidak dirancang untuk kompatibel. Dengan demikian, asumsi telah dibuat dan koreksi statistik diterapkan yang terkadang dapat mengaburkan atau mendistorsi gambaran penuh.”

Dr Paschos juga menunjukkan bahwa karena siswa terdiri lebih dari setengah dari peserta dalam studi ditinjau, hasilnya mungkin tidak berlaku untuk tempat kerja.

Dr Katie Moore meninjau penelitian dan berbicara dengan MNT tentang rekomendasinya. Dr. Moore adalah psikolog klinis berlisensi di Affirming Psychological Services , yang berbasis di Irvine, CA.

“Secara umum, karyawan mendapat manfaat dari istirahat teratur di antara tugas-tugas,” kata Dr. Moore. "Karyawan menunjukkan lebih sedikit kelelahan dan energi serta antusiasme yang lebih besar setelah mengambil istirahat mikro."

Dr. Moore juga menyebutkan bahwa meskipun penelitian ini tidak menunjukkan peningkatan kinerja, ada aspek lain dari istirahat mikro yang penting bagi pengusaha yang ingin mempertahankan karyawannya.

“Meskipun studi saat ini tidak menunjukkan peningkatan produktivitas yang signifikan secara statistik, kami tahu bahwa retensi karyawan lebih baik jika karyawan tidak merasakan kelelahan yang konsisten,” lanjut Dr. Moore.

“Karena kelelahan dan antusiasme kerja yang rendah dapat menyebabkan kelelahan, tampaknya logis bahwa penurunan kelelahan dan antusiasme kerja yang lebih tinggi akan mengurangi kelelahan karyawan, yang secara teori akan menyebabkan retensi karyawan yang lebih tinggi.”

Dr. Moore merekomendasikan agar majikan mendorong karyawan mereka untuk beristirahat, tetapi untuk memastikan mereka tidak mengaturnya secara mikro.

“Lingkungan harus menjadi lingkungan di mana karyawan merasa bahwa mereka dapat mengambil istirahat mikro tanpa ditanyai dan tanpa harus merasa bersalah karena melakukannya,” kata Dr. Moore.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya