4 Jenis Gerakan Pendinginan Setelah Lari yang Wajib Dilakukan

Peregangan Otot Glutes
Sumber :
  • Tangkapan Layar

VIVA – Gerakan pendinginan setelah melakukan olahraga lari tidak boleh dianggap remeh. Sebab, meluangkan sedikit waktu untuk melaksanakan beberapa jenis peregangan selama beberapa menit untuk membantu memperkuat otot, meningkatkan fleksibilitas, dan juga menghindari dari risiko cedera. Sedikit waktu yang diluangkan akan setelah lari akan sangat bermanfaat. 

Rekor MURI Diberikan untuk Padukan Olahraga Lari dan Scaling Gigi dalam Satu Acara

“Jadi kan habis lari itu keadaan otot kita itu tegang ya. Laktat itu lagi penuh nih di otot betis, otot hamstring. Jadi kalo misalnya gak di release otot lagi kaku, kita akan beraktivitas lebih gak nyaman dan juga proses recovery lebih lama biasanya gitu,” ucap Fitri Tasfiah seperti dikutip dari VDVC health pada Senin, 20 Juni 2022. 

Gerakan pendinginan juga bermanfaat untuk mengurangi rasa nyeri yang biasanya akan terasa setelah berolahraga. Hal ini karena saat berolahraga , otot-otot di seluruh tubuh akan berubah menjadi hangat karena adanya gerakan dengan kecepatan tinggi. Nah, untuk kamu yang penasaran, berikut ulasan tentang gerakan pendinginan yang disadur dari VDVC health. 

Masyarakat Diajak Lari yang Tidak Biasa

1. Peregangan Betis

Peregangan Otot Betis

Photo :
  • Tangkapan Layar
Banyak Lomba Lari Digelar, Bisa Cegah Penyakit Jantung Hingga Turunkan Berat Badan

Berdirilah tegak dengan kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang, lurus dengan punggung atau bisa juga dengan mengangkat telapak kaki depan. Pastikan kedua kaki sepenuhnya menapak, lurus, dna menghadap ke arah depan. Kemudian tekuk kaki kanan ke depan secara perlahan dan turunkan tubuh sedikit. Kamu akan merasakan tarikan di betis belakang kaki kiri. Lakukan gerakan pendinginan ini selama 15 detik. 

2. Peregangan Hamstring

Peregangan Otot Hamstring

Photo :
  • Tangkapan Layar

Masih dalam posisi kaki kanan di depan dan kaki kiri di belakang, tapi dalam gerakan ini kaki kanan kamu harus tetap lurus dan kaki kiri menekuk. Letakkan tangan di bagian pinggang dan angkat bagian depan telapak kaki kanan sehingga yang menapak hanya bagian tumit saja. 

Dengan kaki kiri masih menekuk, tekuk badan sedikit ke arah kaki kanan. Ingatlah untuk selalu menjaga punggung tetap lurus selama gerakan pendinginan hamstring dan lakukan gerakan tersebut selama 15 detik untuk setiap bagian kaki. 

3. Peregangan Otot Paha Depan

Peregangan Otot Paha Depan

Photo :
  • Tangkapan Layar

Berdiri tegak kemudian dengan memakai tangan, tarik kaki kanan ke belakang menuju bagian bokong. Kamu akan merasakan tarikan pada bagian paha depan kanan. Jaga keseimbangan tubuh dan coba untuk tidak berpegangan pada apapun. Tahan posisi tersebut selama 15 detik lalu tukar kaki kiri. 

4. Peregangan Otot Glutest

Peregangan Otot Glutes

Photo :
  • Tangkapan Layar

Untuk menetralkan otot bokong yang tegang, kamu dapat melakukan gerakan pendinginan otot glutes. Kamu bisa melakukan gerakan ini dengan berdiri atau duduk dengan lutut di ditekuk siku-siku dan kaki di lantat. Mulai gerakan ini dengan menempatkan pergelangan kaki kanan di atas lutut kiri. Kemudian tekan lutut kanan menajauh dari kamu untuk memperdalam peregangan otot bokong. 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya