Khasiat Labu Siam, Sayur dengan Banyak Manfaat

Ilustrasi labu siam
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Khasiat labu siam yang baik banyak dicari orang. Labu siam memiliki banyak manfaat baik untuk tubuh. Apalagi, labu siam tak sulit untuk ditemukan di Indonesia. Sayuran yang memiliki kandungan getah ini mudah ditemukan di pasaran dan mudah diolah menjadi beragam masakan, dibuat sayur asam, ditumis, dibuat sayur bening, dan lainnya.

Influencer Jepang, Navito Halal Sambangi Indonesia, Ulik Soal Bisnis Propolis

Labu siam memiliki nama latin Sechium edule dan termasuk kedalam keluarga buah namun lebih sering dijadikan hidangan sayur. Sayuran dari labu siam dapat langsung dinikmati dengan cara direbus bersama kulitnya maupun diolah menjadi berbagai masakan dengan mengupas kulitnya terlebih dahulu.

Rasanya yang enak dan manis membuat sayuran ini mudah untuk diolah. Selain itu, sayuran ini memiliki manfaat kesehatan yang tidak kalah banyak dengan jenis sayuran lainnya.

Dexa Group Gandeng Seribuan Apotek dan Klinik Genjot Bisnis Layanan Kesehatan

Sebelum membahas mengenai khasiat labu siam, sebaiknya pahami terlebih dahulu kandungan di dalamnya. Berikut zat gizi di dalam 100 gram labu siam : 

Air: 92,3 gram (g).

8 Olahraga Ringan yang Efektif untuk Menurunkan Berat Badan

Energi: 30 kalori (Kal).

Protein: 0,6 g.

Lemak: 0,1 g.

Karbohidrat (CHO): 6,7 g.

Abu (ASH): 0,3 g.

Kalsium (Ca): 14 miligram (mg).

Serat: 6,2 g.

Fosfor (P): 25 mg.

Besi (Fe): 0,5 mg.

Natrium (Na): 3 mg.

Kalium (K): 167,1 mg.

Tembaga (Cu): 0,16 mg.

Seng (Zn): 1,0 mg.

Beta-Karoten: 48 mikrogram (mcg).

Karoten Total (Re): 20 mcg.

Thiamin (Vit. B1): 0,02 mg.

Niasin (Niacin): 0,6 mg.

Vitamin C (Vit. C): 18 mg.

Selain kandungan baik di atas, labu siam juga  kaya akan kandungan folat.

Selain itu, labu siam ternyata juga mengandung sejumlah kecil antioksidan poliponon, aglikon, flavonoid yang sangat penting dalam membantu memerangi radikal bebas. Sangat banyak mengandung hal baik, bukan? 

Nah, bagi pecinta labu siam, berikut adalah khasiat labu siam yang baik untuk tubuh : 

Khasiat Labu Siam Mengendalikan Kolestrol

Tips mengobati kepala pusing

Photo :
  • Times of India

Labu siam adalah salah satu jenis sayuran yang rendah kalori karena tidak mengandung kolesterol dan lemak jenuh. 

Selain tanpa kolesterol, kandungan seratnya membantu membuang kolesterol melalui feses. Cara kerja ini cocok untuk menurunkan kolesterol. Namun, harus diingat bahwa labu siam tidak dapat digunakan sebagai pengganti obat kolesterol hanya bisa mencegah. 

Dengan itu, tak heran bila labu siam merupakan salah satu makanan yang baik untuk menjaga kolesterol agar berada di batas normal.

Khasiat Labu Siam Menurunkan Asam Urat

Penyakit asam urat di kaki.

Photo :
  • U-Report

Labu siam memiliki kandungan purin dan tinggi serat, yang dapat menurunkan kadar asam urat dalam tubuh dan mencegah kambuhnya gejala penyakit asam urat. Oleh karena itu, labu siam baik dikonsumsi bagi penderita asam urat. Meski demikian, manfaat labu siam untuk mengatasi penyakit asam urat ini masih memerlukan penelitian lebih lanjut. 

Khasiat Labu Siam Menurunkan & Menjaga Berat Badan

Ilustrasi timbangan berat badan.

Photo :
  • U-Report

Khasian ketiga dari labu siam adalah bisa menurunkan dan menjaga berat badan. Selain tunggi serat, labu siam adalah makanan yang rendah kalori serta kaya akan kandungan protein serta karbohidrat kompleks. Berkat kandungannya tersebut, labu siam baik dikonsumsi bagi Anda yang sedang menjalani diet atau ingin menjaga berat badan ideal

Khasiat Labu Siam Mengontrol Gula Darah

Gula darah

Photo :
  • Indian Express

Kandungan gula darah yang tinggi dalam tubuh tentunya tak baik untuk kesehatan. Labu siam merupakan sayuran yang rendah karbohidrat dan tinggi serat. Hal tersebutlah yang membuat labu siam dapat membantu mengatur kadar gula darah. 

Dalam sebuah penelitian, dikutip dari laman Healthline, labu siam memiliki senyawa yang bisa berperan mengurangi aktivitas enzim yang dapat meningkatkan gula darah dalam tubuh. 

Khasiat Labu Siam Mengatasi Anemia

Ilustrasi penderita anemia.

Photo :
  • U-Report

Anemia adalah kondisi dimana tubuh seseorang kekurangan zat besi atau kekurangan hemoglobin. Menariknya, ternyata labu siam adalah salah satu sumber zat besi sehingga berpotensi membantu mengatasi anemia.

Khasiat Labu Siam Untuk Hati

Ilustrasi organ hati.

Photo :
  • U-Report

Penelitian yang diterbitkan pada Journal of Agricultural and Food Chemistry pada 2015, menemukan bahwa labu siam berpotensi mencegah dan menyembuhkan lemak hati penyebab penyakit liver, seperti hepatitis, sirosis, bahkan kanker liver. 

Khasiat Labu Siam Untuk Cegah Kanker 

Sel darah merah.

Photo :
  • U-Report

Kandungan antioksidan yang tinggi pada labu siam bisa mengikat radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh. Radikal bebas ini bisa memicu pertumbuhan sel kanker dalam tubuh.

Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Nutrients pada 2017 menyebutkan bahwa senyawa flavonoid polifenolik berpotensi menghambat pertumbuhan dan perkembangan sel kanker dalam tubuh.

Khasiat Labu Siam Untuk Ibu Hamil

Makanan untuk ibu hamil

Photo :
  • pixabay

Kandungan folat (vitamin B9) dalam labu siam sangat bagus untuk membantu memenuhi kebutuhan zat gizi ibu hamil. Folat yang terkandung dalam labu siam juga membantu pembentukan sel dan DNA pada janin.

Kekurangan folat saat kehamilan akan menyebabkan masalah kesehatan bagi bayi seperti, cacat tabung saraf, masalah jantung, kelainan bentuk tangan dan kaki, bahkan keguguran.

Khasiat Labu Siam Mengontrol Jerawat

Ilustrasi jerawat/kulit berjerawat.

Photo :
  • Pexels/Anna Nekrashevich

Kandungan zinc dalam labu siam cukup tinggi, yaitu sebesar 5%. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang memiliki kulit wajah berjerawat memiliki jumlah zinc dalam tubuh yang lebih rendah dibandingkan orang yang tidak berjerawat. Ternyata, mengonsumsi dan memenuhi kebutuhan zinc dalam tubuh bisa mengurangi jerawat hingga 50%.

Khasiat Labu Siam Mengatasi Tekanan Darah Tinggi

Tips menurunkan tekanan darah tinggi

Photo :
  • Times of India

Khasiat labu siam yang terakhit adalah dapat membantu mengontrol tekanan darah, karena labu siam memiliki sifat diuretik yang ringan.

Penelitian yang dimuat dalam jurnal Pharmaceutical Biology 2010 menunjukkan manfaat labu siam tersebut yang dilakukan pada hewan percobaan.

Hasilnya, senyawa pada labu siam dapat membantu memperlebar pembuluh darah yang menyempit sehingga meningkatkan aliran darah dan mengurangi tekanan darah.

 

Presiden Jokowi

INFOGRAFIK: Legacy Jokowi, Bansos Melimpah untuk Perut Rakyat

Di bawah kepemimpinan Presiden Joko Widodo, Indonesia telah mencatatkan pencapaian luar biasa dalam bidang bantuan sosial (bansos).

img_title
VIVA.co.id
26 September 2024